Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UNNES didirikan untuk melahirkan guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional. Pengalaman panjang, kualitas dosen berkualifikasi profesor dan doktor, serta jaringan kerja sama yang luas membuat Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNNES adalah adalah salah satu Prodi PBSI terbaik di Tanah Air.
Dengan slogan “Memuliakan Bangsa Melalui Bahasa dan Sastra”, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNNES terus mengembangkan keilmuan bidang bahasa dan sastra untuk mendidik talenta muda.
Akreditasi Unggul
Nomor 742/SK/LAMDIK/Ak/S/VII/2023
Tanggal berakhir akreditasi :10/07/2028
Tersertifikasi Oleh ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA)
sejak 2019
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNNES didukung oleh dosen-dosen unggul berkualifikasi profesor, doktor, dan magister yang memiliki kepakaran di bidang linguistik, sastra, dan pengajaran bahasa dan sastra.
Jaringan kerja sama dengan perguruan tinggi dalam negeri:
Mitra kerja sama luar negeri:
Mitra kerja sama dunia usaha dan industri:
Program Studi | Nama Mata Kuliah | SKS | Model Pembelajaran |
---|---|---|---|
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Bahasa Inggris | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Dasar-Dasar Linguistik | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Fonologi Bahasa Indonesia | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Dasar-Dasar Sintaksis | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pengantar Sastra | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Dasar-Dasar Menyimak dan Berbicara | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Dasar-Dasar Membaca dan Menulis | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pengantar Ilmu Budaya | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Morfologi Bahasa Indonesia | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Perkembangan Aliran Linguistik | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Sintaksis Bahasa Indonesia | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Semantik Bahasa Indonesia | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Teori Sastra | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Apresiasi Puisi | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Apresiasi Drama | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Apresiasi Prosa | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Dasar-Dasar Wacana | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pragmatik Bahasa Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Sosiolinguistik | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Psikolinguistik | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Sejarah Sastra Indonesia Lama | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Sejarah Sastra Indonesia Modern | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Bahasa dan Sastra Pendidikan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Menulis Wacana Faktual | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Menyimak Literal dan Kritis | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penyuntingan Naskah Bahasa Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Ekspresi Lisan Prosa dan Puisi | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Ekspresi Tulis Prosa dan Drama | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Ekspresi Tulis Puisi | 2 | Teori |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Analisis Wacana Bahasa Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kritik Sastra | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Menulis Wacana Tanggapan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Reseptif | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pembelajaran Apresiasi Sastra | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pembelajaran Ekspresi Sastra | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Desain Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Statistika Penelitian Pendidikan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kewirausahaan Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pementasan Drama | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Membaca Pemahaman dan Kritis | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Menulis Karya Ilmiah | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pembelajaran Mikro | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penyuntingan Kegrafikaan dan Teknis | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penyuntingan Penyajian | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penyuntingan Bahasa | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penyuntingan Isi | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Praktik Penyuntingan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pemahaman Lintas Budaya | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kurikulum dan Strategi Pembelajaran BIPA | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pengembangan Materi Ajar dan Media Pembelajaran BIPA | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penilaian dan Perencanaan Pembelajaran BIPA | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Praktik Pembelajaran BIPA | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kepewaraan Formal | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kepewaraan Nonformal | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penulisan Naskah Kepewaraan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Manajemen Kepewaraan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Praktik Kepewaraan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Jurnalistik Media Cetak | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Jurnalistik Media Elektronik | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Jurnalistik Media Digital | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Manajemen Media Massa | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Praktik Jurnalistik | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Interpretasi Naskah | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pemeranan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Penyutradaraan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Manajemen Pementasan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Praktik Pementasan Drama | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Berbicara Publik | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Wawasan Kebangsaan dan Kebudayaan | 4 | Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Kepemimpinan | 4 | Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Pengembangan Inovasi | 4 | Praktek |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | Komunikasi Digital | 4 | Praktek |
Prodi telah mampu mengantarkan saya menjadi dosen –Prof. Dr. RUSTONO, M.Hum., dosen FBS Unnes, mantan dekan FBS, dan sekarang menjabat Kaprodi S2 dan S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Unnes.
Dipimpin begawan-begawan prodi ini telah menghasilkan lulusan-lulusan berkarakter mantap. –MUHAMAD SAFII, Kepala SMP Negeri 1 Karangrayung Purwodadi, Guru Berprestasi tahun 2004.
Banyak hal yang saya dapatkan dari Jurusan PBSI. Bekal ilmu, pengetahuan, dan pengalaman berkegiatan dalam hal kebahasaan dan kesastraan telah menjadi modal dasar bagi saya untuk berbagi hal tersebut kepada siswa, teman-teman guru di sekolah maupun di MGMP dan mahasiswa saya di PGSD UT. Hubungan dan komunikasi yang terus terjalin dengan dosen-dosen PBSI untuk mengikuti perkembangan kebahasaan dan kesastraan semakin menguatkan saya dalam berbagai ilmu dan pengetahuan, terutama bahasa dan sastra —SEPTININGSIH, M.Pd., Kepala SMP N Bobotsari, Purbalingga.
Surat: Gedung B1, Kampus Fakultas Bahasa dan Seni
Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229
Koordinator Program Studi
Dr. Deby Luriawati Naryatmojo M.Pd.
[email protected]