Kimia (S1)

Akreditasi Prodi

B ( Baik) sampai tahun 2016

Gelar Lulusan

Sarjana Sains (S.Si)

Deskripsi Awal
Sejalan dengan perubahan IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tanggal 27 Januari 2000, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang, nama FPMIPA juga diubah menjadi FMIPA dengan jurusan Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi yang tidak hanya mengelola program studi kependidikan tetapi juga program studi non kependidikan. Mulai saat itulah Program Studi Kimia S1 mulai berdiri. Program Studi Kimia S1 berada pada lokasi yang sama dengan program studi yang lain yaitu di Gedung D FMIPA. Lokasi yang strategis di Jalan Raya Sekaran, Gunungpati Kota Semarang, memberikan kemudahan berbagai fasilitas bagi mahasiswa baik sarana transportasi, pertokoan, perbankan, poliklinik, pusat kuliner, tempat ibadah, tempat parkir, dsb.

Sebagai sarana peningkatan kualitas dan profesionalisme lulusan, proses perkuliahan dilaksanakan di Gedung berlantai 3 yang nyaman dilengkapi dengan LCD proyektor serta gedung laboratorium yang representatif, Program Studi Kimia memiliki 6 ruang laboratorium yaitu Lab. Kimia Dasar, Lab. Bioorganik, Lab. Kimia Fisika, Lab. Kimia Analitik, Lab. Kimia Anorganik, Lab. Komputasi dan Lab. Instrumentasi dengan berbagai peralatan canggih yang ada antara lain Gas Chromatography, Surface Area Analyzer, Atomic Absorption Spectrophotometer, Spectrophotometer Visible, Spectrophotometer UV-Vis, Rotary Vacuum Evaporator, Polarimeter, COD reaktor, dsb.

Keberadaan gedung perkuliahan dan laboratorium yang bersih dan asri, serta hotspot untuk seluruh area kampus menjadikan Program Studi Kimia sangat nyaman digunakan sebagai tempat belajar mahasiswa. Berbagai fasilitas penunjang lain seperti ruang teleconference, ruang pertemuan, ruang dosen, gazebo, ruang tunggu yang luas, ruang pelayanan administrasi akademik dengan sistem LAN dan perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap semakin mendukung tercapainya lulusan yang handal di era global.

Mengapa Memilih
Program Studi Kimia senantiasa meningkatkan mutu layanan akademik/Quality Assurance yang ditandai dengan telah diterimanya Sertifikat ISO 9001-2008 sehingga Continuous Quality Improvement telah menjadi bagian dari semua aktivitas akademik di masa sekarang dan akan datang.

Program Studi Kimia Strata satu (S1) memiliki nilai akreditasi B yang berlaku sampai dengan tahun 2016 berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2012 ini Program Studi Kimia mendapat kepercayaan untuk melaksanakan Program Hibah Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan oleh DIKTI yang bertujuan untuk menyusun kurikulum berbasis kompetensi berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Reputasi lokal, regional dan nasional telah ditorehkan oleh mahasiswa selama tiga tahun terakhir, antara lain keikutsertaan mahasiswa dalam lomba debat bahasa Inggris, Olimpiade Nasional MIPA PT, Juara 1 Technopreneurship Pemuda, PIMNAS, dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh DIKTI. Terdapat beberapa jenis beasiswa seperti BIDIK MISI, PPA, BBM, Supersemar dan lainnya.

Dalam rangka membangun jejaring kemitraan dan aksesibilitas bagi pendidikan yang bermutu beberapa upaya telah dilakukan, antara lain menjalin kerjasama dengan mitra antara lain dengan berbagai PT Negeri/Swasta (Semnas Bersama UNDIP, UNS, UNSOED, Forum Komunikasi Joglosemar, Forum Komunikasi Ketua Jurusan Kimia se Indonesia, AKBID, STIKES, dll), BUMN/swasta/lembaga lainnya, kalangan industri serta organisasi profesi seperti HKI, IZI, ICSI. Kemitraan dengan universitas terkemuka di luar negeri seperti Curtin University Perth, The University of Nottingham UK, Hokaido University Japan, Braunschweig University of Technology, Ningbo University, Macquaarie University Australia , Florida State University, Pacific Coutries Social and Economic Solidarity Association of Turkey (PASIAD) dalam rangka peningkatan kualifikasi akademik dan peningkatan kompetensi dosen dalam riset kolaborasi dan publikasi ilmiah.

Sebagai sarana publikasi karya ilmiah, di bidang kimia dan terapannya, Program Studi Kimia telah menerbitkan 1 jurnal elektronik yaitu Indonesian Journal of Science (Indo J Sci) yang terbit 2 kali per tahun.

Kompetensi Lulusan
Program Studi Kimia S1 berusaha menyiapkan tenaga yang memiliki pengetahuan tentang struktur dan sifat molekul, identifikasi, karakterisasi, transformasi, analisis dan sintesis bahan kimia; menguasai cara mengoperasikan instrumen kimia yang umum; serta menguasai aplikasi software pada bidang kimia. Penguasaan kompetensi-kompetensi tersebut bertujuan agar sarjana kimia dapat berperan sebagai teknisi atau analis untuk memecahkan masalah kimia sederhana di bidang tertentu melalui pendekatan prosedural, seperti peneliti, quality control, supervisor laboratorium, pekerjaan yang terkait dengan masalah lingkungan dan proses industri serta sebagai pengajar di bidang kimia. Selama kuliah para mahasiswa selain dibekali hardskill, juga softskill melalui berbagai kegiatan baik intra maupun ekstra kurikuler sehingga mampu mengembangkan kemampuannya dalam bekerja di masyarakat baik sebagai pimpinan atau karyawan di suatu unit usaha maupun menjadi wirausahawan.

Alumnus Program Studi Kimia telah tersebar di berbagai bidang pekerjaan, baik sebagai guru/dosen di berbagai sekolah/perti, instruktur/widyaiswara di lembaga pendidikan dan pelatihan, praktisi dan analis pada berbagai industri, peneliti di lembaga riset, teknisi di laboratorium, perbankan serta wirausahawan.

Deskripsi Perkuliahan
Pendidikan Program Sarjana S1 di Program Studi Kimia diselenggarakan dengan masa studi 4 (empat) tahun (8 semester), namun beberapa alumnus telah dapat menyelesaikan studinya dalam kurun waktu 3,5 tahun (7 semester). Kurikulum Program Studi Kimia memiliki beban studi 144 sks, meliputi 10 sks Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), 34 sks Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), 76 sks Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), 14 sks Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan, 10 sks Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Untuk tahun akademik 2012/2013, Program Studi Kimia menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi yang menawarkan 20 kompetensi utama, 3 kompetensi pendukung dan 2 kompetensi lainnya. Dengan ketiga jenis kompetensi ini memungkinkan kompetensi sarjana lulusan Program Studi Kimia tidak terbatas pada aktivitas di bidang kimia semata, melainkan juga mencakup aktivitas lain yang di dalamnya tercakup bidang-bidang lain diluar bidang Kimia.

Cerita Alumni
A Yulia Dwi Purwoko,S.Si
PDQC PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR
DIVISI NOODLE SEMARANG

Salam konservasi,
Dengan kemauan dan tekad yang kuat, serta didukung oleh seluruh civitas akademika di Jur KIMIA UNNES, saya berhasil menyelesaikan studi 3,5 tahun. Selama studi, tidak hanya ILMU KIMIA yang saya peroleh, namun softskill yang saya peroleh sangat berguna untuk bekal di dunia kerja.terimakasih untuk semua KIMIA JAYA . . . . . UNNES SUTERA . . . . . . .

ALBERTUS ANINDYA DJATI.
TIM GEGANA BRIMOB CIMANGGIS DEPOK

Saya merasa , apa yang saya pelajari di Prodi Kimia amat sesuai dengan pekerjaan saya sebagai anggota Tim Gegana Brimob banyak hal yang ditangani, khususnya dalam penanganan bahan peledak ( bom ) , bahan kimia dan radioaktif yang berbahaya. JAYALAH KIMIA ……

Kontak Kami
? Alamat Kantor : Gedung D6 Lantai 2 FMIPA Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang
? Telepon : 024-8508035
? Faksimil : 024 – 8508035
? E-mail : kimia@unnes.ac.id
? Website Jurusan : www:http//kimia.unnes.ac.id

Diperbarui oleh: pd1-fmipa | Kamis, 21 Februari 2013 15:11

2 Komentar untuk “Kimia (S1)”

  1. Leli

    Sabtu, 24 Mei 2014 | 21:26

    Assalamualaikum,
    Mau tanya, apakah bisa dari D3 Kimia Analis transfer ke S1 Kimia Analis di UNNES ini?

  2. fuad wijanarko

    Kamis, 23 Oktober 2014 | 23:40

    saya ingin masuk fakultas kimia unnes

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top