Pendidikan Teknik Mesin (S1)


Pendidikan Teknik Mesin (S1)

AKREDITASI
akreditasi B (berlaku s/d 21-08-2014) sesuai dengan SK dari BAN PT No. 024/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009.

DESKRIPSI SINGKAT
Pendidikan Teknik Mesin S1 merupakan salah satu Program Studi kependidikan yang telah lama berdiri di Jurusan Teknik Mesin. Prodi Pendidikan Teknik Mesin S1 didirikan pada bulan Juli 1979, dan pada tanggal 11 juli 1996 secara resmi memperoleh SK Pendirian Program Studi dari Dirjen Dikti Republik Indonesia Nomor 244/DIKTI/KEP/1996.

Prestasi Prodi
Prodi Pendidikan Teknik Mesin memiliki prestasi lulusan yang membanggakan dengan IPK rata-rata 3,00 dalam periode empat tahun terakhir, hasil yudisium nilai skripsai skripsi mendapatkan nilai A atau B. Prestasi tersebut juga diimbangi dengan banyaknya lulusan yang terserap di lapangan kerja sebagai tenaga pengajar, bekerja di industri atau berwirausaha yang mana masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan tidak terlalu lama. Pengguna lulusan juga menyatakan puas akan kinerja alumni dari prodi pendidikan teknik mesin.
Selain di dalam bidang study dan pekerjaan, prodi pendidikan teknik mesin juga memiliki prestasi yang membanggakan ditingkat nasional yaitu beberapa kali menjuarai PIMNAS. Prestasi di tingkat nasional terakir kali didapatkan pada PIMNAS tahun 2011 dibidang gagasan tertulis dengan judul Smart Flying Float.

Fasilitas penunjang
Prodi pendidikan teknik mesin memiliki fasilitas penunjang yang memadai, sebagai contoh tersedianya peralatan dengan teknologi terbaru di laboratorium permesinan dan produksi, tersedianya ruangan teleconference dan micro teaching serta fasilitas wifi di area kampus. Dengan semua fasilitas penunjang tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat kepada mahasiwa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik mesin.
Untuk memperkuat proses pembelajaran, prodi pendidikan teknik mesin telah mempunyai jaringan kerjasama dengan perusahaan bersakala nasional yang bergerak dalam bidang Otomotif maupun Permesinan. Dengan kerjasama tersebut maka mahasiswa akan lebih mudah dalam memperoleh pengalaman mengenai dunia industri dan kesesuaian pembelajaran dengan kebutuhan di dunia industri.

Peluang mengembangkan diri
Prodi pendidikan teknik mesin memberikan peluang yang luas untung pengembangan mahasiswa. kemandirian dan kreatifitas mahasiswa tergali pula melalui berbagai kegiatan antara lain: (a) Automotive Skill Competition (ASC), (b) Mechanic Skill Competition (MSC), (c) pameran tingkat fakutas (April Terpadu), (d) pameran tingkat regional (Dies Natalis Unnes, Diknas Jateng) dan nasional, (e) Lomba Karya Ilmiah (LKI), Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), bengkel hemat yang diselenggarakan secara berkala setiap tahun.

KOMPETENSI LULUSAN
Secara umum kompetensi yang dimiliki oleh alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin adalah menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional untuk dapat menjadi guru profesional dengan memiliki kemampuan teknik permesinan dan mampu mengaplikasikan ilmu dalam bidang permesinan. Secara lebih lengkap, kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Teknik Mesin adalah sebagai berikut:
1. Kompetensi Utama; (a) mampu menguasai ilmu dan teknologi teknik mesin yang memiliki kepekaan sosial, kepribadian yang tangguh dan santun, serta mampu berkomunikasi dengan baik, (b) mampu melaksanakan pendidikan dalam upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia bidang teknik Mesin yang unggul dan relevan dengan kebutuhan pasar serta menjunjung tinggi nilai – nilai konservasi, (c) mampu melaksanakan penelitian dengan penuh tanggungjawab dalam menggembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Mesin, (d) mampu Mendarmakan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik mesin kepada masyarakat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pendidikan berkarakter konservasi, dan (e) mampu mengembangkan kewirausahaan dibidang Teknik Mesin yang religious, jujur dan peduli terhadap sesama.

2. Kompetensi Pendukung; (a) mampu mengusai kemampuan manajerial dalam laboratoriun, workshop, atau bengkel Teknik Mesin dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, nasionalis, demokratis dan bertanggungjawab, (b) mampu dengan cerdas dan santun menulis/menyunting naskah jurnal – jurnal ilmiah pada bidang teknik mesin, (c) mampu merencanakan dan mengembangkan laboratorium, workshop, dan bengkel teknik mesin (d) mampu mengembangkan kewirausahaan bidang teknik mesin berdasarkan pada kepedulian terhadap sesama.

3. Kompetensi Lain; (a) mampu mengaplikasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dapat mendukung tugas dan fungsinya dalam bidang Teknik mesin, (b) mampu mengapilasikan media – media pembelajaran yang inovatif dan terbaru dalam proses pembelajaran

ALAMAT
Alamat Kantor : Jurusan Teknik Mesin Gedung E5, Fakultas Teknik Unnes
Jalan Taman Siswa Sekaran, Gunungpati
Semarang 50229
Telepon : (024) 8508103
Faksimil : (024) 8508103
Email : mesin_ftunnes@yahoo.com
Website : mesin.ft.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 31.176 kali
EDITOR : Lintang Hakim

11 komentar pada “Pendidikan Teknik Mesin (S1)

  1. Assalamu’alaikum wr wb

    saya butuh surat keterangan akreditasi jurusan pendidikan teknik mesin, koq dicari di website pend. teknik mesin gak ada downloadanya…
    bisa nggak disediakan fasilitas download diwebsite ini.
    terimakasih

  2. membuthkan 2 calon guru produkti untuk jurusan teknik mesin dan otomotif belum nikah dan fresh grduate untuk honor di smk negeri 1 samboja kukar.makasih dan ini nmr yang bisa dihubungi rustam 081350400596

  3. apakah di ft unnes ada program transfer untuk pend teknik mesin atau pend teknin otomotif? kmrn sdh lulus D3 teknik energi polines. kalau ada syaratnya apa saja. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X