Pendidikan Matematika (S1)

Akreditasi

A (Amat Baik)

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Berdasar Surat Keputusan Presiden tanggal 3 Januari 1963 No I/1963 FKIP dan IPG berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang setara dengan universitas di dalam lingkungan Departemen PTIP. Keputusan Presiden No. 1/1963 tersebut di atas dilaksanakan oleh Menteri PTIP dengan mendirikan IKIP melalui Keputusan Menteri PTIP No. 55 tahun 1963 tanggal 22 Mei 1963. Sebagai tindak lanjut, diterbitkan Keputusan Bersama Menteri PTIP dan Menteri PD dan K No. 32 tahun 1964 tanggal 4 Mei 1964 tentang penyatuan FKIP dan IPG di Jakarta, Bandung, Malang, dan Yogyakarta ke dalam IKIP. Dengan adanya penggabungan FKIP dan IPG menjadi IKIP, sedangkan FKIP UNDIP dan FKIP UNDIP Cabang Surakarta dinilai belum dapat berdiri sendiri. Selanjutnya dengan Keputusan Menteri PTIP No. 35 tahun 1964 tanggal 4 Mei 1964 ditetapkan:
a. FKIP UNDIP menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang.
b. FKIP UNDIP Cabang Surakarta menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Surakarta.
Perkembangan lembaga pendidikan guru tingkat pendidikan tinggi di Semarang yaitu sejak diselenggarakannya kursus B-I dan kursus B-II sampai dengan diresmikan IKIP Yogyakarta Cabang Semarang berjalan amat pesat. Ketika IKIP Yogyakarta Cabang Semarang belum sampai berjalan genap 1 tahun, atas dasar pertimbangan bahwa IKIP Yogyakarta Cabang Semarang akan berkembang lebih cepat di masa mendatang, sambil menunggu Keputusan Presiden, Menteri PTIP mendirikan IKIP Semarang sebagai lembaga yang berdiri sendiri pada tanggal 30 Maret 1965 melalui Keputusan Menteri PTIP No. 40 tahun 1965 tanggal 8 Maret 1965. Berdirinya IKIP Semarang pada tanggal tersebut disahkan dengan Keputusan Presiden No. 271 tahun 1965 tanggal 14 September 1965.
Perkembangan fakultas dan jurusan Matematika adalah sebagai berikut:
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro tahun 1961 s.d. 1965 dengan Jurusan Ilmu Pasti,
2. Berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 40/1965 dan Keputusan Presiden No. 271/1965, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta dengan 4 jurusan yaitu Jurusan Matematika, Biologi, Ilmu Kimia, dan Fisika.
3. Sejak tahun 1982 Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA). Tahun 1994 Jurusan Pendidikan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1. Tahun 1999, Jurusan Pendidikan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1 dan Program Studi Matematika S1.
Dengan terbitnya Keputusan Presiden No. 124 tahun 1999, tentang perubahan IKIP Semarang, maka IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang dan No. 225/O/2000 tentang Statuta Universitas Negeri Semarang, FPMIPA berubah menjadi FMIPA dan Jurusan Pendidikan Matematika berubah menjadi Jurusan Matematika terdiri atas Program Studi Pendidikan Matematika S1, Program Studi Matematika S1, dan Statistika Terapan dan Komputasi D3.
Prodi. Pendidikan Matematika memperoleh akreditasi A, dengan SK BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010 tanggal 12 November 2010, dan berlaku sampai dengan 12 November 2015.
Lulusan prodi. Pendidikan matematika memiliki keahlian sebagai pendidik dalam bidang matematika sekolah menengah.

Mengapa Memilih Prodi Ini?
Dalam lima tahun terakhir, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika telah memperoleh beberapa penghargaan, baik regional, maupun nasional,  antara lain juara I, II, III, Harapan I dan III Lomba Karya Inovasi Produktif 2012 Jawa Tengah. Prestasi lain Finalis Kompetisi Karya Tulis Tingkat Mahasiswa Nasional 2012, juara II Kompetisi Debat Bahasa Inggris Tingkat Unnes 2011, Duta Kerjasama Unnes 2012, Medali Perak PIMNAS XX Kategori PKM-K, Medali Perunggu PIMNAS XX Kategori PKM-M, Mapres Peringkat 1 Fakultas MIPA 2012, Mapres Peringkat 4 Unnes Tahun 2012, Juara III Technopreneurship Pemuda 2011 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ristek. Selain itu juara III OSN PTI Pertamina Tingkat Jawa Tengah 2011, juara 2 Hibah MITI (Masyarakat Ilmiah dan Teknologi Indonesia) 2010, The Best Research Display pada puncak kegiatan National Research & Scholarship Exhibition (Narration) 2011 di Universitas Indonesia, Juara III LKTM Bidang Ekonomi Kerakyatan Tingkat Nasional 2008, dan 25 proposal PKM dinyatakan didanai Dirjen Dikti untuk tahun anggaran 2012 melalui program PKM-P dan PKM-K.

Fasilitas

Pendidikan Matematika mempunyai empat laboratorium, yaitu Laboratorium Dasar (Workshop) & Microteaching, Laboratorium Komputasi, dan Laboratorium Multimedia & Pengembangan yang sudah banyak menghasilkan banyak media pembelajaran matematika dan produknya sudah banyak dipesan oleh sekolah-sekolah. Buku-buku yang menunjang proses pembelajaran tersedia Perpustakaan jurusan Matematika
Prodi. Pendidikan Matematika Unnes memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh prodi. Pendidikan Matematika universitas lain, yakni Memiliki mata kuliah workshop pendidikan matematika, yang terdiri dari workshop pendidikan matematika 1, workshop pendidikan matematika 2, dan workshop pendidikan matematika 3 sebagai mata kuliah pilihan.
Melalui laboratorium Matematika, Prodi. Pendidikan Matematika diberi kepercayaan menjadi salah satu pembicara dalam workshop internasional “Peran Laboratorium dalam research dan layanan sosial kemasyarakatan”. Dua kali dipercaya menjadi peserta/laboratorium untuk mendukung eduwisata Unnes. Mempunyai laboratorium matematika yang mengembangkan mathematics manipulatives device.
Pendidikan Matematika didukung oleh 44 orang, terdiri atas 3 profesor, 13 doktor, dan 37 bergelar Magister.

Mahasiswa

Pendidikan Matematika dapat mengembangkan diri dalam bidang akademik maupun non akademik melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, antara lain:
1. Unit Kegiatan Mahasiswa
Di Universitas Negeri Semarang tersedia Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik dalam bidang akademik, seni dan budaya, olahraga, humaniora, dan sebagainya. Mahasiswa dapat memilih dan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
2. Himpunan Mahasiswa Matematika yang memiliki 5 departemen yaitu Departemen Penalaran, Departemen Bakat Minat, Departemen Advokasi dan Kesejahteraan, Departemen Pengabdian pada Masyarakat, Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi
3. Mathematics Study Club (MSC)
Kegiatan: Olimpiade Club , tutor sebaya, Seleksi tutor,Try out ujian semester, Penerbitan majalah dinding, Pembuatan buletin, Bedah skripsi, Pengadaan buku penunjang mata kuliah, Study comparative, English day for MSC, Kunjungan ke Laboratorium Matematika
4. The MATe (Mathematics Adventure Team)
Kegiatan: KLH (Kepedulian Lingkungan Hidup) kegiatan: penghijauan, kebersihan kampus, dan lingkungan, Tanam bakau di pantai Maron.
5. MCC (Mathematics Computing Club)
Kegiatan: Asistensi Praktikum Komputasi.
6. MEC (Mathematics English Club)
Kegiatan: Pelatihan dan Test TOEFL. Discuss Using English Try Out and Analysis (DELTA), MEC’s Orientation, English wallpaper, English bulletin
7. SIGMA (Study Islamic Group of Mathematics)
Kegiatan : studi Islam dan kajian-kajian keislaman
8. MJC (Mathematics Journalist Club)
Kegiatan: Majalah MATRIX, Pelatihan Jurnalistik Dasar.
9. KIM (Karya Ilmiah Matematika)
Kegiatan: Pelatihan Penyusunan Karya Ilmiah, Workshop, WOOAA, PKMM, Workshop Kewirausahaan, SEKEMA, penelitian ilmiah.
10. PMC (Project Mathematics Club)
Kegiatan: Pembuatan alat peraga matematika, Pelatihan Desain Grafis.
11. Pelatihan soft skill

Kompetensi Lulusan
Kompetensi yang dimiliki oleh liulusan Prodi Pendidikan Matematika adalah mampu menjadi
1. guru matematika di sekolah SMP dan SMA/SMK baik berstandar nasional maupun internasional.
2. dosen matematika di Perguruan Tinggi.
3. menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain-lain).
4. menjadi pegawai bank.
5. peneliti di bidang pendidikan matematika
6. penulis buku matematika.

Deskripsi Perkuliahan
Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa menempuh 145 SKS yang selama 8 semester dengan subjek-subjek kuliah yang dipelajari meliputi kelompok bidang keahlian pendidikan yang terdiri dari kurikulum matematika sekolah dan pembelajarannya, pembelajaran kreatif dann inovatif, asesmen pembelajaran matematika, praktik pembelajaran berbasis teknologi, pengembangan media pembelajaran, penelitian pendidikan matematika, praktek pembelajaran di sekolah, kelompok bidang keahlian aljabar, analisis, statistika, dan komputasi. Pendekatan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis pembelajaran kreatif inovatif dengan memanfaatkan teknologi komputasi dan informasi, serta berpusat pada mahasiswa.

Cerita Alumni
Menjadi mahasiswi di Jurusan Matematika Unnes merupakan salah satu episode paling berharga dalam hidup saya. Dosen – dosen matematika Unnes tidak hanya membekali saya dengan materi tentang pendidikan matematika yang mendalam, tetapi juga dengan softskills untuk bisa menjadi manusia yang mandiri dan bermanfaat. Jurusan Matematika juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran seperti perpustakaan, lab alat peraga matematika, dan lab komputer. Saya juga dapat mengasah bakat menulis saya dengan bergabung di Kelompok Ilmiah Matematika sehingga saya bisa menghasilkan beberapa karya ilmiah, bahkan bisa menjadi juara di tingkat nasional. Selain itu, saya juga dibekali dengan kemampuan Bahasa Inggris yang cukup hingga dapat mengajar di RSBI. Dengan segala ilmu dan pengalaman yang saya peroleh di Jurusan Matematika, saya berkesempatan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Utrecht University, The Netherlands. Saat ini saya telah diterima sebagai dosen matematika di UNY. Terimakasih Unnes… Terimakasih Jurusan Matematika… –Nila Mareta Murdiyani, Pend. Mat. Unnes 2005

Prodi pend matematika memang joss, fasilitasnya komplit, dari tahun ke tahun selalu meningkat, pengajarnya sangat hebat dan profesional. Dengan 2 komponen tersebut prodi pend matematika jadi favorit bagi calon mahasiswa. –Oky Pitoyo Nugroho, M.Pd., guru matematika dan Pembina OSIS SMPN 21 Semarang

Kontak Kami
Jurusan Matematika FMIPA Unnes, Kampus Unnes Sekaran Gedung D7 lt 1, Jl. Raya Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telp./fax. (024)8508032
Email: matematika@unnes.ac.id
Website: http://matematika.unnes.ac.id

Diperbarui oleh: Rochsid Tri HP | Rabu, 20 Februari 2013 11:47

53 Komentar untuk “Pendidikan Matematika (S1)”

  1. Nur'alim

    Selasa, 12 Februari 2013 | 07:56

    Wah semakin bersemangat untuk masuk unnes prodi. ini nih di tahun 2014 semangat…..(^o^)

  2. wildan saputra

    Selasa, 26 Februari 2013 | 08:03

    apa kesulitan yang dihadapi apabila kita ingin masuk ke prodi ini?

  3. ariwibowo

    Selasa, 16 April 2013 | 20:27

    gimana cara daftarnya

  4. Dina fitria

    Jumat, 3 Mei 2013 | 12:14

    gimana cranya msuk prodi ini???
    kasih tau cranya,,aku minat ngambil matematika Unnes,,

  5. ester

    Jumat, 10 Mei 2013 | 19:54

    gmna cra daftarnya ?

  6. YOGA EKO SUWAHYU

    Jumat, 7 Juni 2013 | 19:26

    TOLONG BERITAHU CARA DAFTAR KE UNNES SECARA ONLIN.TOLONG…

  7. Fatma Nur Indriyati

    Sabtu, 17 Agustus 2013 | 12:29

    gimana caranya masuk prodi ini????
    apa syarat masuknya????

  8. NASTITI RIZQIKA NUR UTAMI

    Minggu, 29 September 2013 | 08:15

    semoga besok tahun 2014 bisa masuk prodi matematika unnes , amin yaAllah :)

  9. soffi amalia ulya

    Senin, 7 Oktober 2013 | 21:35

    gimana caranya untuk masuk prodi. ini??
    apakah ada kesulitannya???

  10. tiara anggraeni

    Senin, 21 Oktober 2013 | 20:11

    assalamualaikum wr.wb
    kak, untuk pendaftaran tahun ajaran 2014 di bukanya kapan? dan kira-kira peluang untuk masuk gimana? tolong kasih kami gambaran. Terima kasih.

  11. welan sugiarti

    Rabu, 30 Oktober 2013 | 10:54

    bismillahir ralamanir rahiim
    semoga bisa masuk prodi ini. aamiin

  12. ida septiyanti

    Senin, 11 November 2013 | 14:50

    kak,kapan pendaftaran nya d buka untuk thn 2014,dan persyaratn apa saja yang d perlukan ,,terima kasih

  13. ida septiyanti

    Senin, 11 November 2013 | 14:51

    kak,kapan pendaftaran untuk mahasiswa thn 2014 damn persyaratn apa saja yang di butuh kan
    terima kasih

  14. ida septiyanti

    Senin, 11 November 2013 | 14:53

    kak,kapan pendaftaran nya d buka untuk thn 2014,dan semoga saya bisa masuk,amin

  15. mellisa

    Rabu, 27 November 2013 | 08:00

    semoga bisa diterima di prodi ini amiiiiin ^-^

  16. Putri Pungkasari

    Kamis, 5 Desember 2013 | 15:31

    Semoga impian saya menjadi mahasiswa di unnes prodi ini dapat tercapai..aamiin :)

  17. agil dicky wibowo

    Minggu, 15 Desember 2013 | 22:14

    semoga aku diterima di prodi ini,, amiiiiiiiin,,,

  18. Uswatun Khasanah

    Jumat, 3 Januari 2014 | 21:19

    Assalammu’alaikum wr.wb.
    Kak,kalo masuk pake jalur SNMPTN gmn? Nilai rapot diambil dari semester brp aja? Apa nilai gg boleh naik turun ya?
    Mohon balasannya. Terima kasih

  19. ana hijriyah man model jambi

    Selasa, 7 Januari 2014 | 13:52

    I like unnes, semoga saya dapat menduduki kursi pendidikan matematikamu. Karena saya sangat yakin pada PTN unnes.. Ridoi dan bantulah saya ya allah . Amin, allahuakbar

  20. tiara argarini

    Minggu, 12 Januari 2014 | 20:07

    bismillah..beberapa bulan lagi saya akan menempati prodi ini :) aminn

  21. dewi ratna

    Senin, 13 Januari 2014 | 11:19

    semoga Dewi Ratna menjadi salah satu mahasiswa UNNES di prodi ini
    Amiin :)

  22. putri wulan

    Kamis, 30 Januari 2014 | 12:29

    semoga qhu bisa di terima bidikmisi di unnes dan mengambil prodi ini amiiien:)

  23. Yeni eka

    Sabtu, 1 Februari 2014 | 19:24

    assalamualaikum,
    kak, kalau lulusan SMK TI, bisa masuk prodi ini gak? soalnya minat di prodi ini,
    terimakasih

  24. Avienovica Agustina

    Minggu, 2 Februari 2014 | 11:33

    Bismillahirrahmanirrahim. Atas Ridho Allah semoga Avienovica Agustina dapat menjadi Mahasiswa Baru Pendidikan Matematika UNNES tahun 2014/2015. Amin
    SMK Negeri 1 Rembang

  25. Mega

    Kamis, 20 Februari 2014 | 16:49

    Gimana cara daftarnya ?

  26. muh barin

    Jumat, 21 Februari 2014 | 13:20

    Caranya mudah ga kak?

  27. Ika Deavy Martyaningrum

    Sabtu, 22 Februari 2014 | 12:07

    Semoga bisa menjadi Mahasiswa Baru Pendidikan Matematika 2014/2015, Amin ya Rab :)

  28. naelatuz zulfa

    Sabtu, 22 Februari 2014 | 17:36

    bismillah bisa!!!
    mahasiswi FMIPA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNNES…
    AMIN… :)

  29. Minggusta

    Minggu, 23 Februari 2014 | 15:21

    Ya Allah,, semoga bisa masuk ke UNNES… Aamiin :D

  30. Galuh Aprilia N

    Minggu, 23 Februari 2014 | 18:21

    assalamualaikum kak
    saya mau tanya untuk prodi ini , apakah dari smk jurusan elektro bisa masuk ?
    mohon jawabannya

  31. fathi muhamad

    Senin, 24 Februari 2014 | 19:31

    semoga saya masuk prodi ini untuk tahun 2014/2015..
    amin

  32. Cika DF

    Rabu, 26 Februari 2014 | 18:31

    tujuan pertama SNMPTN O:) Bismillah !!

  33. Iffi Martin

    Kamis, 27 Februari 2014 | 08:19

    Assalamualaikum,
    kalau lulusan SMK bisa masuk pendidikan Matematika apa tidak??

  34. lathifatul hamidah

    Sabtu, 1 Maret 2014 | 11:07

    di jurusan matematika boleh dari anak ips ?

  35. azizah

    Sabtu, 1 Maret 2014 | 13:03

    subhanalloh,,,, apa aku bisa masuk ya?? banyak banget yg minat

  36. Intantya

    Jumat, 7 Maret 2014 | 16:28

    semoga bisa masuk prodi ini, amin.
    ketentuan nilainya berapa? cara daftar gimana?

  37. nanda

    Rabu, 26 Maret 2014 | 14:43

    harus ipa nggak sih?

  38. ismail besar rizqi

    Rabu, 26 Maret 2014 | 15:19

    Sya lulusan smk jrusan elektro, apa bisa msuk jurusan ini dan apa syarat2 umumnyaa ?

  39. Mochammad Afif Ibadurrachman

    Rabu, 26 Maret 2014 | 16:24

    Hei hei saya Mochammad Afif Ibadurrachman, Saya dari SMK Daarut Tauhiid Boarding School. Memilih prodi ini di pdss, bersaing sehat yaa

  40. M Saiful Hadi

    Jumat, 28 Maret 2014 | 20:00

    kan saya ikut SNMPTN kalau masuk ini yg paling penting nilai rapor apa nilai UN ?

  41. maya illa fihim

    Rabu, 2 April 2014 | 10:29

    tetep optimis, walaupun dari smk

  42. Ifa Darna Nilasari

    Kamis, 17 April 2014 | 11:37

    Aaaaaaa~~
    Semoga bisa masuk^^ Aamiin :)

    “Prasangka Allaah selalu mengikuti prasangka hamba-Nya”

    Fighting!! ON FIRE^^

  43. sitinurjanah setyawati

    Jumat, 18 April 2014 | 10:52

    assalammualaikum
    kak wahh caranya daftar gimana kak
    kalau udah daftar snmptn pendidikan matematika trus daftar lewat bidikmisi bisa ketrima banyak nggak tahun lalu

  44. alif elya

    Jumat, 18 April 2014 | 14:46

    jalur mndiri pndftarannya mulai tgl brpa kak ?

  45. antika esty septiyani

    Selasa, 22 April 2014 | 14:25

    apa pendidikan matematika termasuk yg paling banyak dimintai?

  46. islachmaulanafalach

    Senin, 5 Mei 2014 | 10:10

    semoga aku ketrima. amiin

  47. Hidayatun Ni'mah

    Selasa, 6 Mei 2014 | 11:26

    mau tnya,daya tmpung unnes jalur UMPTN brp persen yah,.?

  48. Latasya Muthianisa

    Jumat, 20 Juni 2014 | 15:21

    semoga bisa masuk dan d terima amien :)

  49. Akhmad Janan Nurul Abha

    Selasa, 24 Juni 2014 | 18:32

    Semoga saya bisa lolos SBMPTN 2014 prodi Pend. Matematika.

    Aamiin ya Rabb. . .

  50. Muza

    Senin, 30 Juni 2014 | 15:35

    Asalamualaikum.
    Semoga keinginanku untuk masuk di prodi ini dengan jalur sbmptn bisa kesampean.
    Amin :)

  51. nanda

    Jumat, 1 Agustus 2014 | 12:25

    apakah masih idbuka pendaftaran untuk bidang pendidikan matematika

  52. Hafni Istiqomah

    Kamis, 25 September 2014 | 13:07

    4 tahun lagi sya akan menjadi salah satu mhasiswa di prodi ini.. ammiiinn

  53. Mathematics Sport

    Kamis, 16 Oktober 2014 | 09:32

    Salam kenal untuk para Pendidik di Unnes..

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top