Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) berdiri bersamaan dengan berdirinya IKIP Semarang tahun 1965, melalui SK Presiden Republik Indonesia Nomor : 271 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965. Pada waktu itu Jurusan Sejarah UNNES terdiri dari dari Program Studi Pendidikan Sejarah (S1).
Akreditasi Unggul
Nomor: 54/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2024
Tanggal berakhir Akreditasi 05/03/2029
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Tema penelitian unggulan
Prof. Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd.– Manajemen Mutu Pendidikan Sejarah
Prof. Dr. Cahyo Budi Utomo, M.Pd. – Manajemen Pembelajaran Sejarah
Dr. Arif Purnomo, S.Pd., S.S., M.Pd. – Evaluasi pembelajaran sejarah
Dr. Hamdan Tri Atmaja, M.Pd. – Sejarah politik
Dr. Ufi Saraswati, M.Hum. – Arkelogi Hindu-Budha di Jawa
Dr. Ba’in, M.Hum.– -Kurikulum pembelajaran sejarah
Dr. R. Soeharso, M.Pd. – Sejarah lokal
Romadi, S.Pd., M.Hum. – Sejarah maritim
Tsabit Azinar Ahmad, S.Pd., M.Pd. -Sejarah kontroversial dalam pembelajaran sejarah
Syaiful Amin, S.Pd., M.Pd. – Media pembelajaran berbasis audio visual
Andy Suryadi, S.Pd., M.Pd. – Media pembelajaran
Atno, S.Pd., M.Pd. – Media pembelajaran
Ganda Febri Kurniawan, M.Pd. – Perencanaan pembelajaran sejarah
Program Studi | Nama Mata Kuliah | SKS | Model Pembelajaran |
---|---|---|---|
Pendidikan Sejarah | Konsep Dasar Pendidikan Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Asia Selatan (Peradaban Hindu Budha) | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Indonesia Masa Pra Aksara dan Hindu Budha | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Pengantar Ilmu Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Bahasa Inggris | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Pengantar Ilmu Sosial | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Pendidikan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Teori dan Pendekatan Pendidikan Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Asia Timur (Peradaban Timur) | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Indonesia Masa Islam | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Kajian Peninggalan Sejarah 1 | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Konservasi Sosial | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Pendidikan Anti Korupsi | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Bahasa Inggris Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Strategi dan Inovasi Pembelajaran Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Manajemen Pembelajaran Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Penulisan Karya Tulis Ilmiah | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Timur Tengah (Sejarah Peradaban Islam) | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Geografi Kesejarahan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Indonesia Masa Kolonial | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Kewirausahaan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sumber dan Media Pembelajaran | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Evaluasi Pembelajaran | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Kurikulum dan Buku Teks | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Kajian Peninggalan Sejarah 2 | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Kebudayaan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Maritim | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Historiografi | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Eropa dan Amerika (Sejarah Peradaban Barat) | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Metode Penelitian Pendidikan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Pengembangan Bahan Ajar Sejarah | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Statistika Pendidikan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Perencanaan Pembelajaran Sejarah | 3 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Ekonomi dan Pembangunan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Lokal | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan sampai Reformasi | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Asia Tenggara | 3 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Metode Penelitian Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Seminar Proposal Pendidikan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Mikro Teaching | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Publik | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Populer | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Seni dalam Perspektif Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Ekonomi Kreatif Berbasis Peninggalan Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Teori-Teori Sosial | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Australia dan Oceania | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Desa-Kota | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Ideologi dan Filsafat Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Politik | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Militer dan Kepolisian | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah IPTEK | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Permuseuman | 2 | Praktek |
Pendidikan Sejarah | Produksi Media Kesejarahan | 3 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Pengembangan Multimedia dan Sinematografi | 3 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Jurnalistik dan Penulisan Kreatif | 3 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Teori dan Praktik Pemandu Wisata | 3 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Manajemen dan Pengembangan Pariwisata Sejarah | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Konservasi Kesejarahan | 2 | Teori-Praktek |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Hubungan Internasional | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Ketatanegaraan | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Sosial | 2 | Teori |
Pendidikan Sejarah | Sejarah Lingkungan | 2 | Teori |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Prodi Pendidikan Sejarah
Gedung C2 Lantai 1
Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang
Jawa Tengah 50229
Email: [email protected]
Instagram: sejarah_unnes
Ka.Prodi
Andy Suryadi, S.Pd., M.Pd.