Ilmu Hukum (S1)


Ilmu Hukum (S1)
DOKUMENTASI HUMAS

Profil Program Studi

Nama Prodi : Hukum, S1
Ijin Prodi : 1.      Ijin Penyelenggaraan: Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 4796/D/T/2004 Tanggal 16 Desember 2004

2.      Ijin Perpanjangan: Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 398/D/T/2007 Tanggal 1 Maret 2007

3.      Ijin Perpanjangan: Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 4129/D/T/K-N/2010 tanggal 28 Oktober 2010

Akreditas : Akreditas A (Amat Baik) berdasarkan 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015 berlaku sampai 2 Mei 2020
Gelar lulusan : Sarjana Hukum (S.H.)
Deskripsi singkat Prodi : Deskripsi

Program studi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum untuk menghasilkan sarjana hukum yang profesional dan berkarakter.

 

Dosen

Hingga 2016,  Fakultas Hukum memiliki 43 dosen tetap, termasuk satu profesor.  berkualifikasi S3 sebanyak 10 orang, S2 sebanyak 33 orang.

 

Memiliki 10 Gugus Pengembang Fakultas

1.      Gugus Pengembang PKL dan KKL

2.      Gugus Kerjasama

3.      Gugus Pengembang Kemahasiswaan

4.      Gugus Pengembang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

5.      Gugus Penembang Jurnal

6.      Gugus Pengembang Media, Data, dan Informasi

7.      Gugus Pengembang Penjamin Mutu

8.      Gugus Pengembang Konservasi

9.      Gugus Pengembang Sosial Kemasyarakatan

10.  Gugus Pengembang SDM

 

Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti mahasiswa Ilmu Hukum antara lain Peradilan Semu (MCC), Peradilan Semu Perdata,  Legal Drafting, Debat Bidang Hukum, Private and Commercial Law Community (PCLC), Matahati, USSER, Penal Studi Club (PSC), dan kegiatan mahasiswa sebagaimana yang diikuti mahasiswa program studi lainnya, seperti Musik, UKM Penerbitan, UKM Paduan Suara, UKM Lex Scientia,  UKM Karya Ilmiah, UKM Kewirausahaan, UKM Pramuka, dan UKM Kerohaniaan.

 

Fasilitas

Ruang Perkuliahan yang Representatif

Ruang Unit Kegiatan Kemahasiswaan

Laboratorium Sidang

Perpustakaan Terpadu

Free Wifi

Musola

Ruang Diskusi

Cafetaria

 

Kerjasama

Perjalanan Fakultas Hukum pada Tahun ke-8 ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Kerjasama telah terjalin secara baik dengan berbagai pihak, baik perguruan tinggi, lembaga pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya, antara lain Forum Fakultas Hukum PTN se-Jateng dan DIY, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Komisi Pemberantasan Korupsi, Kejaksaan Negeri Semarang, Pengadilan Negeri Semarang, Pengadilan Negeri Ungaran, PTUN Semarang, Pengadilan Agama Kota Semarang, Bagian Hukum Pemerintah Kota Semarang, Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Semarang (LP Bulu), Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saron, Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Institute For Migrant Rights, RRI Semarang, Bawaslu Provinsi Jateng, KPU Kota Semarang, dan Kementerian Luar Negeri RI.

 

Prestasi

1.      Peserta Pelatihan Manajemen Mahasiswa di Hongkong (Meilita Hasan)

2.      Perempat Final UKM Debat mengikuti Lomba Debat Tingkat Nasional 3 event (di UNPAD, MKRI, Komisi Informasi).

3.      Juara Harapan Unit Peradilan Semu Mengikuti Lomba MCC tingkat Nasional di Universitas Islam Indonesia (UII)

4.      Juara I dan Juara Favorit Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional di FKIP Universitas Riau (20-25 Mei 2015)

5.      Prestasi Berkas Terbaik Terbaik pada Lomba MCC Konstitusi Tingkat Nasional di Universitas Tarumanegara (13-15 November 2015)

6.      Prestasi Pemohon Terbaik pada Lomba MCC Konstitusi Tingkat Nasional di Universitas Tarumanegara (13-15 November 2015)

Visi : Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang Sehat, Unggul dan Berkarakter dalam Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Hukum di tingkat Nasional pada Tahun 2020.
Misi : a.       Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu hukum yang berkualitas dan inovatif,

b.      Menyelenggarakan penelitian di bidang hukum dan menghasilkan publikasi ilmiah dalam jurnal terakreditasi nasional atau jurnal internasional.

c.       Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat berbasis hasil penelitian.

d.      Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan semua pihak terkait baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional dalam rangka pemajuan Program Studi Hukum.

Capaian Pembelajaran : Pengetahuan

Capaian Pembelajaran Pengetahuan Prodi Ilmu Hukum :

1.    Menguasai pengetahuan, yang diperlihatkan melalui kemampuan untuk menjelaskan dan mendiskusikan tentang Ilmu Hukum dan Sistem Hukum Nasional Indonesia secara komprehensif, utuh, dan sistemik.

2.    Menguasai pengetahuan dan kemahiran berpikir yuridik yang diperlihatkan melalui kemampuan untuk menganalisis dan membangun argumentasi atau penalaran hukum dalam rangka menemukan dan menerapkan hukum untuk memecahkan simulasi kasus-kasus hukum.

3.    Menguasai metode penelitian dan penulisan hukum yang diperlihatkan melalui kemampuan melakukan penelitian hukum sesuai dengan prinsip etika akademik, yang bertujuan untuk memecahkan masalah hukum, atau mengembangkan ilmu hukum dan hukum positif, atau menemukan kearifan lokal di bidang hukum, yang layak untuk diangkat ketataran nasional atau bahkan internasional.

4.    Menguasai pengetahuan dan teknik dasar kemahiran hukum yang diperlihatkan melalui kemampuan dalam bernegosiasi, berkomunikasi, beracara di depan pengadilan, beradvokasi, dan dalam merancang serta menulis dokumen hukum, selaras dengan nilai dan prinsip dalam etika profesi hukum.

 

Sikap

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.      Demokratis, mandiri, dan berwawasan kebangsaan dalam menerapkan atau mengembangkan sistem hukum nasional yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila;

5.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

6.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

7.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

8.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

9.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

10.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian masing-masing secara mandiri;

11.  Memperlihatkan pemikiran, sikap, dan perilaku yang mencerminkan pribadi yang mengetahui tentang peran dan tanggung jawab ahli hukum yang profesional, berintegritas, dan berkarakter.

 

 

Ketrampilan Umum

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu hukum yang  memperhatikan nilai-nilai keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum;

2.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.      Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu hukum yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum sesuai dengan keahlian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika hukum dalam rangka menghasilkan solusi, opini, konsep, menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggah dalam laman journal.unnes.ac.id;

4.      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang hukum, berdasarkan hasil analisis, informasi, dan data;

5.      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, serta sejawat baik di dalam maupun di luar FH UNNES;

6.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada anggota kelompok yang berada di bawah tanggung jawab yang diemban;

 

Ketrampilan Khusus

Menguasai konsep praktis bidang hukum sesuai dengan keahlian hukum khusus yang menjadi pilihannya secara mendalam, serta mampu memormulasikan  penyelesaian masalah prosedural dalam tiap-tiap peristiwa hukum yang terjadi dalam masyarakat dengan berorientasi kepada kemaslahatan umat. Keahlian hukum khusus yang dimaksud terdiri dari ketrampilan praktis dari hukum pidana, hukum perdata dan hukum tata negara serta administrasi negara yang mempunyai konsep metode dan penyelesaiannya sendiri-sendiri, yang tidak hanya menitikberatkan pada absolutisme yuridis saja, namun juga dapat berkelindan dengan kajian-kajian sosiologis dalam menangani berbagai peristiwa hukum dalam tiap-tiap bidang tersebut. Sehingga diharapkan output atau hasil yang dimunculkan melalui keterampilan penyelesaian tersebut dapat memenuhi unsur keadilan, kepastian, dan kemanfaatan.

 

Kompetensi Prodi : 1.      Penegak hukum: Penegak hukum Indonesia terdiri atas Hakim, Polisi, Jaksa, Pengacara yang mampu mewujudkan kebenaran dan keadilan.

