Matematika (S1)

Akreditas

Akreditas B (Baik) berdasarkan No SK 044/BAN-PT/S1/VI/2011

Gelar

Sarjana Sain (S.Si.)

Deskripsi
IKIP Semarang disahkan berdiri dengan Keputusan Presiden No. 271 tahun 1965 tanggal 14 September 1965. Adanya surat Keputusan Presiden No. 124 Tahun 1999 tentang perubahan IKIP menjadi Universitas, memberi kesempatan kepada IKIP Semarang untuk memperoleh wider mandate, yaitu untuk mengelola program non kependidikan. Oleh karena itu, mulai tanggal 7 Oktober 1999 IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/0/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang, nama FPMIPA juga diubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan Pendidikan Matematika selanjutnya diubah menjadi Jurusan Matematika dengan dua program studi yaitu Program Studi S1 Pendidikan Matematika dan Program Studi S1 Matematika.
Jumlah Dosen Prodi Matematika:
Jumlah Dosen Prodi Matematika adalah 30 orang terdiri atas 10 orang doktor (3 diantaranya adalah profesor ) dan 20 orang magister.

Keunikan Prodi Matematika:
Mahasiswa Prodi Matematika dibekali dengan Kemampuan Kewirausahaan sehingga lulusannya mempunyai jiwa kewirausahaan.

Prestasi Mahasiswa Prodi Matematika:
- IPK Tertinggi fakultas Tahun Akademik Gasal 2011/2012
- IPK Tertinggi fakultas Tahun Akademik Genap 2011/2012
- Juara 1 Lomba Karya Tulis Mahasiswa Simposium Nasional Tahun 2009
- Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Program Kreativitas Pramuka Perguruan Tinggi II di UMS Surakarta Tahun 2007
- Finalis PIMNAS XXII Tahun 2009
- Finalis Kontes Roket Indonesia Tahun 2009
- Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah se-Jawa Sumatera Tahun 2009
- Finalis National Writing Competition 2012 di Universitas Muhammadiyah Makasar
- Finalis KKGT KIME 2012 di Universitas Negeri Semarang
- Juara 3 LKTIP 2012 Dinas Pendidikan Jawa Tengah
- Juara Favorit Challage Sharia Bussines Plan 2012 di Universitas Airlangga

Peluang Mengembangkan Diri Prodi Matematika:
Mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam bidang akademik maupun non akademik melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, misalnya: Kelompok Ilmiah Matematika (KIM), Mathematics English Club (MEC), Mathematics Computing Club (MCC), Mathematics Study Club (MSC), TheMathe, Study Islamic Group of Mathematics (SIGMA), Mathematics Jurnalistic Club (MJC). Selain kegiatan-kegiatan di atas mahasiswa Prodi Matematika juga mengikuti beberapa kegiatan diselenggarakan baik oleh fakultas maupun universitas seperti Paduan Suara, Pramuka, KSR, Menwa, Pers dan radio kampus, dan Mahapala.
Mata Kuliah yang ditawarkan memungkinkan lulusan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Menguasai secara cerdas dan tanggung jawab teori dasar dan konsep aplikasi dasar matematika murni (aljabar, geometri, dan analisis), statistika, dan komputasi dan mendalami salah satu bidang minatnya (meliputi sebagian besar dasar-dasar persamaan diferensial, struktur aljabar atau aljabar linear, metode numerik, analisis real dan kompleks, teori peluang dan statistika, matematika diskrit).
2) Mampu dengan cerdas dan penuh tanggung jawab menerapkan konsep dan prinsip dasar matematika dalam pengembangan keilmuan, khususnya matematika.
3) Memahami bukti yang ada secara kritis dan cerdas serta mampu memberikan bukti pernyataan matematika.
4) Menguasai prinsip dasar, mampu melaksanakan, dan menyampaikan hasil-hasil penelitian (kajian) di bidang matematika, statistika atau komputasi yang akurat dalam bentuk laporan atau kertas kerja dengan jujur, santun, dan penuh tanggung jawab.
5) Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang peduli terhadap prinsip-prinsip konservasi.
6) Mampu menyelesaikan permasalahan dengan cerdas di berbagai bidang dalam lingkup sederhana dengan memanfaatkan pendekatan secara matematik (mengamati, mengenali, merumuskan, melakukan pendekatan, dan interpretasi suatu model, dan simulasi) pada data yang tersedia secara layak dan sahih, dengan menghasilkan model pemecahan masalah yang sesuai dengan fenomena masalah.
7) Bertanggung jawab pada bidang pekerjaan yang membutuhkan keahlian matematik, mempunyai integritas keilmuan, dan dapat bekerja dalam kelompok dengan santun.
8) Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri, secara efektif dan bertanggung jawab mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidang matematika atau masyarakat umum.
b. Kompetensi Pendukung
1) Mampu menggunakan secara cerdas konsep dan prinsip dasar matematika yang didukung oleh kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam permasalahan praktis.
2) Memiliki kemampuan untuk berwirausaha dengan jujur dan tangguh baik dalam bidang matematika dan terapannya.
c. Kompetensi Lain
1) Mampu menggunakan bahasa Inggris dengan cerdas dan santun baik untuk membaca/memahami buku teks matematika maupun untuk komunikasi.
Deskripsi Perkuliahan Prodi Matematika:
Subjek kuliah yang dipelajari meliputi kelompok statistika, analisis, aljabar, geometri, matematika terapan, dan komputasi.
Pendekatan pembelajaran yang diterapkan melibatkan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Pemahaman mahasiswa terhadap suatu subjek kuliah diperkuat dengan adanya kegiatan praktik.

