Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)

Akreditasi

Akreditasi B (Baik) berdasarkan SK.BAN-PT No. 002/ BAN-PT/S1/VI/2011 dengan izin penyelenggaraan No. 3333/D/T/2006 tanggal 1 September 2006.

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program studi yang paling diminati di Unnes. Pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) 2009, pendaftar mencapai 4.763 orang atau sekitar 24,7% seluruh pendaftar saat itu. Minat masyarakat meningkat pada SPMU 2010 dengan jumlah peserta mencapai 6.543 orang dan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 sebanyak 6.947 orang.

Keberadaan Prodi PGSD sudah dikenal oleh masyarakat sejak diselenggarakan D-2 PGSD pada 1991. Mulai 2006 PGSD FIP Unnes menyelenggarakan S-1 berdasarkan surat izin pendirian no 3333/D/T/2006 bertanggal 1 September 2006. Dari aspek masukan, calon mahasiswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah dan berasal dari berbagai jenis latar belakang pekerjaan, di antaranya PNS dosen/guru, PNS non dosen/guru, guru/dosen non-PNS, swasta/buruh, pensiunan, dan tentara/polisi. Sejumlah kekuatan dan keunggulan dimiliki prodi ini, seperti sarana dan prasarana yang memadai, laboratorium (IPA, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Microteaching, Keterampilan) dan pengajar berkualifikasi S-2 ( 95,89 %) dan S3 (2,7%), serta jaringan internet.

Mahasiswa
Mahasiswa PGSD berjumlah  2.008 orang dengan perincian S1 Program Reguler, S1 PJJ, dan S1 PPGT PGSD. Melalui seleksi yang ketat, setiap tahun PGSD menerima kurang lebih 500 mahasiswa baru.

Dosen
Dosen Program Studi PGSD Universitas Negeri Semarang berjumlah 73 orang dengan kualifikasi 2 doktor , 60 magister , 11 sarjana.

Mata Kuliah
Mata kuliah yang ditawarkan di prodi ini antara lain Strategi Pembelajaran, Komputer dan Media Pembelajaran di SD, Pendidikan Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Konsep Dasar IPA, Kajian Bahasa Indonesia SD, Kajian IPS SD, Psikologi Perkembangan, Pembelajaran Matematika SD, Konsep Dasar IPA, Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,  Pendidikan IPS SD, Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan Tangan, Pendidikan Lingkungan Hidup, Pendidikan Kewarganegaraan, Perspektif Global, Pendidikan IPA SD, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
SD Kelas Rendah, Pendidikan Kewarganegaraan SD, Bimbingan Konseling, Pembelajaran Matematika SD, Pendidikan Seni Drama Tari, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Seni Rupa, Statistika Pendidikan, Pengembangan Konsep Dasar IPA, Manajemen Kelas, Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal, dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Selain itu, Pendidikan Seni Musik, Pemecahan Masalah Matematika,  Pengembangan Kurikulum SD, Penelitian Pendidikan SD, Asesmen Pembelajaran SD, Pengembangan Pembelajaran IPA SD, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi, Pengembangan pembelajaran ips sd, penulisan karya ilmiah dan buku ajar, pembelajaran kelas rangkap, pengembangan pembelajaran bahasa indonesia sd, pengembangan pendidikan kewarganegaraan sd, profesi  keguruan,  penelitian pendidikan sd, pengembangan pembelajaran matematika sd, pembelajaran terpadu, praktikum ipa, kuliah kerja nyata, pendidikan multikultural, pengembangan bahan pelajaran sd, skripsi,  praktik pengalaman lapangan, pengantar ilmu pendidikan, filsafat pendidikan,  dan manajemen sekolah.

Ekstrakurikuler
Kegiata ekstrakurikuler yang bisa diikuti mahasiswa ini anatara lain Himpunan Mahasiswa Jurusan (Hima),  UKM Pramuka, UKM KSR, Warkop PGSD ( Karya Ilmiah Mahasiswa ), dan Teater. Lewat pembinaan kemahasiswaan, prestasi mahasiswa prodi ini antara lain   juara II mahasiswa berprestasi PGSD se-Jawa, juara II Lomba Karya Ilmiah Se-Jawa, dan juara I Lomba Gagas Tulis Ilmiah Se-Jawa.

Kata Alumni

“Setelah diwisuda Oktober 2011, saya berkesempatan mengikuti program SM-3T Dikti.Sekarang saya bertugas di SDN Sukadamai Kabupaten Aceh Besar. Selama kuliah, banyak sekali ilmu yang sata dapat, tidak hanya pedaogis tapi juga tentang kemasyarakatan. Dosennya  berpengalaman di bidangnya, terutama tetang pendidikan dasar.” –EKA YUDHA ARDIYANTO, S.Pd., peserta Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, terluar, dan Tertinggal

“Perkuliahan di jurusan ini sangat unik dibandingkan dengan jurusan lain. Mahasiswanya dikenal sangat disiplin dan sopan santun. Hal itu terwujud dari sistem yang dibangun bersama mulai dari mahasiswa, dosen, hingga karyawan. Pelayanan terhadap mahasiswa dalam perkuliahan dianggap sangat penting, di samping kegiatan di luar perkuliahan yang masih dalam pengawasan kampus. Hasilnya, diakui masyarakat akan kualitas lulusan PGSD Unnes. Tak mengherankan jika banyak orang tua yang ingin menguliahkan anaknya di jurusan ini.” –AMIN SUPRAYITNo, S.Pd.

Alamat

Jalan Bringin Raya No. 15 Wonosari Semarang
telp/fax :024-8660106,
e-mail:pgsdsemarang@yahoo.com,
facebook : Jurusan PGSD Semarang
Website : http://pgsd.unnes.ac.id

 


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 123.111 kali
EDITOR : Lintang Hakim

64 komentar pada “Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)

  1. ALL : informasi mengenai pendaftaran pgsd silahkan buka website spmu.unnes.ac.id karena semua penerimaan mahasiswa baru melalui website tersebut berikut info biaya dan tata cara..

    PGSD selalu JAYA,.,,, sukses untuk semua….:)

  2. kalau ingin masuk jurusan pgds lewat SNMPTN tapi dari jurusan ipa bisa ga? lalu kalau berdomisili dijakarta peluangnya bagaimana?

  3. Optimis saja bisa masuk PGSD karena meski peminatnya banyak passing gradenya tetap rendah
    SMU favorit jarang yg daftar ke PGSD

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X