Akreditasi Unggul
65/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Program Studi Pendidikan Fisika dimulai dari berdirinya pada tanggal 1 Januari 1961 bernama Jurusan Ilmu Alam yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro. Dalam perkembangannya FKIP Universitas Diponegoro berubah menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang (Tahun 1964), dan kemudian sejak tanggal 30 Maret 1965 berubah status menjadi IKIP Semarang. Setelah menjadi IKIP Semarang, Jurusan Ilmu Alam berubah menjadi Jurusan Fisika yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Pada tahun 1982 seiring dengan perubahan nama fakultas di lingkungan IKIP Semarang, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) berubah menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), nama Jurusan Fisika berubah menjadi Jurusan Pendidikan Fisika.
Pada tahun 1999 IKIP Semarang ditingkatkan statusnya menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES), sehingga Jurusan Pendidikan Fisika berubah namanya menjadi Jurusan Fisika dengan nama fakultasnya berubah dari Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Selanjutnya Jurusan Fisika mendapat perluasan mandat selain menyelenggarakan program kependidikan juga menyelenggarakan program nonkependidikan, sehingga Jurusan Fisika mengelola dua program studi yaitu Program studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika. Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Fisika merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Jurusan Fisika.
Program Pendidikan Fisika menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Fisika untuk tingkat pendidikan menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1). Tujuan Program studi Pendidikan Fisika adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional serta mampu membangun pembelajaran berbasis ICT, mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan maupun bidang non kependidikan, serta mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan fisika.
Seiring dengan perkembangan zaman Program studi Pendidikan Fisika sekarang telah berkembang sangat pesat dengan memfokuskan pada pendidikan berbasis ICT, sehingga lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik kependidikan maupun non kependidikan.
Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Fisika
1) Kompetensi Pedagogik
a) Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik,
b) Mampu merancang pembelajaran fisika sesuai kurikulum yang berlaku,
c) Mampu menerapkan model, pendekatan dan metode pembelajaran fisika yang tepat untuk siswa,
d) Mampu melakukan evaluasi pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
2) Kompetensi Kepribadian
a) Mampu memberikan teladan yang baik sebagai pendidik dalam bersikap dan bertindak kepada peserta didik, teman sejawat dan masyarakat,
b) Mampu mengembangkan sikap ilmiah peserta didik,
c) Mampu memegang teguh komitmen sebagai pendidik,
d) Mampu mengembangkan pembelajaran yang membangun karakter.
3) Kompetensi Profesional
a) Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait
b) Mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika
c) Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel,
d) Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran fisika di kelas, laboratorium, dan lapangan
e) Merancang dan melaksanakan penelitian pendidikan fisika,
f) Merancang eksperimen fisika untuk keperluan pembelajaran atau penelitian.
4) Kompetensi Sosial
a) Mampu mengembangkan program sekolah dan kerjasama antar sekolah baik secara pribadi atau kelompok,
b) Mampu mengkomunikasikan hasil kajian ilmiah bidang pendidikan fisika pada komunitasnya.
Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Fisika
1) Mampu membangun pembelajaran berbasis ICT,
2) Mampu menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran fisika di sekolah menggunakan bahasa Inggris,
3) Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium maupun di luar laboratorium,
4) Mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis IC
Kompetensi lainnya/pilihan lulusan
1) Mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan maupun bidang non kependidikan,
2) Mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan fisika
3) Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat.
Perkuliahan
Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa minimal menempuh 144 SKS yang terdistribusi selama 8 semester meliputi kelompok matakuliah berikut.
MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian)
Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Lingkungan, Statistika
MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan)
Bahasa Inggris, Bahasa Inggris untuk Fisika, Bilogi Umum, Eksperimen Biologi, Fisika Dasar I, Eksperiman Fisika Dasar I, Kimia Dasar, Eksperimen Kimia, Matematika Dasar, Fisika Dasar II, Eksperimen Fisika Dasar II, Dasar Proses Pembelajaran Fisika I, Dasar Proses Pembelajaran Fisika II, Evaluasi Pembelajaran Fisika, Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika, Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Manajemen Sekolah, Bimbingan dan Konseling
MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
Pemrograman Komputer, Fisika Lingkungan, Elektronika Dasar, Ekperimen Elektronika Dasar, Komputasi Fisika, Mekanika I, Termodinamika, Fisika Modern, Fisika Matematika I, Fisika Matematika II, Optika, Elektronika Lanjut, Eksperimen Elektronika Lanjut, Gelombang, Eksperimen Gelombang, Mekanika II, Fisika Kuantum, Listrik Magnet, Fisika Zat Padat, Fisika Inti, Kewirausahaan, Fisika Sekolah I, Fisika Sekolah II, IPBA, Media Pembelajaran, Skripsi, Mata Kuliah Pilihan
MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat)
PPL I, PPL II dan KKN,
Catatan :
Mata kuliah pilihan terdiri atas: Alat Ukur, Sejarah Fisika, Seminar Koloqium, Eksperimen Fisika Lanjut, Fisika Statistik, Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu, Pemrograman Sistem Instrumentasi, Astronomi, E-Learning dalam Pembelajaran, Laboratorium Fisika Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Fisika, Kapita Selekta Fisika Komputasi.
Gedung D7 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati 50229
Telepon/Fax : (024) 8508034
Email : fisi[email protected] Jurusan : http://fisika.v8.unnes.ac.id/