Pendidikan Biologi (S1)


Pendidikan Biologi (S1)

Deskripsi Awal
Prodi Pendidikan Biologi adalah salah satu dari dua prodi yang ada di Jurusan Biologi. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan biologi dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi untuk tingkat pendidikan dasar sampai menengah bahkan tinggi dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial-budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi juga dibekali keterampilan kepariwisataan pendidikan (bioeduwisata) dan kewirausahaan (bioenterpreneurship) serta pengelolaan bidang kependidikan.

Mengapa Memilih
1. Sumberdaya manusia / dosen memiliki latar belakang bergam terkait dengan biologi dan pendidikan biologi
2. Sarana perkuliahan representatif
3. Didukung sarana laboratorium biologi dan microteaching yang memadai serta kebun wisata pendidikan
4. Pembelajaran berciri pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS)
5. Mengembangkan bioedutainment yang berbasis PAKEM
6. Laboratorium Microteaching dilengkapi peralatan studio pembuatan media pembelajaran yang memberi peluang pada mahasiswa mengembangkan diri sebagai ahli media
7. Memiliki unit-unit kegiatan kemahasiswaan yang berbasis pada penelitian (green community), kewirausahaan (cempaka biofarm, rumah teduh, rumah anggrek, rumah daun), kemanusiaan (KSR PMI), religi (familia), pengembangan diri (jasmina study club), musik (biology music club), kepramukaan, mahapala

Kompetensi Lulusan
1. Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah kependidikan biologi
2) Menguasai konsep teoritis bidang pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi
b. Kompetensi Pendukung
1) Mampu menyelenggarakan pembelajaran biologi menggunakan strategi inovatif yang berwawasan konservasi dalam suasana akademik yang demokratis.
2) Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai konservasi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya.
3) Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab.
c. Kompetensi Lain
1) mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi
2) bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

Deskripsi Perkuliahan
Mendukung visi universitas dan fakultas menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam bidang kependidikan biologi dan mampu berkompetisi dalam skala internasional serta bermakna bagi masyarakat dengan mengembangkan subjek-subjek perkuliahan kependidikan/pedagogi dan ilmu biologi (botani, zoologi, bioteknologi, ekologi, dan lingkungan) berkarakter konservasi, diselenggarakan menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), dan membekali mahasiswa agar mampu meneliti khususnya bidang penelitian pendidikan biologi

Cerita Alumni
1. Andis Rinjani Vicaningtyas (Angkatan tahun 2004, lulus Agustus 2008, IPK 3.24)
– Setelah lulus mengajar di Lembaga Bimbingan Belajar NEUTRON Yogyakarta untuk mata pelajaran Biologi kelas 3 SMP dan 1,2,3 SMA.

– KESAN : Belajar di Jurusan Biologi FMIPA Unnes dapat memberikan bekal sebagai pengajar yang berkualitas, dan mendapat skill bidang bioedutainment maupun pembuatan produk bioteknologi yang dapat diterapkan di luar kegiatan mengajar.
Kurikulum yang diterapkan mendukung penyelesaian studi tepat waktu.
Dosen-dosennya professional di bidangnya, sarana dan prasarana terutama laboratorium cukup memadai.

– PESAN : masih perlu penambahan koleksi perpustakaan dan peralatan laboratorium, dan penambahan materi praktikum yang mengikuti perkembangan IPTEK (berdasarkan pengamatan ybs sebelum lulus 3 tahun yang lalu). Kinerja dosen dalam pelayanan dan pembimbingan mahasiswa agar dipertahankan, atau bila memungkinkan dapat ditingkatkan.

2. Novi Nur Rahmawati (Angkatan tahun 2007, lulus Agustus 2011, IPK 3.46)
– Setelah lulus mengikuti Program SM3T (Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar dan Terdalam) dan ditempatkan di Aceh Besar, Kecamatan Seulimuem, SD 2 Tanoh Abee)

– KESAN : Belajar di Jurusan Biologi FMIPA Unnes sangat menyenangkan, banyak ilmu yang didapat, kompetensi dosen sangat mendukung kompetensi dan profesionalitas alumni di dunia kerja.

– PESAN : agar dapat diperbanyak mata kuliah yang berhubungan dengan laboratorium yang dapat menjadi bekal bagi lulusan di masa depan.

Kontak Kami
Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi FMIPA UnnesGd. D6 Lt.1, Kampus Sekaran-Gunungpati-Semarang 50229. Telp. 024 8508033. Fax. 024 8508033. email: pbiounnes@rocketmail.com. website: biologi.unnes.ac.id

Kurikulum


Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Keterangan Semester Wajib
15U00010Bahasa Inggris2T1Y
15J00398Biologi Umum3T/P1Y
15J00402Fisika untuk biologi3T/P1Y
15J00407Kimia untuk biologi3T/P1Y
15J00408Matematika untuk biologi3T1Y
15U00008Pendidikan Kewarganegaraan2T1Y
15U00012Pendidikan Konservasi2T1Y
15U00007Pendidikan Pancasila2T1Y
15U00009Bahasa Indonesia2T2Y
15J00395Biokimia3T/P2Y
15J00401Evolusi2T2Y
15U00005Pendidikan Agama Budha2T2Y
15U00004Pendidikan Agama Hindu2T2Y
15U00001Pendidikan Agama Islam2T2Y
15U00002Pendidikan Agama Katholik2T2Y
15U00006Pendidikan Agama Konghuchu2T2Y
15U00003Pendidikan Agama Kristen2T2Y
15U00013Pengantar Ilmu Pendidikan2T2Y
15F00033Statistika2T2Y
15J00413Struktur Tubuh Hewan3T/P2Y
15P01829Teknik dan Pengelolaan Laboratorium Biologi2T/P2Y
15P01827Telaah Biologi Kurikulum SMP2T2Y
15U00011Kewirausahaan2T3Y
15J00409Mikrobiologi3T/P3Y
15J00411Morfologi Tumbuhan3T/P3Y
15U00014Psikologi Pendidikan2T3Y
15P01830Strategi Pembelajaran Biologi3T3Y
15J00412Struktur Jaringan Hewan3T/P3Y
15J00416Teknik Penulisan Ilmiah2T3Y
15P01828Telaah Kurikulum Biologi SMA2T3Y
15J00393Anatomi Tumbuhan3T/P4Y
15J00397Biologi Sel2T4Y
15J00400Ekologi4T/P4Y
15P01831Evaluasi pengajaran Biologi3T4Y
15J00403Fisiologi hewan4T/P4Y
15U00016Manajemen Sekolah2T4Y
15P01825Mikrobiologi Terapan2P4Y
15U00015Bimbingan Konseling2T5Y
15P01824Embriologi2T/P5Y
15J00404Fisiologi Tumbuhan4T/P5Y
15J00405Genetika4T/P5Y
15P01834Metode Penelitian Pendidikan2T5Y
15J00410Mikroteknik2T/P5Y
15P01832Pengelolaan Pengajaran Biologi2T5Y
15P01823Taksonomi Jamur dan Alga2T5Y
15P01822Anatomi Fisiologi Manusia3T/P6Y
15J00396Biologi Molekuler3T/P6Y
15J00399Dasar-Dasar Bioteknologi2T6Y
15J00406Gizi dan Kesehatan2T6Y
15P01833Microteaching Biologi1P6Y
15P01835Proposal dan Seminar2P6Y
15J00414Taksonomi Hewan4T/P6Y
15J00415Taksonomi Tumbuhan4T/P6Y
15U00019Kuliah Kerja Nyata4L7Y
15U00017Praktik Pengalaman Lapangan 12P7Y
15U00018Praktik Pengalaman Lapangan 24P7Y
15U00021Skripsi6T7Y
15J00394Bahasa Inggris untuk Biologi2T8Y
15P01838Biologi Terapan2T/P8N
15P01826Dasar Kultur Jaringan2T8Y
15P01845Geologi Dasar2T8N
15P01839Kewirausahaan Berbasis Biologi2T/P8N
15P01836Media Pembelajaran inovatif2T/P8N
15P01840Microteaching Berbahasa Inggris2T/P8N
15P01841Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar2T/P8N
15P01842Pengelolaan Sumber Belajar2T8N
15P01843Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan2T8N
15P01844Pertamanan2T8N
15P01837Teknik Kultur Jaringan Tumbuhan2T/P8N

DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 19.942 kali
EDITOR : Lintang Hakim

7 komentar pada “Pendidikan Biologi (S1)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *