Pendidikan IPA (S1)

Legalitas
Izin penyelenggaraan program studi S1 Pendidikan IPA dengan SK penyelenggaraan program studi Pendidikan IPA dari Dikti Nomor 498/D/T/2009, tertanggal 6 April 2009. Prodi Pendidikan IPA telah terakreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012.

Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Alamat
Kampus FMIPA Unnes, Gedung D-7 lantai 3 telp (024) 70805795, Jln. Sekaran Gunungpati Semarangwebsite http://ipa.unnes.ac.id/

Sejarah Singkat
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNNES berdiri tanggal 6 April 2009, sesuai dengan SK penyelenggaraan program studi Pendidikan IPA dari Dikti Nomor 498/D/T/2009 perihal ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA jenjang Sarjana (S1). Tahun akademik 2009/2010, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Unnes mulai menerima mahasiswa baru berjumlah 78 mahasiswa yang terbagi dalam 2 rombel. Pada tahun akademik yang sama, Pendidikan IPA juga mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program khusus S1 Pendidikan IPA dari Depag Propinsi Jawa Tengah berjumlah 40 mahasiswa melalui MEDP (Madrasah Education Development Program).  Pada perkembangannya Program studi pendidikan IPA telah memiliki mahasiswa 227 orang sampai tahun 2011, dan 33 peserta program S1 KKT (Kependidikan Kewenangan Tambahan).

Mahasiswa
Mahasiswa program studi pendidikan IPA saat ini berjumlah 227 orang mahasiswa dan 33 mahasiswa peserta S1 KKT. Dengan demikian sampai saat ini mahasiswa program studi S1 pendidikan IPA berjumlah 260 orang. Mahasiswa pendidikan masih dalam jangkauan pulau Jawa Tengah dan sekitarnya.  Mahasiswa pendidikan IPA berasal dari lulusan siswa SMA/MA dari jurusan IPA dan  SMK.

Dosen
Pada penyelenggaraan perkuliahan maka dosen dari program studi pendidikan IPA FMIPA Unnes berasal dari dosen Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan jumlah dosen pendidikan IPA  yang tetap adalah 5 orang dosen dengan 1 orang bergelar  doktor dan 4 orang dosen berpendidikan Magister (S2).

Alumni
Program Studi Pendidikan IPA belum meluluskan (alumni), sehingga program studi IPA FMIPA Unnes mulai meluluskan pada tahun 2013.

Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler dari mahasiswa terkoordinasi dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) misalnya kegiatan pramuka, olah raga, seni, karya ilmiah dan sebagainya.  Prestasi mahasiswa dalam kegiatan karya ilmiah adalah diterimanya 10 proposal PKM (Penelitian Kreativas Mahasiswa) pada tahun 2012 ini.

Mata kuliah
Mata kuliah dari program studi pendidikan S-1 IPA terdiri atas  mata kuliah untuk membekali profesionalisme guru mengajar, penguasaan materi pokok bidang ilmu IPA terpadu,  penguasaan bidang ICT dan media pembelajaran; serta jiwa kewirausahaan. Program studi pendidikan S1 IPA FMIPA Unnes menekankan pembelajaran IPA terpadu,  konservasi, dan pengusaan ICT dan media pembelajaran. Jumlah SKS yang harus ditempuh adalah 144 SKS.

17 Balasan ke “Pendidikan IPA (S1)”

  1. lita mengatakan:

    kira-kira lulusan dari ipa terpadu kerjanya harus guru apa bisa yang lain?terimakasih :)

  2. pd1-fmipa mengatakan:

    Lulusan prodi ipa tidak harus jadi guru IPA saja, tapi dapat jadi dosen IPA j atau tenga laporan untuk SMP/SMK. Lulusan pend IPA ditargetkan jd guru IPA SMP dan SMK.

  3. erwan mengatakan:

    bidang studi yang dipelajari apa aja ya?

  4. soeswati, S.Si. mengatakan:

    “kapan kkt akan dibuka lagi ?”

  5. F Priyadi mengatakan:

    Kapan Kuliah Hari Sabtu dan minggu S1 IPA, bagi yang sudah bekerja dibuka dari D3 jurusan yang serumpun ?

  6. wahyudi mengatakan:

    pengen disini,,
    tp IQ gua sanggup gk iia???

  7. zulfi mengatakan:

    bedanya apa sama fakults IPA yang lain?

  8. Devi Arma mengatakan:

    maaf,apakah pendidikan IPA termasuk prodi baru di UNNES?

  9. hesti mengatakan:

    pendidikan ipa itu belajar dasar nya ipa atau sama seperti mipa?

  10. mulyo nurul ain mengatakan:

    Peluang kerja dari prodi ini mudah atau tidak??

  11. rosa damayanti mengatakan:

    akreditasi prodi ini apa ya?

  12. Merlis mengatakan:

    kak mau tanya nie,, emang teknik informatika itu betul jurusan IPA iya???
    soalnya nie saya dari jurusan ipa,

  13. Bayu Widiyanto mengatakan:

    Bagus sekali ada Prodi IPA, alangkah baiknya Prodi IPA fokus pada PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup). Karena PLH mencangkup permasalahan Lingkungan Hidup yg ruang lingkupnya cukup luas. Persoalan LH tidak cukup hanya dengan mpljri 1 ilmu misal biologi, ada trkaitan dgn ilmu lainya misal sosial-ekonomi masyrkt. OKI hrs tersendiri. Sayang sekali kurklm 2013 mghilangkn Mapel IPA di SMK yg memuat PLH. Padahal persoalan Lingkungan Hidup adalah isu global yg hrs dipahami & dipecahkan oleh semua masyarakt.. Ayo dukung PLH mnjd Mapel tersendiri di Sekolah Dasar sampai Menengah.. trim

  14. Ahmadi mengatakan:

    Alhamdulillah saya sudah 1 tahun lebih mendapatkan sertifikasi guru IPA SMP, namun ijazah yang saya miliki bukan dari IPA tetapi juga ijazah kependidikan, saat ini ingin sekali saya ikut perkuliahan prodi IPA (s1), APAKAH SELURUH MATA KULIAH ITU DIAMBIL ATAU CUKUP MATAKULIAH YANG BELUM PERNAH DI TEMPUH, BAGAIMANA CARA MENDAFTARNYA? MHN PENCERAHAN. OK

  15. annida firdausa nst mengatakan:

    pelajaran nya seperti apa?

  16. Dewi lestari mengatakan:

    Apa bedanya pendidikan IPA dengan pendidikan guru SD?
    setelah lulus dari pendidikan IPA mengajar SD/SMP?
    Terima Kasih

  17. Kartikasari mengatakan:

    Apa bisa kalo dari SMK jurusan akuntansi masuk ke IPA?
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan