Psikologi S1


Psikologi S1

Akreditasi

Akreditasi b (Cukup Baik) berdasarkan SK.BAN-PT No. 465/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014

Gelar Lulusan

Sarjana Psikologi (S.Psi.)

Deskripsi
Jurusan Psikologi Unnes memfokuskan diri pada lima bidang keahlian, yaitu: Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Sosial Keunggulan

Fasilitas Penunjang

Laboratorium diagnostik, laboratorium faal dan eksperimental, laboratorium konseling dan psikoterapi, kelas multimedia, free public Wi-Fi, perpustakaan dan  digital library (digilib), penerapan sistem online untuk kegiatan akademik, bekerja sama dengan lembaga-lembaga profesional untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Keunikan
Diampu oleh dosen-dosen yang berkualitas dan profesional di bidang psikologi yang berwawasan lingkungan, psikososio-edukatif, peka dan tanggap terhadap masalah-masalah psikologi pendidikan dan sosial budaya yang berkembang di masyarakat, baik dalam lingkup lokal, regional, maupun global dengan berpijak pada kode etik psikologi.

Dosen

Dosen pada prodi ini terdiri atas 2 doktor, 18 magister, 3 sarjana ditambah beberapa dosen luar biasa yang kompeten dan dengan latar belakang profesional.

Peluang Mengembangkan Diri

Sasaran dunia kerja bagi sarjana psikologi sangat luas. Beberapa ranah kerja tersebut antara lain human resource development project, konsultan psikologi, psikolog, terapis, peneliti psikologi, aktivis LSM, guru BK, guru PAUD, dan perbankan.

Mahasiswa
Jurusan Psikologi Memiliki berbagai lembaga kemahasiswaan yang aktif dan menorehkan berbagai prestasi di bidangnya. Lembaga kemahasiswaan tersebut antara lain Himpunan Mahasiswa Psikologi Unnes (HIMA PSI), PapiPsi (Lembaga Putra – Putri Psikologi), Organisasi Pecinta alam Psikologi (ORPAPSI), Komunitas ilmiah Psikologi (Dynamic), Lembaga Training dan Psikologi Terapan (LMT Super Quantum), Psychology Choir (Paduan Suara mahasiswa Psikologi), Pegasus Psyche (Organisasi Tim olahraga Psikologi: Futsal, Basket, Volley), dan A2I (Anak-anak Independen: Komunitas Psikologi non-mainstream).
Kualifikasi Akademik

Kualifikasi akademik yang diharapkan adalah sarjana psikologi, di bidang psikologi pendidikan, psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi klinis, dan psikologi industri organisasi.

Kompetensi hard skill lulusan Jurusan Psikologi Unnes merupakan kemampuan yang didapatkan lulusan selama masih menjadi mahasiswa. Kemampuan ini didapat melalui pembelajaran berdasar kurikulum Jurusan Psikologi Unnes. Kemampuan hard skill ini diukur melalui indikator evaluasi yang dilakukan setiap semester. Selain itu, IPK lulusan menjadi indikator evaluasi pencapaian kompetensi hard skill.

Kompetensi soft skill profesional lulusan Jurusan Psikologi Unnes merupakan kompetensi yang didapatkan lulusan selama mereka berinteraksi dan beraktivitas di lingkungan Jurusan Psikologi Unnes.

Kompetensi Lulusan dan Indikatornya

Jurusan Psikologi Unnes membekali mahasiswa dengan Mata kuliah Psikologi Dasar, dilanjutkan dengan mata kuliah yang fokus pada masing-masing konsentrasi. Psikologi Unnes mempunyai lima konsentrasi yang dapat dipilih mahasiswa untuk menjadi fokus studinya: Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial.

Karakteristik mata kuliah di jurusan Psikologi Unnes dibedakan sebagai berikut:
Mahasiswa wajib menuntaskan minimal 141 SKS untuk meraih drajat sarjana yang terdiri dari 124 SKS Mata kuliah wajib, 8 SKS Mata kuliah Wajib Pilihan, 2 SKS Intership, 4 SKS Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan 6 SKS Skripsi

Jurusan Psikologi menerapkan berbagai metode pembelajaran yang brain-friendly, seperti classical learning, simulation learning, practical learning, experiential learning, e-learning, focused group discussion, constructive and contextual learning.

Deskripsi lengkap mata kuliah Jurusan Psikologi dapat dilihat selengkapnya di laman: psikologi.unnes.ac.id

Kata Alumni

“Psikologi Unnes bukan hanya tentang belajar dan mengajar, bukan hanya tanang dosen dan mahasiswa, tapi di sini ada kehangatan, perhatian, perhatian, dan perhatian para pengajarnya. This is different than others.” –DYAN HARRY PERMANA, S.Psi., P.T. Natrindo Telepon Seluler (AXIS)

Alamat

Telepon dan Fax Kantor: (024)8508022

Website Jurusan: Psikologi.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 59.099 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

33 komentar pada “Psikologi S1

  1. Apa psikologi unnes ini pendidikan atau non-pendidikan?
    Saya jurusan IPA bisa tidak daftar di psikologi?
    Mohon dijawab

  2. saya sangat tertarik di program psikolog inih ,,
    semoga saja setelah saya PKL dan lulus nanti saya
    bisa msuk UNNES (psikolog)

  3. saya mahasaiswa psikologi unnes mengapresiasi antusiasme temen-temen semua terhadap jurusan kami, walau masih berupa jurusan dengan akreditasi c, tapi saya rasa tidak kalah dengan yang lain temen-temen.

    pertanyaan yang pertama dari mas Faisal R. Arbani, menurut saya gag harus anak IPS juga, walau memang psikologi unnes spesifikasinya adalah IPS. karena yang IPA atau yang lain kan bisa ambil IPC thoo, lagi pula temen-temen psikologi juga gag sedikit yang dari IPA bahkan banyak juga yang dari Bahasa dan kejuruan lain. jadi gag harus anak ips.
    kemudian dari mbak Lisa Sona Yohana, psikologi unnes itu non kependidikan. tapi tadi dijelaskan diatas bahwa lulusan psikologi bisa pula jadi guru BK dan guru PAUD, lagi pula dalam penjurusanya ada juga thoo psikologi pendidikan yang menguplek-uplek masalah psikologi dalam ranah pendidikan. mengenai pendaftar psikologi unnes ma’af saya kurang ada info, tapi yang jelas taun kemaren psikologi unnes menerima skitar 160 mahasiswa baru, 50% dari snmptn dan sisannya dari sbmptn dan spmu untuk didik menjadi sarjana psikologi nantinya.
    pertanyaan dari mbak Dian Heni saya rasa udah dijelaskan ya diatas, dibagian Peluang Mengembangkan Diri.
    dan semoga apa yang diharapkan mbak MUFLIKHATUN TSANIA bisa terwujud. amiin….
    untuk mbak anjar saya rasa ada kemungkinan, tapi saya juga kurang tahu hehehe. yang jelas selama kamu berkompeten untuk itu mengapa enggag gitu lohh. jadi gag mesti juga. yang pentingkan usaha kita. toh saya juga dari sekolah desa yang bahkan jumlah temen-temen yang disini sangat sedikit
    kemudian saya rasa pertanyaan dari Ria Mardiana udah terjawab ya…,
    untuk mas Asep D. Sulaiman, coba deh mas asep searching di google, saya rasa cukup menjawab keingintahuan mas asep :)

  4. kalau dari lulusan IPA atau SMK jurusan kesehatan (farmasi , analis kesehatan , pertanian , farmasi industr i, pengolahan pangan) apa ada peluang untuk masuk di fak. psikologi ?

  5. akan selalu ada peluang kakak bagi yang mau berusaha, walau itu sekecil apapun :)
    kata salah satu dosen disini “semua orang ingin sukses, tapi sedikit yang termotivasi untuk sukses”, memotivasi ini bukan hanya tugas motivator tetapi yang paling mendasar adalah datangnya dri diri sendiri

  6. Min mau tanya dong klo mau masuk unnes Fpsikilogi peluang dari luar daerah gimana lebih sedikit atau sama aja kayak yg di daerah asal?mohon infonya ya min

  7. apakah untuk snmptn undangan 2014 UNNES memperbolehkan para camaba untuk lintas jurusan? karena saya dari anak IPA ingin sekali kuliah di psikologi UNNES terimakasih :)

  8. Pendaftaran unnes yang SNMPTN udah ada yang daftar apa belum ya? Saya mau masuk jurusan Psikologi UNNES soalnya. Mungkin ada yang tahu? Terus kira2 nilai apa saja yang harus menonjol dibidang Psikologi? Makasih

  9. kak apa betul yg diprioritaskan untuk masuk di UNNES lebih tepatnya fakultas Psikologi itu dari sekitaran daerah Semarang saja? Saya dari Jakarta tertarik sekali sm UNNES fak.psikologi. Makasih

  10. saya dari aliyah dan saya jurusan ipa,.,
    apakah bisa ambil psikolog,.,trus gmna dngan prodi or peminatnya??
    apakah psikolog universitas semarang pendidikan or murni,.
    ,.saya butuh bnget informasinya????:):)

  11. saya siti roudhotul jannah dari bojonegoro
    saya calon mahasiswa baru tahun 2016 di unnes
    saya ingin bertanya.. apa tidak pantas seseoprang yang mempunyai bapak yang sudah berusia lanjut dengan penghasilan yang rendah dan masih mempunyai saudara yang masih perlu pendidikan berkelanjutan,mempunyai hutang banyak dan tidak mempunyai ibu tidak pantas kah menerima bidikmisi dengan satu catatan mempunyai rumah yang sederhana.. apa apresiasi kalian.?? karena saya mengalami itu semua. mohon dijawab. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X