Farmasi (S1)


Status Akreditasi

Dalam Proses Akreditasi

Sejarah dan Perkembangan Prodi

Menghadapai era globalisasi, yang menyebabkan meningkatnya masalah dibidang kesehatan, pesatnya pertumbuhan industri farmasi, jumlah dan tuntutan mutu institusi farmasi memerlukan penanganan yang professional. Di kota semarang, problematika kesehatan memburuk, pembangunan rumah sakit baru, permasalahan obat yang terjadi disetiap lini tidak di imbangi dengan jumlah tenaga professional yang dimiliki. Keberadaan institusi yang bergerak dibidang farmasi masih sangat terbatas. Untuk dapat mengatasi masalah-masalah dibidang farmasi yang sedang terjadi dan di era akan dating, yang berarti juga meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia yang masih terpuruk, diperlukan tenaga sarjana farmasi yang mampu mengelola kesehatan baik di bidang klinik maupun science. Kebutuhan terhadap sarjana dibidang farmasi baik dari segi kualitas yang prima maupun kuantitas, universitas negeri semarang menyadari untuk berperan serta dalam memenuhi kebutuhan tenaga professional dibidang farmasi. Departemen kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam membuka program studi sarjana farmasi.

Program studi farmasi mengakui bahwa bidang farmasi berkembang, dan berusaha untuk menawarkan alat dan pengetahuan yang mahasiswa butuhkan untuk beradaptasi dan berkembang dalam profesi farmasi kedepannya. Tiga tujuan mendasar dari program studi farmasi adalah untuk memberikan pendidikan profesional yang sangat baik untuk mahasiswa dan pendidikan berkelanjutan profesi apoteker; untuk mendorong penelitian terbaru dan inovatif; dan untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat dengan mengembangkan dan mempromosikan cara-cara untuk menyediakan obat-obatan dengan aman dan terjangkau.

Program studi farmasi didirikan pada tahun 2019 di bawah lisensi Kepmenristekdikti No. 1201/ KPT/I/2018 mengenai izin untuk membuka program studi farmasi untuk program sarjana di Universitas Negeri Semarang di Kota Semarang, Program Studi Baru dan memperoleh akreditasi dari BAN-PT pada tahun 2019. Pada saat itu, program studi ini adalah bagian dari jurusan kimia fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, karena kesamaan bidang pengetahuan yang dimiliki oleh kedua jurusan tersebut. Struktur organisasi sangat sederhana, hanya satu orang yang bertangungjawab untuk mengelola program studi. Organisasi program studi farmasi didukung oleh divisi ilmiah, yaitu farmasi, formulasi, kimia produk alami, farmakologi, dan analisis farmasi. Program studi farmasi juga mengembangkan keunggulan kearifan lokal di bidang sains dan teknologi farmasi melalui pengembangan bahan alam untuk digunakan sebagai obat dalam perawatan kesehatan. Sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing lulusannya, program studi ini menjalankan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa di samping metode klasik untuk mendorong siswa untuk aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran dan praktikum. Program studi farmasi memiliki laboratorium yang memadai untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran, praktik dan penelitian.

Kurikulum yang sedang diterapkan

Status kurikulum prodi farmasi menggunakan Kurikulum UNNES 2019

Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan

:

Lulusan Prodi Farmasi S1 dapat berperan sebagai:

a. Pengelola Pelayanan Kefarmasian

b. Pengelola Distribusi Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan

c. Pengelola Produksi Sediaan Farmasi

d. Pengawas dan Penjamin Mutu Sediaan Farmasi

e. Pengembang Manajemen Farmasi Industri

f. Asisten Peneliti di Bidang Farmasi Sains-Teknologi dan Klinik

 Kegiatan akademik perkuliahan di prodi farmasi dilaksanakan tersebar pada 3 gedung, yaitu: D-4, D-6, D-8, dan D-11. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  1. Ruang Kuliah:Gedung D4 Ruang D-124, D-125, D-224, D-225, D-226, D-227, D-324, D-325.
  2. Ruang Pertemuan:Gedung D6 Ruang D-335 (Ruang pertemuan jurusan) dan D-241/242 (Ruang Seminar Jurusan)
  3. Ruang Dosen:Gedung D6 Ruang D-237 B, C, D, E, F ; D-238, D-239, D-240, D-243, D-244, D-246, D-247, D-248.
  4. Ruang Ujian Skripsi: Gedung D6 ruang D-338.
  5. Laboratorium: Gedung D8 lantai 1, 2, dan 3, Gedung D11 ruang praktikum mikrobiologi.

 

  1. Laboratorium yang lengkap dan canggih

Prodi farmasi mempunyai Laboratorium sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian bagi mahasiswa maupun dosen. Bangunan fisik laboratorium farmasi terdiri atas 2 lantai pada Gedung D-4 yaitu  laboratorium Farmasetika dasar dan teknologi farmasi, 3 lantai pada Gedung D-8 yaitu laboratorium Kimia Fisik, laboratorium Kimia Analitik, laboratorium Kimia Organik dan Biokimia, dan laboratorium penelitian.

Laboratorium farmasi masih menjadi satu kesatuan dengan laboratorium kimia yang dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium yang dibantu oleh 6 dosen, 6 teknisi dan 1 pustakawan yang berperan sebagai pengelola masing-masing laboratorium, yaitu Laboratorium Farmasetika, Teknologi Farmasi, Kimia Dasar, Kimia Analitik, Kimia Fisika, Kimia Organik– Biokimia, dan ruang referensi,

Disamping layanan utama  praktikum mahasiswa reguler S1 prodi farmasi, maupun jurusan lain di lingkungan FMIPA serta layanan penelitian bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir. Dengan didukung  SDM yang handal, baik dari segi dosen (S2 dan S3) serta tenaga teknisi PLP yang telah berpengalaman dalam menganalisis dengan menggunakan alat yang memadai serta metode standart SNI, ASTM, ISO dan methode lain yang diakui. Laboratorium farmasi bekerja sama dengan berbagai institusi untuk meningkatkan kualitas layanan dalam bidang analisis obat dan formulasi obat bahan alam maupun sintesis. Peralatan instrumentasi juga di tambah untuk meningkatkan layanan beberapa diantaranya AAS, ICP-OES, HPLC, FTIR, PSA, SAA, GC/GC-MS, UV-vis, Bomb Calorimeter, Rotary evaporator dan Spectro Fluorescence

Alamat Prodi

Kantor: Gedung D6 lt 2 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229

Telpon/Fax:  (024) 85088038,

Website: www.kimia.unnes.ac.id, E-mail: [email protected]


DIUNGGAH : Lintang Hakim
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X