Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program studi yang paling diminati di UNNES. Pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) 2021, pendaftar mencapai 5.506 orang, jalur SNMPTN 1.993 orang, jalur SBMPTN 2.271 orang dan jalur mandiri 1.242 orang. Minat masyarakat meningkat pada SPMU 2023 dengan jumlah peserta mencapai 7.193 orang, jalur SNMPTN 2.733, jalur SBMPTN 2.018 dan jalur mandiri 2.442 orang. Prodi PGSD dikenal oleh masyarakat sejak berdiri dan diselenggarakan D-2 PGSD pada 1991. Mulai 2006 PGSD FIPP UNNES menyelenggarakan S-1 berdasarkan surat izin pendirian No 3333/D/T/2006 bertanggal 1 September 2006. Dari aspek masukan, calon mahasiswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah dan berasal dari berbagai jenis latar belakang pekerjaan, di antaranya PNS dosen/guru, PNS non dosen/guru, guru/dosen non-PNS, swasta/buruh, pensiunan, dan tentara/polisi.
Akreditasi A
1694/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2022
Tanggal berakhir akreditasi 14/10/2026
Akreditasi Internasional AQAS
(Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study)
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
| Program Studi | Nama Mata Kuliah | SKS | Model Pembelajaran |
|---|---|---|---|
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Konsep Matematika Dasar | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Konsep Dasar IPS SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Konsep Dasar PKn SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Teori dan Apresiasi Sastra di SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Psikologi Perkembangan | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Konsep Dasar IPA | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Bahasa Inggris | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendalaman Materi Matematika | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan IPS SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Kajian Kebahasaan | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Strategi dan Pengelolaan Pembelajaran | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Nilai dan Norma | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Laboratorium IPA SD | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran Bilangan dan Olahdata | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Seni Tari SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Seni Rupa SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Keterampilan Berbahasa Indonesia | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Evaluasi Pembelajaran | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Kurikulum SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Ilmu Pendidikan | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Techno Preneurship | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan PKn SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran Geometri dan Pengukuran | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan IPA | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Seni Musik SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan Tangan | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Perspektif Global | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Desain Penelitian dan Analisis Data | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Karakter | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Pembelajaran IPA SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Pembelajaran PKn SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Pembelajaran IPS SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Penelitian Pendidikan SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Pembelajaran Matematika SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Seni Budaya SD | 3 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Manajeman Pendidikan SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Statistika Pendidikan | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Profesi Keguruan | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Media Pembelajaran dan Bahan Ajar SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Inklusi | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran Bahasa Jawa | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Seminar Penelitian | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Microteaching | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Bahasa Inggris Terapan | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pendidikan Multikultural | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran PJOK di SD | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | IPA Terapan | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Kapita Selekta PKn SD | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran Kelas Rangkap | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pemecahan Masalah Matematika | 2 | Teori |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pembelajaran SBdP di SD | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Bahasa Jawa Terapan | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Kewirausahaan | 2 | Teori-Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Kepedulian Sosial | 4 | Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Kepedulian Sosial | 4 | Praktek |
| Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | Pengembangan Inovasi | 4 | Praktek |
Jalan Beringin Raya No.15
Wonosari Ngaliyan Semarang
Telp.(024) 86008700 Extention: Tekan 101
Email: [email protected]
Youtube: https://www.youtube.com/@pgsdfipunnes228
Ka.Prodi
Drs. Sigit Yulianto, M.Pd.