Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Deskripsi Awal

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdiri sejak tahun 1965. Pada saat ini masih bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Semarang). Seiring dengan perkembangan IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mulai tahun 1999 sampai sekarang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu Program Studi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Mengapa Memilih

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor lulusan dalam dan luar negeri. Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Prodi ini pun selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, Prodi ini juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Bahasa Inggris FBS Unnes banyak diserap dengan cepat oleh para stakeholder dan bekerja sesuai dengan bidangnya baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri.

Deskripsi Perkuliahan

Perkuliahan mencakup semua skills dan komponen bahasa Inggris serta materi pedagogis dan mata kuliah umum secara proporsional dan komprehensif. Diantara mata kuliahnya adalah Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktek Pengalaman Lapangan, dan lain-lain.

Cerita Alumni

1. “Ketika lulus SMA saya merasa tidak bisa berbahasa Inggris. Setelah lulus S1, bahasa Inggris bukan lagi hambatan bagi saya, dan dengan kemampuan bahasa Inggris saya, saya bisa memperoleh banyak kesempatan emas seperti mendapat Grant untuk presentasi di luar negeri, serta kesempatan-kesempatan program luar negeri lainnya.” (Dr. Issy Yuliasri, M.Pd. – Alumni Angkatan 1984)
2. “Yang spesial tentang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes ini adalah bagaimana Program Studi mendukung kegiatan yang mampu memperkaya life skill saya. Saya didukung untuk menghidupkan kembali Teater “Mirror” yang kemudian sangat berperan dalam rangkaian hidup saya baik sebagai guru maupun sekarang sebagai diplomat. Secara akademis, Mata Kuliah seperti ESP, CCU, Listening, Speaking, Reading, dan Writing juga memberi bekal sangat penting bagi seorang diplomat.” (Hanung Nugraha, S.Pd. – Alumni Angkatan 1994)
3. “Ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes telah mampu membantu mengembangkan potensi dan bakat saya secara optimal. Studying in the English Department of Unnes was one of my best decisions.” (Rohani, S.Pd., M.A. – Alumni Angkatan 1996)

Kontak Kami

Gedung B3 dan B8 Kampus Sekaran,
Jalan Raya Sekaran Gunungpati
Telp/Fax: 024-8508071 Semarang 50229
Email: uness_english@yahoo.com

75 responses to “Pendidikan Bahasa Inggris (S1)”

  1. eka pipit vitaloka mengatakan:

    Cara daftarnya gmna ya kak?

  2. Nanno Suharno mengatakan:

    Saya “Nanno” a student at La Trobe University – Australia” baru saja selesai menulis buku saya yang kedua dan published websitenya yaitu tentang bagaimana caranya secara mandiri dapat menguasai bahasa Inggris dengan benar sehingga menguasai 4 skill bahasa Inggris sekaligus. Agar tujuan tersebut tercapai, maka saya bekerja sama dengan Professor Bahasa Inggris dari the University of California – Amerika Serikat sehingga semua latihannya merupakan native English speakers lengkap dengan audio file-nya. Bukunya adalah Mastering Real English yang menguraikan pendekatan komprehensif untuk menguasai Real English dengan menggunakan Real Method, Real Practice, dan Real Exercises yang membimbing bagaimana mengungkapkan pikiran, kejadian, dan cerita secara lisan dan tulisan sebagaimana yang digunakan sehari-hari oleh native English speakers. Untuk informasi lebih lanjut bisa email ke masteringrealenglish@gmail.com atau kunjungi website ini http://www.masteringrealenglish.com/.

  3. Rahma Dalima Nur mengatakan:

    . kak,saya bingung memilih antara pendidikan bahasa inggris atau sastra inggris . saya suka bahasa inggris,tapi klai ini saya benar-benar bingung . kira-kira supaya bisa diterima dijurusan pendidikan atau sastra inggris kriteria nilainya gimana kak ? terus nilai yang digunakan sebagai patokan itu pelajaran apa saja?lebih baik mana kak ? rata-rata nilai rapor grafiknya waktu semester 1-4 naik,tapi waktu semester 5 turun drastis atau rata-rata nilai rapor dari semester 1-5 grafiknya naik walaupun naiknya hanya sedikit .mohon dijawab lewat email ya kak . masih banyak yang ingin saya tanya kan .
    terima kasih

  4. Febri Ayu Setiyorini mengatakan:

    wahhhh aku juga pengen kuliah pendidikan bahasa inggris :)
    Mudah mudahan takdir berkata baik buat cita cita ku ini .. aamiiiennn

  5. amalia mengatakan:

    kak mau tanya kuota sastra inggris taun ini berapa ya?

  6. Nurul Huda mengatakan:

    Bhs inggris mendunia cesss

  7. Kukuh W mengatakan:

    Ah… Gagal SNMPTN, padahal pengin banget masuk PBI UNNES.
    Bissmillah semoga UNNES mau nerima saya di jalur SBMPTN tahun ini. :D

  8. afitnur mengatakan:

    to admin : mau nanya nih, apa dari d3 bahasa inggris bisa transfer ke s1 sastra inggris

  9. Dyah Putri mengatakan:

    saya mau tanya, peluang kerja antara jurusan pendidikan bahasa inggris dengan sastra inggris besar yang mana?

  10. oktavia wayan mengatakan:

    bedanya pendidikan bahasa inggris sama sastra inggris itu apa yaa ? :)

  11. Firly Lutfiana Prahardini mengatakan:

    kak saya mau tanya, saya sudah di terima di pend basa inggris lewat sbmptn, saya sudah isi data pokok, nah saya mau lihat saya dpt ukt berapa tp kok laman registrasi unnes tidak bisa di buka ya? tampilannya hanya muncul tulisan ‘database peg tidak dapat di buka’. itu gimana kak?? mohon balas. trimakasih.

  12. winda feyan mengatakan:

    d unnes ada beasiswa ny gk??

  13. Linda Ariesti mengatakan:

    maaf , untuk d3 bahasa inggris bisa alih jenjang ke s1 pend. bahasa inggris tidak ya? terimakasih

  14. bahtyar mengatakan:

    Maaf,mau nanya apakah di unnes khususnya di fakultas pendidikan bahasa Inggris, membuka kelas sabtu minggu? Terimakasih.

  15. Aldi mengatakan:

    Kalo MIA Masuk Ke Pnd.Bahasa Inggris Bisa Gak yah??

  16. Syiffa Sandi mengatakan:

    buat tets gelombang 1 nya kapan yah? maksasih

  17. ayu shabira mengatakan:

    Kak, aku SMK jurusan tehnik komputer. Kalo kuliah ambil pendidikan bahasa inggris bisa gak ya? Ada persyaratan khusus lainnya gak? trims :)

  18. sri mengatakan:

    Kak aq sudah mnempuh d3 akuntansi, tp aq pgn msuk pndidikan inggris s1 unnes utk thn 2015 bs mhon mnt princian biaya nya ga ka smp lulus s1 brp. Dtggu d email y ka.. mksi.

  19. Rosita mengatakan:

    Kalau dr jurusan IPA boleh masuk prodi pend. Bhs.Inggris ini gak kak??
    Bingung nih, udh seneng” kepingin kuliah disinii :(

  20. Tika mengatakan:

    kuota bidik misi thn 2015 berapa ya?

  21. silvia mengatakan:

    terakreditasi apa ya ? udah buka pendaftaran ?

  22. Ar Biqih mengatakan:

    Assalamualaikum…
    Kuota untuk pendidikan B.inggris di UNNES tahun 2015 berapa?? Sama dibuka daftarnya tanggal berapa??

  23. Auliya Auliya mengatakan:

    .assalamu’alaikum
    .saya mau tanya. Dan mohon dijawab.
    Saya dr SMA jurusan IPA. Saya ingin sekali masuk di Prodi pendidikan bahasa inggris. Alkhamdulillah nilai b.inggris saya selalu meningkat. Apakah SMA jurusan IPA bisa daftar d prodi B. inggris lewat jalur SNMPTN ?

  24. mila nindia mengatakan:

    kak kalo mau di pendidikan bahasa inggris lewat jalur snmptn berarti nilai minimal di rapor brp ?

  25. Kampung Inggris mengatakan:

    Selamat dan sukses prodi Pendidikan Bahasa Inggris..Salam dari Kampung Inggris….Makasih ya…

Tinggalkan Balasan