Pendidikan Bahasa Inggris (S1)


Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Deskripsi Awal

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdiri sejak tahun 1965. Pada saat ini masih bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Semarang). Seiring dengan perkembangan IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mulai tahun 1999 sampai sekarang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu Program Studi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Mengapa Memilih

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor lulusan dalam dan luar negeri. Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Prodi ini pun selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, Prodi ini juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Bahasa Inggris FBS Unnes banyak diserap dengan cepat oleh para stakeholder dan bekerja sesuai dengan bidangnya baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri.

Deskripsi Perkuliahan

Perkuliahan mencakup semua skills dan komponen bahasa Inggris serta materi pedagogis dan mata kuliah umum secara proporsional dan komprehensif. Diantara mata kuliahnya adalah Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktek Pengalaman Lapangan, dan lain-lain.

Cerita Alumni

1. “Ketika lulus SMA saya merasa tidak bisa berbahasa Inggris. Setelah lulus S1, bahasa Inggris bukan lagi hambatan bagi saya, dan dengan kemampuan bahasa Inggris saya, saya bisa memperoleh banyak kesempatan emas seperti mendapat Grant untuk presentasi di luar negeri, serta kesempatan-kesempatan program luar negeri lainnya.” (Dr. Issy Yuliasri, M.Pd. – Alumni Angkatan 1984)
2. “Yang spesial tentang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes ini adalah bagaimana Program Studi mendukung kegiatan yang mampu memperkaya life skill saya. Saya didukung untuk menghidupkan kembali Teater “Mirror” yang kemudian sangat berperan dalam rangkaian hidup saya baik sebagai guru maupun sekarang sebagai diplomat. Secara akademis, Mata Kuliah seperti ESP, CCU, Listening, Speaking, Reading, dan Writing juga memberi bekal sangat penting bagi seorang diplomat.” (Hanung Nugraha, S.Pd. – Alumni Angkatan 1994)
3. “Ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes telah mampu membantu mengembangkan potensi dan bakat saya secara optimal. Studying in the English Department of Unnes was one of my best decisions.” (Rohani, S.Pd., M.A. – Alumni Angkatan 1996)

Kontak Kami

Gedung B3 dan B8 Kampus Sekaran,
Jalan Raya Sekaran Gunungpati
Telp/Fax: 024-8508071 Semarang 50229
Email: uness_english@yahoo.com

Kurikulum


Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Keterangan Semester Wajib
15J00197Intensive Grammar4T1Y
15J00198Intensive Listening2T1Y
15J00199Intensive Reading4T1Y
15J00200Intensive Speaking4T1Y
15J00201Intensive Writing4T1Y
15U00012Pendidikan Konservasi2T1Y
15J00191Elementary English Grammar2T2Y
15J00192Elementary Reading Comprehension2T2Y
15J00203Intermediate Listening Comprehension2T2Y
15J00205Interpersonal and Transactional Conversation2T2Y
15P00903Introduction to Literary Studies2T2Y
15U00013Pengantar Ilmu Pendidikan2T2Y
15J00210Pronunciation Practice2T2Y
15J00212Sentenced-based Writing2T2Y
15J00214Suprasegmental-based English Phonetics2T2Y
15J00215Word-based Lexical Studies2T2Y
15J00187Advanced Listening Comprehension2T3Y
15J00196Idiom-based Lexical Studies2T3Y
15J00202Intermediate English Grammar2T3Y
15J00204Intermediate Reading Comprehension2T3Y
15J00209Paragraph-based Writing2T3Y
15U00007Pendidikan Pancasila2T3Y
15F00029Pengantar Ilmu Budaya2T3Y
15P00904Poetry2T3N
15U00014Psikologi Pendidikan2T3Y
15J00211Segmental-based English Phonetics2T3Y
15J00213Speaking for General Purposes2T3Y
15F00033Statistika2T3Y
15J00186Advanced English Grammar2T4Y
15J00188Advanced Reading Comprehension2T4Y
15J00189Book Report and Review2T4Y
15P00906Cross Cultural Understanding2T4Y
15J00190Debate2T4Y
15J00194Genre-based Writing2T4Y
15J00206Introduction to Linguistics2T4Y
15U00011Kewirausahaan2T4Y
15U00016Manajemen Sekolah2T4Y
15U00005Pendidikan Agama Budha2T4Y
15U00004Pendidikan Agama Hindu2T4Y
15U00001Pendidikan Agama Islam2T4Y
15U00002Pendidikan Agama Katholik2T4Y
15U00006Pendidikan Agama Konghuchu2T4Y
15U00003Pendidikan Agama Kristen2T4Y
15U00008Pendidikan Kewarganegaraan2T4Y
15P00905Prose2T4N
15P00907Academic Writing2T5Y
15U00009Bahasa Indonesia2T5Y
15U00015Bimbingan Konseling2T5Y
15P00914Drama2T5N
15P00912English Language Curriculum Development2T5Y
15J00193English Syntax2T5Y
15P00908EnglishIndonesian Translation2T5Y
15P00910Extensive Reading2T5Y
15P00915Research in Language Education (TESOL)2T5Y
15P00909Speaking for Instructional Purposes2T5Y
15P00911Theories and Principles in TESOL2T5Y
15P00913Theories and Principles of Language Assessment2T5Y
15P00918Approaches and Methods in TESOL2T6Y
15P00924ELT across Curriculum2T6Y
15P00923ELT for Young Learners2T6N
15J00195Grammar, Meaning, and Discourse2T6Y
15P00921ICT in Language Learning2T6Y
15P00916IndonesianEnglish Translation2T6Y
15P00926Interpreting2T6Y
15P00917Introduction to Second Language Acquisition (SLA)2T6N
15P00920Language Assessment Administration2T6Y
15P00922Literary Appreciation2T6N
15P00925Research in Linguistics2T6Y
15P00919Teaching Material Development2T6Y
15U00019Kuliah Kerja Nyata4L7Y
15U00017Praktik Pengalaman Lapangan 12P7Y
15U00018Praktik Pengalaman Lapangan 24P7Y
15U00021Skripsi6T7Y
15P00928English Course Management2T8N
15P00932English for Business2T8N
15P00937Extensive Grammar4T8N
15P00934Extensive Listening4T8N
15P00935Extensive Speaking4T8N
15P00936Extensive Writing4T8N
15P00931Journalism2T8N
15P00930Textbook Review and Writing2T8N
15P00938Thesis Writing4T8N
15P00933Topics in Applied Linguistics2T8N

DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 45.156 kali
EDITOR : Lintang Hakim

75 komentar pada “Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

  1. Saya “Nanno” a student at La Trobe University – Australia” baru saja selesai menulis buku saya yang kedua dan published websitenya yaitu tentang bagaimana caranya secara mandiri dapat menguasai bahasa Inggris dengan benar sehingga menguasai 4 skill bahasa Inggris sekaligus. Agar tujuan tersebut tercapai, maka saya bekerja sama dengan Professor Bahasa Inggris dari the University of California – Amerika Serikat sehingga semua latihannya merupakan native English speakers lengkap dengan audio file-nya. Bukunya adalah Mastering Real English yang menguraikan pendekatan komprehensif untuk menguasai Real English dengan menggunakan Real Method, Real Practice, dan Real Exercises yang membimbing bagaimana mengungkapkan pikiran, kejadian, dan cerita secara lisan dan tulisan sebagaimana yang digunakan sehari-hari oleh native English speakers. Untuk informasi lebih lanjut bisa email ke masteringrealenglish@gmail.com atau kunjungi website ini http://www.masteringrealenglish.com/.

  2. . kak,saya bingung memilih antara pendidikan bahasa inggris atau sastra inggris . saya suka bahasa inggris,tapi klai ini saya benar-benar bingung . kira-kira supaya bisa diterima dijurusan pendidikan atau sastra inggris kriteria nilainya gimana kak ? terus nilai yang digunakan sebagai patokan itu pelajaran apa saja?lebih baik mana kak ? rata-rata nilai rapor grafiknya waktu semester 1-4 naik,tapi waktu semester 5 turun drastis atau rata-rata nilai rapor dari semester 1-5 grafiknya naik walaupun naiknya hanya sedikit .mohon dijawab lewat email ya kak . masih banyak yang ingin saya tanya kan .
    terima kasih

  3. wahhhh aku juga pengen kuliah pendidikan bahasa inggris :)
    Mudah mudahan takdir berkata baik buat cita cita ku ini .. aamiiiennn

  4. Ah… Gagal SNMPTN, padahal pengin banget masuk PBI UNNES.
    Bissmillah semoga UNNES mau nerima saya di jalur SBMPTN tahun ini. :D

  5. saya mau tanya, peluang kerja antara jurusan pendidikan bahasa inggris dengan sastra inggris besar yang mana?

  6. kak saya mau tanya, saya sudah di terima di pend basa inggris lewat sbmptn, saya sudah isi data pokok, nah saya mau lihat saya dpt ukt berapa tp kok laman registrasi unnes tidak bisa di buka ya? tampilannya hanya muncul tulisan ‘database peg tidak dapat di buka’. itu gimana kak?? mohon balas. trimakasih.

  7. Kak, aku SMK jurusan tehnik komputer. Kalo kuliah ambil pendidikan bahasa inggris bisa gak ya? Ada persyaratan khusus lainnya gak? trims :)

  8. Kak aq sudah mnempuh d3 akuntansi, tp aq pgn msuk pndidikan inggris s1 unnes utk thn 2015 bs mhon mnt princian biaya nya ga ka smp lulus s1 brp. Dtggu d email y ka.. mksi.

  9. .assalamu’alaikum
    .saya mau tanya. Dan mohon dijawab.
    Saya dr SMA jurusan IPA. Saya ingin sekali masuk di Prodi pendidikan bahasa inggris. Alkhamdulillah nilai b.inggris saya selalu meningkat. Apakah SMA jurusan IPA bisa daftar d prodi B. inggris lewat jalur SNMPTN ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *