Sastra Jawa (S1)


Sastra Jawa (S1)

Akreditasi

A (Amat Baik) berdasarkan S.K. No. 009/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008

Gelar

Sarjana Sastra (S.S.)

Deskripsi

Program Studi (Prodi) Sastra Jawa mendidik calon sarjana yang diharapkan menguasai bidang linguistik, sastra, dan filologi Jawa. Keahlian ini diperlukan untuk dapat digunakan sebagai peneliti, pengajar, tenaga ahli, pemerhati di bidang bahasa, sastra, dan budaya. Lulusan Prodi Sastra Jawa umumnya menjadi peneliti di Pusat Bahasa, Balai Bahasa, dosen, tenaga ahli di instansi pemerintah, dan pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan kebahasaan, kesastraan, dam kebudayaan; panatacara, MC, penyiar, penyunting bahasa di media, jurnalistik, penulis skenario film, teater, naskah sandirawa, pemerhati budaya, filolog, dan lain sebagainya.
Tiap tahunnya, Prodi Sastra Jawa menampung 25 mahasiswa baru. Pada prodi ini, mahasiswa dibekali soft skill, baik yang terintegrasi dalam mata kuliah maupun bisa dipilih melalui Unit kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui mata kuliah, mahasiswa akan mempelajari kepewaraan, panatacara, karawitan, tembang, hingga produksi tulis. UKM yang sejalan dengan program studi ialah UKM Karawitan, Ketoprak, Panembrama, maupun Tari Klasik dan Kreasi.
Prodi juga dilengkapi laboratorium gamelan, perpustakaan, dan ruang radio yang kesemuanya memudahkan dalam belajar dan berkreativitas. Lulusan Prodi Sastra Jawa banyak dibutuhkan masyarakat. Kecakapan hidup yang telah diberikan semasa perkuliahan diharapkan dapat menjadi bekal memadai bagi para Sarjana Sastra Jawa untuk dapat berkarya sesuai bidang.
Melalui berbagai kompetensi yang diperdalam semasa perkuliahan, mahasiswa juga diharapkan mampu menekuni bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa, seperti menjadi panatacara, wartawan, redaktur, penulis naskah, pengajar drama, dan lain sebagainya.

Mata Kuliah

Mata kuliah yang ditawarkan pada semester I: Linguistik Umum, Fonologi, Teori Sastra, Tembang, Budaya Jawa, Sejarah Sastr Jawa Klasik, Santun Berbahasa Jawa, Estetika, Pengkajian Sastra Jawa Klasik, Bahasa Arab, Morfologi Bahasa Jawa Kuna. Semester II: Morfologi Dasar, Sastra Pewayangan, Menulis Huruf Jawa, Bahasa Sansekerta, Sejarah Sastra Jawa Modern, Pengkajian Sastra Jawa Klasik, Keterampilan Produksi Lisan Bahasa Jawa, Sintaksis, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Bahasa Inggris.
Semester III: Morfologi Lanjut, Membaca Huruf Jawa, Karawitan, Folklore, Telaah Pranata Masyarakat Jawa, Menulis Kreatif, Teori Filologi, Keterampilan Produksi Tulis Bahasa Jawa, Pengkajian Sastra Jawa Pertengahan, Statuistika, Pendidikan Kewarganegaraan.
Semester IV: Fraseologi Bahasa Jawa, Pragmatik, Semiotika, Panatacara, Kritik Sastra Jawa Modern, Stilistika, Penggarapan Naskah Jawa, Penerjemahan, Penyuntingan dan Keredaksian, Bahasa Indonesia, Pendidikan Lingkungan Hidup.
Semester V: Ilmu Budaya, Sintaksis, Semantik, Sosiolingusitik, Psikolinguistik, Pengkajian Drama Jawa Tradisional, Metofologi Penelitian Lingusitik, Metofologi Penelitian Sastra, Metofologi Penelitian Filologi, Pengkajian Prosa Jawa Kuna, Pengkajian Prosa Jawa Kuna, Kritik Puisi Jawa Modern.
Semester VI: Wacana Bahasa Jawa, Pengkajian Drama Jawa Modern, Sastra Bandingan, Menulis Karya Ilmiah, Jurnalistik, Dialektologi, Ilmu Perbandingan Bhs. Nusantara, Pengkajian Puisi Jawa Kuna, Sosiologi Sastra, Seminar Linguistik (pilihan keahlian), Seminar Sastra (pilihan keahlian), Seminar Filologi (pilihan keahlian).
Semester VII: PKL, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Skripsi. Semester VIII: Kepewaraan dan Kepenyiaran, Teknologi Informasi, Pengelolaan Perpustakaan.

Kata Alumni

Kuliah selama delapan semester di Prodi Sastra Jawa, saya dibekali banyak kompetensi baik akademik maupun non-akademik. Setelah lulus, saya menjadi penyiar berita berbahasa Jawa di stasiun televisi swasta di Semarang. Setelah juga merampungkan studi di Magister Ilmu Susastra di salah satu perguruan tinggi negeri, saya aktif sebagai pemandu acara berbahasa Jawa atau panatacara di berbagai acara. Selain juga aktif sebagai pegiat di sebuah sanggar budaya, saya juga sering menulis artikel budaya di media massa. –WIDODO, masuk 2005, lulus 2009

Alamat

Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa
Gedung B8 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telepon: (024) 86458383; e-mail: bahasajawa@unnes.ac.id
Website: jawa.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 18.228 kali
EDITOR : Lintang Hakim

3 komentar pada “Sastra Jawa (S1)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X