2.      Legal  Drafter: Pembuat peraturan dan kontrak hukum yang professional pada instansi atau perusahaan.

3.      Legal Officer: Pengelola dokumen, perijinan, pemberi opini hokum dan pemberi solusi altenatif terhadap berbagai permasalahan hukum yang dihadapi perusahaan.

4.      Konsultan Hukum:`Pemberi nasehat dan konsultasi hokum kepada masyarakat.

5.      Advokasi: Pembela dan Pendamping masyarakat yang mengalami permasalahan hukum.

6.      Peneliti Hukum: Pengkaji berbagai permasalahan hukum yang sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan masyarakat

Peluang Kerja Lulusan : Peluang Kerjalulusan Prodi Hukum adalah menjadi penegak hukum (Polisi, Jaksa, Hakim, dan Pengacara), Legal Drafter, Legal Officer, Konsultan Hukum, Advokasi, dan Peneliti Hukum. Berdasarkan penelusuran alumni Prodi Hukum S-1 diketahui bahwa lulusan Program Studi Hukum UNNES bekerja di instansi pemerintah maupun swasta. Instansi pemerintah yang dimaksud antara lain POLRI, Kejaksaan, Kehakiman, Badan Pemeriksa Keuangan, Kementerian Keuangan (Kantor Pajak, Bea Cukai), Kementerian Dalam Negeri (Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pekerjaan Umum. Instansi swasta antara lain adalah Kantor Pengacara, Kantor Konsultan Hukum, Kantor Notaris, Perbankan, Perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta organisasi social masyarakat lainnya.
Unggulan Prodi : Bidang Akademik

1.      Kurikulum KBKK 2015 dan Kurikulum Unnes 2015 Bercirikan Konservasi

2.      Peningkatan program mata kuliah “bilingual”

3.      Fasilitasi peningkatan publikasi karya ilmiah internasional

4.      Fasilitasi peningkatan call for paper internasional

5.      Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dosen (Pelatihan dan Tes Toefl)

6.      Magister S-2 Ilmu Hukum merupakan ide original sebagai keunikan dan juga dalam rangka bagian dari program Fakultas Hukum dalam penguatan LPTK.

 

Bidang Umum dan SDM

Percepatan dosen ke jabatan fungsional profesor (melalui fasilitasi: penyusunan buku, pengiriman seminar internasional, dan penulisan artikel di jurnal internasional), Integritas Komitmen Kelembagaan.

 

Bidang Kemahasiswaan

  1. Peningkatan peran mahasiswa FH di tingkat internasional: (1). Keikutsertaan sebagai anggota ALSA (Asia Law Student Asociation); (2) Observer dalam MCC Bidang Hak Asasi Manusia  asia tenggara; (3) Forum ilmiah: seminar simposium dll
  2. Peningkatan dan pemantapan posisi (dalam lomba, kegiatan dan organisasi) peradilan semu di tingkat nasional.
  3. Penghargaan bagi Fungsionaris yang lulus tercepat dan tepat waktu.
  4. POSKOBANKUM (Pos Konsultasi dan Bantuan Hukum) di Kecamatan Gunungpati. 
Testimoni Alumni : The Progressive one from another faculty of law in Indonesia” (Salah satu yang progresif diantara fakultas Hukum lain di Indonesia)

Herry Abduh Sasmito, SH, M.H  

(Alumni Fakultas Hukum Unnes 2006 dan Hakim pada PTUN Denpasar)

 

“Saya sangat beruntung menjadi alumni Fakultas Hukum Unnes karena dulu saat saya menjadi mahasiswa banyak forum diskusi yang dapat  menciptakan para generasi pembaharu Hukum Indonesia, rekonstruktor hukum untuk Keadilan dan selalu dipuncak ilmu pengetahuan”.

Awaludin Marwan, S.H M.H, M.A

(Alumni Fakultas Hukum Unnes 2008 dan Oñati International Institute for the Sociology of Law Spanyol, sedang menempuh studi doktoral di Utrecht University Belanda)

 

 

“Nuansa akademik yang terbangun di Fakultas ini begitu luar biasa, memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk mengembangkan diri di dunia organisasi atau aktivis mahasiswa dan meraih prestasi pada akhirnya, Viva Justicia!”

Benny Sumardiana, SH, M.H

(Alumni Fakultas Hukum Unnes 2009 dan Dosen Muda Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang  (Peraih Penghargaan Supersemar Award, Juara I Skripsi hukum terbaik tingkat Nasional)

 

“Fakultas Hukum UNNES telah berkembang luar biasa, pengembangan program studi Yang Progresif sebagai pusat pengembangan pembelajaran para Mahasiswa ditunjang dengan Tenaga Pengampu yang sangat Kompeten di Bidangnya Yang bermuara pada lahirnya lulusan-lulusan Yang berkualitas dan sangat Progresif dalam pemikir” Hukum Ulung. Jaya Selalu FH UNNES”

Hafidz A.R, S.H

 

Alumni angkatan 2008, semasa kuliah aktif sebagai Ketua Unit Debat Fakultas Hukum, menjadi Juara debat Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2010, dan sebagai lulusan terbaik Fakultas Hukum Tahun 2012, sekarang berkarir sebagai Senior Associate di salah satu kantor pengacara terkenal di Jakarta, Ulhaq sekarang Aktif dalam Organisasi Asosiasi Advokat Indonesia, Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal, Perhimpunan Advokat Indonesia, dan sekarang menempuh Proses untuk Pengesahan menjadi Kurator.

Ulhaq Andyaksa, S.H,M.H

 

 

Alamat Kantor : Gedung Dekanat (K), Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati

Laman: http://fh.unnes.ac.id

Email: fh@unnes.ac.id

Telepon/Fax : (024)8507891

Kodepost: 50229

Ketua Program Studi : Dr. Martitah, M.Hum
Tim Penyusun : Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dr. Martitah, M.Hum

Rasdi. S.Pd.,M.H

Tri Sulistiyono, S.H.,M.H


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 42.859 kali
EDITOR : Lintang Hakim

29 komentar pada “Ilmu Hukum (S1)

  1. Saya sangat berharap bisa lolos tes sbmptn unnes tahun 2014. Dari dulu masuk unnes adalah impian saya. Apalagi masuk jurusan ilmu hukum. Tekad dan semangat tinggi akan menuntun saya menuju kampus unnes 2014.

  2. lolos menjadi mahasiswa di fakultas hukum unnes adalah impian saya. Apakah dlm fakultas hukum salah satunya harus pandai berorasi? :)

  3. .saya sangat berharap bisa masuk unnes lwat jalur SNMPTN dan menjadi maba yang berprestasi , impian dari dulu adalah jadi Mahasiswi UNNES

  4. Ass , saya mau nanya dong mbak . Saya kan tamatan 2013 , kalo msuk jlur bidikmisi di fakultas hukum unes , gmna ya caranya mbak .

  5. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
    Saya di terima snmptn prodi hukum

  6. bismilahirohmanirohim saya sandarkan kapal masa depanku di pelabuhan fakultas hukum ini,,,minta doane ya sahabatku supaya saya keterima du unnes di jalur SBMPTN
    niat ingsun mencari ilmu hukum di jalan allah dan mencari ilmu semata untuk beribadah kepada allah
    semoga allah meridhoi,,AMIN

  7. Ya Allah hamba berkeinginan sekali bisa kuliah di UNES lewat snmptn . Itulah tekad saya, wlaupun ini saya lagi naik kekelas xii tpi saya mulai berdoa dan ikhtiar untuk belajar memperbaiki nilai* di kls xii nanti. Lebih giat pastinya dan istiqomah. Apa lagi kalau ALLAH mengizinkan saya di jurusan hukum. Alangkah bahagianya hati dan jiwa ini. Jayalah UNES universitas kebanggaanku, dan hiduplah impianku.

  8. impian saya ingin masuk ke unnes..
    dn mengambil jurusan hukum..
    walapun sy orang yg biasa² sja dri segi mna sja.. yg penting niat dan tekat..
    from: patemon cedak unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *