Pendidikan Matematika (S1)

Pendidikan Matematika (S1)

Akreditasi

A (Amat Baik)

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Berdasar Surat Keputusan Presiden tanggal 3 Januari 1963 No I/1963 FKIP dan IPG berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang setara dengan universitas di dalam lingkungan Departemen PTIP. Keputusan Presiden No. 1/1963 tersebut di atas dilaksanakan oleh Menteri PTIP dengan mendirikan IKIP melalui Keputusan Menteri PTIP No. 55 tahun 1963 tanggal 22 Mei 1963. Sebagai tindak lanjut, diterbitkan Keputusan Bersama Menteri PTIP dan Menteri PD dan K No. 32 tahun 1964 tanggal 4 Mei 1964 tentang penyatuan FKIP dan IPG di Jakarta, Bandung, Malang, dan Yogyakarta ke dalam IKIP. Dengan adanya penggabungan FKIP dan IPG menjadi IKIP, sedangkan FKIP UNDIP dan FKIP UNDIP Cabang Surakarta dinilai belum dapat berdiri sendiri. Selanjutnya dengan Keputusan Menteri PTIP No. 35 tahun 1964 tanggal 4 Mei 1964 ditetapkan:
a. FKIP UNDIP menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang.
b. FKIP UNDIP Cabang Surakarta menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Surakarta.
Perkembangan lembaga pendidikan guru tingkat pendidikan tinggi di Semarang yaitu sejak diselenggarakannya kursus B-I dan kursus B-II sampai dengan diresmikan IKIP Yogyakarta Cabang Semarang berjalan amat pesat. Ketika IKIP Yogyakarta Cabang Semarang belum sampai berjalan genap 1 tahun, atas dasar pertimbangan bahwa IKIP Yogyakarta Cabang Semarang akan berkembang lebih cepat di masa mendatang, sambil menunggu Keputusan Presiden, Menteri PTIP mendirikan IKIP Semarang sebagai lembaga yang berdiri sendiri pada tanggal 30 Maret 1965 melalui Keputusan Menteri PTIP No. 40 tahun 1965 tanggal 8 Maret 1965. Berdirinya IKIP Semarang pada tanggal tersebut disahkan dengan Keputusan Presiden No. 271 tahun 1965 tanggal 14 September 1965.
Perkembangan fakultas dan jurusan Matematika adalah sebagai berikut:
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro tahun 1961 s.d. 1965 dengan Jurusan Ilmu Pasti,
2. Berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 40/1965 dan Keputusan Presiden No. 271/1965, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta dengan 4 jurusan yaitu Jurusan Matematika, Biologi, Ilmu Kimia, dan Fisika.
3. Sejak tahun 1982 Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA). Tahun 1994 Jurusan Pendidikan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1. Tahun 1999, Jurusan Pendidikan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1 dan Program Studi Matematika S1.
Dengan terbitnya Keputusan Presiden No. 124 tahun 1999, tentang perubahan IKIP Semarang, maka IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang dan No. 225/O/2000 tentang Statuta Universitas Negeri Semarang, FPMIPA berubah menjadi FMIPA dan Jurusan Pendidikan Matematika berubah menjadi Jurusan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1, Program Studi Matematika S1, dan Statistika Terapan dan Komputasi D3.
Prodi. Pendidikan Matematika memperoleh akreditasi A, dengan SK BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010 tanggal 12 November 2010, dan berlaku sampai dengan 12 November 2015.
Lulusan prodi. Pendidikan matematika memiliki keahlian sebagai pendidik dalam bidang matematika sekolah menengah.

Mengapa Memilih Prodi Ini?
Dalam lima tahun terakhir, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika telah memperoleh beberapa penghargaan, baik regional, maupun nasional,  antara lain juara I, II, III, Harapan I dan III Lomba Karya Inovasi Produktif 2012 Jawa Tengah. Prestasi lain Finalis Kompetisi Karya Tulis Tingkat Mahasiswa Nasional 2012, juara II Kompetisi Debat Bahasa Inggris Tingkat Unnes 2011, Duta Kerjasama Unnes 2012, Medali Perak PIMNAS XX Kategori PKM-K, Medali Perunggu PIMNAS XX Kategori PKM-M, Mapres Peringkat 1 Fakultas MIPA 2012, Mapres Peringkat 4 Unnes Tahun 2012, Juara III Technopreneurship Pemuda 2011 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ristek. Selain itu juara III OSN PTI Pertamina Tingkat Jawa Tengah 2011, juara 2 Hibah MITI (Masyarakat Ilmiah dan Teknologi Indonesia) 2010, The Best Research Display pada puncak kegiatan National Research & Scholarship Exhibition (Narration) 2011 di Universitas Indonesia, Juara III LKTM Bidang Ekonomi Kerakyatan Tingkat Nasional 2008, dan 25 proposal PKM dinyatakan didanai Dirjen Dikti untuk tahun anggaran 2012 melalui program PKM-P dan PKM-K.

Fasilitas

Pendidikan Matematika mempunyai empat laboratorium, yaitu Laboratorium Dasar (Workshop) & Microteaching, Laboratorium Komputasi, dan Laboratorium Multimedia & Pengembangan yang sudah banyak menghasilkan banyak media pembelajaran matematika dan produknya sudah banyak dipesan oleh sekolah-sekolah. Buku-buku yang menunjang proses pembelajaran tersedia Perpustakaan jurusan Matematika
Prodi. Pendidikan Matematika Unnes memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh prodi. Pendidikan Matematika universitas lain, yakni Memiliki mata kuliah workshop pendidikan matematika, yang terdiri dari workshop pendidikan matematika 1, workshop pendidikan matematika 2, dan workshop pendidikan matematika 3 sebagai mata kuliah pilihan.
Melalui laboratorium Matematika, Prodi. Pendidikan Matematika diberi kepercayaan menjadi salah satu pembicara dalam workshop internasional “Peran Laboratorium dalam research dan layanan sosial kemasyarakatan”. Dua kali dipercaya menjadi peserta/laboratorium untuk mendukung eduwisata Unnes. Mempunyai laboratorium matematika yang mengembangkan mathematics manipulatives device.
Pendidikan Matematika didukung oleh 44 orang, terdiri atas 3 profesor, 13 doktor, dan 37 bergelar Magister.

Mahasiswa

Pendidikan Matematika dapat mengembangkan diri dalam bidang akademik maupun non akademik melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, antara lain:
1. Unit Kegiatan Mahasiswa
Di Universitas Negeri Semarang tersedia Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik dalam bidang akademik, seni dan budaya, olahraga, humaniora, dan sebagainya. Mahasiswa dapat memilih dan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
2. Himpunan Mahasiswa Matematika yang memiliki 5 departemen yaitu Departemen Penalaran, Departemen Bakat Minat, Departemen Advokasi dan Kesejahteraan, Departemen Pengabdian pada Masyarakat, Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi
3. Mathematics Study Club (MSC)
Kegiatan: Olimpiade Club , tutor sebaya, Seleksi tutor,Try out ujian semester, Penerbitan majalah dinding, Pembuatan buletin, Bedah skripsi, Pengadaan buku penunjang mata kuliah, Study comparative, English day for MSC, Kunjungan ke Laboratorium Matematika
4. The MATe (Mathematics Adventure Team)
Kegiatan: KLH (Kepedulian Lingkungan Hidup) kegiatan: penghijauan, kebersihan kampus, dan lingkungan, Tanam bakau di pantai Maron.
5. MCC (Mathematics Computing Club)
Kegiatan: Asistensi Praktikum Komputasi.
6. MEC (Mathematics English Club)
Kegiatan: Pelatihan dan Test TOEFL. Discuss Using English Try Out and Analysis (DELTA), MEC’s Orientation, English wallpaper, English bulletin
7. SIGMA (Study Islamic Group of Mathematics)
Kegiatan : studi Islam dan kajian-kajian keislaman
8. MJC (Mathematics Journalist Club)
Kegiatan: Majalah MATRIX, Pelatihan Jurnalistik Dasar.
9. KIM (Karya Ilmiah Matematika)
Kegiatan: Pelatihan Penyusunan Karya Ilmiah, Workshop, WOOAA, PKMM, Workshop Kewirausahaan, SEKEMA, penelitian ilmiah.
10. PMC (Project Mathematics Club)
Kegiatan: Pembuatan alat peraga matematika, Pelatihan Desain Grafis.
11. Pelatihan soft skill

Kompetensi Lulusan
Kompetensi yang dimiliki oleh liulusan Prodi Pendidikan Matematika adalah mampu menjadi
1. guru matematika di sekolah SMP dan SMA/SMK baik berstandar nasional maupun internasional.
2. dosen matematika di Perguruan Tinggi.
3. menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain-lain).
4. menjadi pegawai bank.
5. peneliti di bidang pendidikan matematika
6. penulis buku matematika.

Deskripsi Perkuliahan
Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa menempuh 145 SKS yang selama 8 semester dengan subjek-subjek kuliah yang dipelajari meliputi kelompok bidang keahlian pendidikan yang terdiri dari kurikulum matematika sekolah dan pembelajarannya, pembelajaran kreatif dann inovatif, asesmen pembelajaran matematika, praktik pembelajaran berbasis teknologi, pengembangan media pembelajaran, penelitian pendidikan matematika, praktek pembelajaran di sekolah, kelompok bidang keahlian aljabar, analisis, statistika, dan komputasi. Pendekatan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis pembelajaran kreatif inovatif dengan memanfaatkan teknologi komputasi dan informasi, serta berpusat pada mahasiswa.

Cerita Alumni
Menjadi mahasiswi di Jurusan Matematika Unnes merupakan salah satu episode paling berharga dalam hidup saya. Dosen – dosen matematika Unnes tidak hanya membekali saya dengan materi tentang pendidikan matematika yang mendalam, tetapi juga dengan softskills untuk bisa menjadi manusia yang mandiri dan bermanfaat. Jurusan Matematika juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran seperti perpustakaan, lab alat peraga matematika, dan lab komputer. Saya juga dapat mengasah bakat menulis saya dengan bergabung di Kelompok Ilmiah Matematika sehingga saya bisa menghasilkan beberapa karya ilmiah, bahkan bisa menjadi juara di tingkat nasional. Selain itu, saya juga dibekali dengan kemampuan Bahasa Inggris yang cukup hingga dapat mengajar di RSBI. Dengan segala ilmu dan pengalaman yang saya peroleh di Jurusan Matematika, saya berkesempatan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Utrecht University, The Netherlands. Saat ini saya telah diterima sebagai dosen matematika di UNY. Terimakasih Unnes… Terimakasih Jurusan Matematika… –Nila Mareta Murdiyani, Pend. Mat. Unnes 2005

Prodi pend matematika memang joss, fasilitasnya komplit, dari tahun ke tahun selalu meningkat, pengajarnya sangat hebat dan profesional. Dengan 2 komponen tersebut prodi pend matematika jadi favorit bagi calon mahasiswa. –Oky Pitoyo Nugroho, M.Pd., guru matematika dan Pembina OSIS SMPN 21 Semarang

Kontak Kami
Jurusan Matematika FMIPA Unnes, Kampus Unnes Sekaran Gedung D7 lt 1, Jl. Raya Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telp./fax. (024)8508032
Email: matematika@unnes.ac.id
Website: http://matematika.unnes.ac.id

60 responses to “Pendidikan Matematika (S1)”

  1. nanda mengatakan:

    apakah masih idbuka pendaftaran untuk bidang pendidikan matematika

  2. Hafni Istiqomah mengatakan:

    4 tahun lagi sya akan menjadi salah satu mhasiswa di prodi ini.. ammiiinn

  3. Mathematics Sport mengatakan:

    Salam kenal untuk para Pendidik di Unnes..

  4. Suci mengatakan:

    kak, kalo smk bismen jurusan akuntansi kira” bisa masuk ga ya kak ?

  5. TAHTA mengatakan:

    BISMILLAH smg bisa diterima,,,,pendaftaran,a dimulai kpn yah,,,

  6. Sela Mei R mengatakan:

    kak, kalau SMK dengan kompetensi keahlian TKJ bisa masuk Prodi ini lewat jalur SNMPTN ? Mohon untuk dibalas. Terima kasih.

  7. Eka mengatakan:

    kak , kalau lulusan SMK jurusan TKJ pengen ke Matematika peluangnya gimana ? dan pendaftarannya mulai kapan ?

  8. Indah nur laila mengatakan:

    Semoga taun ini bisa masuk unnes pendidikan matematika. Amin

  9. elva maulidia mengatakan:

    YA ALLAH ,bantu aku supaya bisa masuk dan di terima di unnes prodi matematika ya allah amin.

  10. surya anding permadi mengatakan:

    assalamualaikum wr.wb..
    min mau tanya kalo masuk pend. matematika bisa dari “ips” kaga?

Tinggalkan Balasan