Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)


Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)

Legalitas

Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 1534/D/T/2009 tanggal 28 Agustus 2009

Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
DESKRIPSI SINGKAT
Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) adalah salah satu dari tiga prodi yang ada di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Prodi ini menyelenggarakan pendidikan teknik informatika dan komputer dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran teknik informatika dan komputer dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap kelestarian lingkungan sosial-budaya. Lulusan prodi PTIK juga dibekali dengan keterampilan berwirausaha dan ilmu pengetahuan yang sejalan dengan perkembangan ilmu informatika dan komputer.

MENGAPA MEMILIH PTIK UNNES?
Prodi PTIK Unnes mempunyai laboratorium yang sangat mendukung proses pembelajaran di bidang Teknik Informatika dan Komputer. Setiap mata kuliah selalu di lengkapi dengan praktik dan praktikum sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang Teknik Informatika dan Komputer.
Setiap semester mahasiswa membuat sebuah project berupa sistem yang berkaitan dengan Teknik Informatika dan Komputer, project tersbut bertujuan mengaplikasi mata kuliah yang sudah di pelajari kedalam situasi yang nyata. Dengan fasilitas laboratorium yang sangat mendukung diantaranya terdapat 4 server bertipe Blade berkapisitas 2 Tera Byte, dan laboratorium multimedia dengan computer Allienware, laboratorium jaringan computer dan pemgraman embedded system memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar dengan baik dan bisa mengembangkan diri dengan maksimal di bidang Teknik Informatika dan Komputer.

KOMPETENSI LULUSAN
Profil Lulusan
a. Guru professional dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer
b. Wirausahawan dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer
c. Instruktur dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer
d. Tutor dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer

Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
Berkemampuan menjadi guru professional dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer dengan kompetensi :
– Mampun mengajar bidang keahlian Teknik Informatika dan Komputer secara cerdas dan demokratis.
– Bertanggung jawab mengembangkan ilmu pengetahuan dan ikut serta dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan dalam bidang teknlogi komunikasi dan informasi dalam dunia pendidikan
– Mengimplementasikan kemampuan dalam bidang teknologi komunikasi dan sistem informasi secara santun dan demokratis dalam dunia pendidikan

b. Kompetensi Pendukung
Berkemampuan berwirausaha dalam bidang teknik informatika dan komputer dengan kompetensi
– Mengimplementasikan kemampuan bidang pengembangan sistem informasi dan jaringan komputer untuk berwirausaha secara cerdas.
– Mengimplementasikan kemampuan dalam bidang analisa dan perancangan serta manajen sistem informasi untuk berwirausaha.

Berkemampuan mengembangkan diri dalam bidang teknik Informatika dan Komputer ke jenjang yang lebih tinggi dengan kompetensi
– Mampu beradaptasi dengan perkembangan bidang teknik informatika dan komputer pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
– Bersikap nasionalis dalam berkontribusi terhadap kemajuan dalam bidang teknik informatika dan komputer guna kemajuan bangsa dan Negara

Alamat lengkap
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNNES
Gedung E6  Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telepon (024) 8508104. Email: ee@unnes.ac.id
www.elektro.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 81.313 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

68 komentar pada “Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)

  1. Mohon dibalas pertanyaan saya… Apakah bisa untuk pendaftaran pend. IT mendaftar langsung / tes mandiri.. tetapi waktunya sebelum SBMPTN. terima kasih atas balasannya.

  2. saya alumni D3 Teknik KOmputer. Yang mau saya tanya, apakah saya bsa melanjut studi saya (Ekstensi) ke Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1) Unnes? trims

  3. saya lulusan D3 Teknik Komputer dan ingin nerusin ke pendidikan S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer di Unnes apakah bisa?
    Terima Kasih

  4. skrg kan mapel tik sudh tiada, jd tolong kak dikasih tau prospek kerja bagi lulusan PTIK selain jd guru.
    buat pertimbangan pilih prodi PTIK kak, kan sbentr lg spmu mo di ttup ya.
    mksih.

    1. Mapel TIK belum sepenuhnya di hapus, msih banyak SMK yang membutuhkan lulusan PTIK. Dan di ptik kita mendapat ilmu yang lengkap, baik dalam IT murni maupun ilmu keguruannya.
      Kebetulan saya alumni PTIK angkatan 2011, dan skg menjadi guru. Tetapi bnyak juga yang bekerja di perusahaan besar, bank, dan banyak lagi.

  5. Informasi
    bagi yang punya lulusan S1 pendidikn teknik informatika komputer dari UNNES, kami membuka lowongan untuk menjadi guru di SMK pontren darussalam Demak. serius hub kami di no.hp 085291442220

  6. mau tanya
    kalau ambil ptik (pendidikan teknik informatika) di s1 apakah linier dengan s2 ilkom / teknik, jika ingin melanjutkan s2 nya ?

  7. PTIK UNNES lulusan nya dibutuhkan di SMK-SMK. Jadi jangan takut masuk PTIK UNNES dapat bersaing dengan baik saat di dunia kerja. Saya sebagai alumni PTIK UNNES 2010 sangat banga memiliki almamater PTIK UNNES. Saya sekarang sudah menjadi GURU TIK Multimedia di SMK Negeri . Dengan ilmu yang telah saya terima selama kuliah di PTIK UNNES sangat membantu saya dalam pekerjaan di Sekolah.
    info:
    LULUSAN PTIK UNNES di butuhkan di SMKN1 LEMAHABANG Kab.Cirebon.
    saya tunggu kalian PTIK UNNES untuk bergabung dengan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *