Akreditasi A
2826/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Program Studi (Prodi) Pendidikan S1 IPA FMIPA Unnes salah satu program studi di FMIPA Unnes Semarang yang menyiapkan guru IPA untuk pendidikan dasar dan menengah (SMP/SMK). Kehadiran program studi ini untuk membekali lulusan prodi S-1 IPA sebagai pendidik, peneliti dan manajer bidang pendidikan, serta dapat melanjutkan S2 dan S3 Pendidikan IPA dan prospektif menjadi dosen di Prodi Pendidikan IPA dan PGSD. Prodi Pendidikan S1 IPA diselenggarakan mulai tanggal 6 April 2009 dengan SK penyelenggaraan program dari Dikti Nomor 498/D/T/2009. Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Unnes mulai menerima mahasiswa baru berjumlah 78 mahasiswa. Pada tahun akademik yang sama, Pendidikan IPA juga mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program khusus S1 Pendidikan IPA dari Depag Propinsi Jateng berjumlah 40 mahasiswa melalui MEDP (Madrasah Education Development Program). Pada perkembangannya Prodi pendidikan IPA memiliki 40 mahasiswa dari program S1 KKT (Kependidikan Kewenangan Tambahan) dan telah lulus tahun 2012. Pada saat ini belum menghasilkan alumni dari pendidikan IPA FMIPA Unnes, dan lulusan prodi pendidikan IPA ini akan dimulai bulan Oktober 2013.
Profil lulusan dari prodi pendidikan IPA FMIPA Unnes adalah sebagai (a) Guru IPA, (b) Widyaiswara IPA, (c) Instruktur IPA, (d) peneliti pendidikan, dan (e) manajer pendidikan.
1. Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah,
2) Menguasai konsep teoritis yang mendalam pada bidang IPA dan pendidikan IPA, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
3) Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi,
4) Mampu memberikan pelatihan IPA menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan menjunjung tinggi nilai prinsip nasionalis,
5) Mampu dengan cerdas memberikan bimbingan dalam pembelajaran dan penggunaan IPA,
6) Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab,
7) Mampu menyelenggarakan pembelajaran IPA menggunakan strategi inovatif, teknologi mutakhir dan suasana yang demokratis,
8) Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
b. Kompetensi Pendukung
1) Mampu melakukan penelitian Pendidikan IPA untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif,
2) Mampu mengelola laboratorium IPA untuk mendukung pencapaian kompetensi siswa melalui penerapan kerja ilmiah siswa,
3) Mampu mengelola pendidikan di sekolah dengan profesional dan demokratis untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang kompetitif,
4) Mampu menyusun karya tulis pembelajaran IPA yang dipublikasikan melalui berbagai kegiatan ilmiah berdasarkan prinsip kepedulian kepada sesama,
5) Mampu menjadi fasilitator dalam berbagai kegiatan pelatihan pendidikan IPA secara profesional, jujur dan bertanggung jawab.
c. Kompetensi Lain
1) Mampu mengaplikasikan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung pelaksanaan tugas/peranannya,
2) Mampu mengembangkan entrepreunership di masyarakat yang berorientasi pada penerapan keilmuan IPA,
3) Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat.
Kampus FMIPA Unnes
Gedung D-7 lantai 3 telp (024) 70805795 Jln Sekaran Gunungpati Semarang
Website : http://ipa.v8.unnes.ac.id