Statistika Terapan dan Komputasi (D3)


Statistika Terapan dan Komputasi (D3)

Deskripsi Awal
Adanya surat Keputusan Presiden No. 124 Tahun 1999 tentang perubahan IKIP menjadi Universitas, memberi kesempatan kepada IKIP Semarang untuk memperoleh wider mandate, yaitu untuk mengelola program non kependidikan. Oleh karena itu, mulai tanggal 7 Oktober 1999 IKIP Semarang, berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/0/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang, nama FPMIPA juga diubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan Pendidikan Matematika selanjutnya diubah menjadi jurusan Matematika dengan dua program studi yaitu Program Studi Pendidikan Matematika S1 dan Program Studi Matematika S1. Pada tahun 2000, dibuka Program Studi baru di jurusan Matematika, yaitu Program Studi D3 Statistika Terapan dan Komputasi. Dengan demikian mulai tahun 2000, jurusan Matematika memiliki 3 (tiga) Prodi. Pembukaan Program Studi D3 Statistika Terapan dan Komputasi berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor: 47/O/2001 tanggal 14 Juni 2001.
Prodi D3 Statistika Terapan dan Komputasi (Staterkom) adalah Prodi yang bertujuan menghasilkan lulusan ahli madya yang profesional di bidang statistika dan komputasi, dan berakhlak mulia. Selain itu juga menghasilkan penelitian di bidang statistika dan komputasi yang berbasis kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan menunjang proses pembelajaran, bersendikan kejujuran ilmiah serta menghasilkan/menyediakan layanan masyarakat di bidang statistika dan komputasi yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai nilai manfaat, serta dapat menciptakan keharmonisan lingkungan.

Mengapa Memilih
Lulusan Prodi. Staterkom adalah lulusan yang siap kerja, sehingga sampai saat ini sudah banyak lulusan yang diterima bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta.

Keunikan yang dimiliki adalah mengkombinasikan ilmu statistika dengan teknologi komputer. Selain dibekali dengan ilmu statistika, mahasiswa juga mampu membuat aplikasi-aplikasi dalam berbagai bidang berbasis komputer.

Melalui berbagai kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa dapat mengembangkan diri secara akademik maupun non akademik. Mata kuliah yang ditawarkan memungkinkan mahasiswa untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi, misalnya pada jenjang S1 bidang Statistika ataupun Komputer.

Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Menjunjung tinggi norma agama, etika, dan tanggung jawab profesional.
2) Menguasai dengan cerdas konsep dan prinsip dasar statistika dan komputasi.
3) Mengaplikasikan konsep dan prinsip dasar statistika dan komputasi, terutama dalam kegiatan eksplorasi dan pengolahan data, pengelolaan data dan sistem informasi dan komunikasi dengan cerdas, jujur, dan berwawasan konservasi.
4) Memiliki kualifikasi sebagai tenaga yang siap pakai dalam pengolahan data dan ahli dalam komputasi yang bertanggung jawab.

b. Kompetensi Pendukung
1) Menguasai dengan cerdas metode ilmiah dan prinsip dasar penelitian khususnya di bidang statistika dan komputasi.
2) Menguasai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan penuh tanggung jawab.
3) Menguasai dengan cerdas bahasa Inggris dalam bidang statistika dan komputasi.
4) Mampu mengaktualisasikan diri, bekerja sama secara santun dan profesional dalam tim kerja dan cepat beradaptasi dalam dunia kerja.
5) Mempunyai komitmen tinggi dan mampu berperilaku ramah dan peduli terhadap lingkungan.

c. Kompetensi Lain
1) Mampu menganalisis dan mengevaluasi data laporan hasil penelitian regional atau nasional dengan jujur dan bertanggung jawab.
2) Mampu berwirausaha dalam bidang statistika dan komputasi khususnya untuk produk-produk berkaitan dengan statistika, komputasi, dan teknologi informasi dan komunikasi dengan jujur dan tangguh.

Deskripsi Perkuliahan
Bahan kajian Prodi D3 Staterkom di kelompokkan dalam 5 (lima) kelompok mata kuliah sebagai berikut :
1. Pengembangan Kepribadian.
2. Keilmuan dan ketrampilan.
3. Keahlian berkarya.
4. Perilaku berkarya.
5. Berkehidupan bermasyarakat.
Subjek kuliah yang dipelajari meliputi mata kuliah-mata kuliah Statistika dan Komputasi yang terdiri dari teori dan praktik sehingga pemahaman mahasiswa menjadi lebih kuat dan mahasiswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan melibatkan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif baik di kelas maupun di luar kelas.

Cerita Alumni
Muhamad Toha (Pernah diterima bekerja di Teh Botol Sosro Semarang, Nasmoco, BPS, Batan, dan sekarang bekerja di Pertamina) : “Lulusan D3 Staterkom sangat dibutuhkan didunia kerja, karena D3 Statistik hanya ada beberapa saja di Indonesia, dan Staterkom hanya satu-satunya yang mengkombinasikan Statistik dan Komputasi, hal ini terbukti angkatan kami setelah lulus banyak yang langsung terserap di dunia kerja baik PNS maupun swata”

Budhi Setyono (Koordinator Statistik Kecamatan di BPS):“Lulusan Staterkom mantaaaaBZ…bisa berkreasi di banyak kementerian dan perusahaan…go go go Staterkom…”

Yuli Sri Saadah: “ Alhamdulillah saya lulusan Staterkom Unnes angkatan 2006 lulus tahun 2009. Tahun 2010 bulan Maret saya sudah resmi menjadi CPNS dan sekarang sudah resmi jadi pegawai BPS Kabupaten Landak Kalbar. Tq Unnes terima kasih juga buat semua bapak ibu dosen, semoga sukses semuanya…”

Kontak Kami
Alamat Kantor : Gedung D7 lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang 50229.
Telepon : (024)8508032
Faksimil : (024)8508032
e-mail : matematika@unnes.ac.
Website Jurusan: http://matematika.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 12.886 kali
EDITOR : Lintang Hakim

7 komentar pada “Statistika Terapan dan Komputasi (D3)

  1. staterkom = statistika terapan dan komputasi. mempelajari statistika dan jaringan komputer. di sana kalian bakal diajari disiplin ilmu statistika : antara lain statistika dasar, statistika deskriptif, statistika inferensial, statistika mulltivariat, statistika matematika, metode penelitian, probabilitas, dll.
    kalian juga bakal diajarin kalkulus I, II; karena prodi staterkom ini masuk jurusan matematika.
    ada algoritma, aljabar, jaringan komputer, program komputer, sistem informasi.

    sekilas emang kayak teknik informatika , tapi ini sebenernya pilihan/alternatif prodi yang bisa mempelajari ilmu statistics and networking.

    sekian-(alumni :))

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X