Kata Alumni
“Pertama kali masuk prodi matematika senang karena ada ngitung2nya, begitu masuk semester berikutnya mulai pusing karena banyak yang abstrak, tetapi ternyata cukup menyenangkan karena dosen dan teman-teman yang juga menyenangkan. Selain itu kegiatan di luar kuliah juga banyak dan mendukung untuk kehidupan bermasyarakat kelak. Walaupun kami bekerja di lapangan namun ilmu matematika dan logika sangat dibutuhkan dalam pekerjaan saya di BPS,”– IKA MAULINA ADITYA, BPS Kab. Pati
“Alhamdulillah… atas kebesaran Allah, saya berhasil menyelesaikan studi selama 4 tahun di Jurusan Matematika. Terima kasih kepada segenap dosen matematika atas disiplin dan ilmu yang telah diajarkan hingga sekarang saya bisa mengabdi di sebuah perusahaan minyak dan gas. Terima kasih Matematika-ku. Barakallah …,” — ALI AKBAR

Alamat
Alamat Kantor : Gedung D7 lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang 50229.
Telepon : (024)8508032
Faksimil : (024)8508032
e-mail : matematika@unnes.ac.
Website Jurusan: http://matematika.unnes.ac.id

Diperbarui oleh: Agestia Putri Nusantari | Kamis, 21 Februari 2013 15:20

7 Komentar untuk “Matematika (S1)”

  1. Hikayatul Fitriyah Naelal Azizah

    Rabu, 13 Februari 2013 | 21:04

    cara mw daftar gmna si ?

  2. dhevi

    Jumat, 3 Mei 2013 | 09:39

    apasaja pkerjaan yg bisa d tekuni stelah lu2s prodi ini???????

  3. rifki setiawan

    Kamis, 30 Mei 2013 | 11:30

    SMA IPS bisa masuk ke jurusan matematika ngga ?

  4. wahyu lestari

    Kamis, 2 Januari 2014 | 11:02

    prodi matematika kalo setelah lulus bisa bekerja di bidang apa aja??

  5. dwita

    Kamis, 27 Februari 2014 | 14:36

    prodi matematika menyenangkn

  6. Bagus

    Jumat, 28 Maret 2014 | 13:37

    Prospek Matematika murni itu bagaimana?
    Bisa bekerja dimana saja? (tolong sebutkan semua)

  7. Rinta Seftyawati Putri

    Minggu, 6 Juli 2014 | 21:27

    ass.wr.wb
    saya mau nnya, saya kan anak ips bisa ga masuk jurusan matematika lewat undangan?

    makasih

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top