Pendidikan Teknik Otomotif

Gelar Sarjana

Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Deskripsi Singkat

Prodi Pendidikan Teknik Otomotif adalah salah satu prodi di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan bidang Teknik Otomotif untuk mengakomodasi kebutuhan guru teknik otomotif untuk SMK maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) dan Enterpreneur. Penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada Surat Mandat dari Direktorat  Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1042/E/T/2011 tanggal 21  Juli  2011 tentang Penugasan  Pembukaan  Program  Studi Pendidikan  Teknik Otomotif  (S1) dan  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 137/E/O/2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S-1) pada Universitas Negeri Semarang.

Dengan berbekal tekad dan semangat “SIAP (Skill, Inovation, Academic and Performance)” Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif siap membekali mahasiswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif (menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif)

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

1.Mampu menguasai ilmu dan teknologi otomotif yang memiliki, kepekaan sosial, kepribadian yang tangguh dan santun, serta mampu berkomunikasi dengan baik.

2. Mampu melaksanakan pendidikan dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) bidang Teknik Otomotif yang unggul dan relevan dengan kebutuhan pasar serta dengan menjunjung tinggi nilai – nilai konservasi.

3.Mampu melaksanakan penelitian dengan penuh tanggungjawab dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi Otomotif ramah lingkungan.

4. Mampu mendharmakan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Teknik Otomotif kepada masyarakat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pengembangan karakter lulusan berlandaskan nilai – nilai konservasi.

5. Mampu jiwa mengembangkan kewirausahaan di bidang Teknik Otomotif yang religious, jujur dan peduli terhadap sesama.

Diperbarui oleh: Agestia Putri Nusantari | Rabu, 27 Februari 2013 10:17

16 Komentar untuk “Pendidikan Teknik Otomotif”

  1. Bayu Surya Kusuma

    Sabtu, 18 Mei 2013 | 17:42

    Ini sangat luar biasa.
    Karena Dunia otomotif sekarang semakin maju dan didunia otomotif pun sudah banyak terobosan2 dan inovasi2 kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar,agar mengurangi dampak global warming dari asap2 kendaraan dan menghemat sumber daya alam.
    Saya selaku siswa jurusan teknik otomotif (kendaraan ringan) di salah satu sekolah swasta ( SMK Pontren Darussalam Demak )
    berharap sekali dapat meneruskan jenjang pendidikan saya di UNNES yang salah satu notaben nya adalah universitas impian para pelajar di indonesia.
    Semoga saya dapat lolos ujian masuk PTN di UNNES melalui seleksi SBMPTN 2013 Jalur Bidikmisi.
    Untuk Menggapai Asa.

  2. ardi barra salam

    Senin, 3 Juni 2013 | 16:49

    Walaupun dunia otomotif merupakan dunia baru untuk saya siswa dr SMAN 1 Karanganyar Demak, tetapi saya harus mampu untuk memahami segala hal tentang otomotif, karena saya sudah memilih Pendidikan Teknik Otomotif di Unnes melalui SNMPTN.

  3. utomo

    Selasa, 3 September 2013 | 21:35

    saya sangat menyukai dunia otomotif terutama teknologi motor diesel,karena saya kebetulan teknisi injection pump,semoga dengan adanya pedidikan otomotif yg tersebar di indonesia dapat memajukan dunia otomotif indonesia sendiri.

  4. febriansyah

    Kamis, 12 September 2013 | 16:39

    Bisa daftar tahun depan pendidikan teknik otomotif. Saya dari smk kodeco batulicin mau jadi guru otomotif

  5. jaenal

    Sabtu, 28 September 2013 | 06:37

    Asalamualaikum pak saya mau tanya saya masuk di jurusan tehnik otomotif (d2) cita cita saya dari kecil ingin jadi guru. Yg saya tanyakan pak apakah saya bisa mengambil jurusan pendidikan otomotif (s1) padahal saya ambil jurusan teknik otomotif dan ingin melanjutkan.

  6. Properti dan Otomotif Indonesia

    Minggu, 22 Desember 2013 | 11:54

    Ini adalah info bagus untuk seluruh masyarakat indonesia, semoga dengan adanya prodi ini, Orang indonesia bisa menguasai bisnis otomotif di Dunia, paling tidak bisa mengembangkan industri ototmotif sendiri

  7. Aimfathilah

    Jumat, 7 Februari 2014 | 16:25

    Bapak/ibu saya mau tanya untuk pendaftaran tahun 2014 gimana ya ? Terima kasih

  8. Rian Dwi Aji Saputro

    Minggu, 9 Maret 2014 | 14:43

    Semangat lolos SNMPTN :) Pendidikan tekhnik otomotif

  9. Mohamad Faisal Ramdani

    Rabu, 19 Maret 2014 | 12:26

    Teknik otomotif disini, itu teknik sepeda motor atau teknik kendaraan ringan ?

  10. Darmadi Anwar (Kab. Pemalang)

    Selasa, 25 Maret 2014 | 22:25

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saya Darmadi Anwar, asal SMKN 1 Ampelgading jurusan Teknik Kendaraan Ringan tahun ini (2014) mendaftar SNMPTN dengan mengambil Progdi Pend. Teknik Otomotif UNNES. Semoga saya dapat bergabung di Universitas ini. aamiin.

  11. Aisyah

    Kamis, 24 April 2014 | 05:27

    Mau tanya,
    Di Jurusan teknik otomotif ini masuknya di hari sabtu minggu apa tidak

  12. shafwa al aziz

    Rabu, 14 Mei 2014 | 07:57

    apakah ada program transfer dari S.T ke S.Pd untuk pendidikan teknik otomotif??

  13. rosa rosida

    Rabu, 28 Mei 2014 | 16:09

    Di jurusan otomotif da cweknya. G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ◦°°˚ŷǎa˚°°◦??
    Tp ♥a̲̅k̲̅u̲̅♡ dri SMA, kira” da peluang untuk masuk G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ◦°°˚ŷǎa˚°°◦??

  14. Zakky

    Senin, 9 Juni 2014 | 05:33

    saya lolos SNMPTN Pendidikan Otomotif tahun ini. ada yang lolos juga gak disini? butuh teman solanya. Percaya.. otomotif punya masa depan yang cerah kok.

  15. Lukman Hakim

    Minggu, 15 Juni 2014 | 16:03

    @Zakky : aku juga lolos zak, salam kenal.
    aamiin gapake kok :v

  16. dimas dendira

    Rabu, 27 Agustus 2014 | 22:19

    Mohon informasi untuk transfer sebelumnya dari D3 UNS Jur Teknik mesin mau lanjut S1 teknik mesin bisa Kah?untuk persyaratannya apa saja?terima kasih

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top