Geografi (S1)


Geografi (S1)

Deskripsi Awal
Prodi Geografi merupakan salah satu prodi di bawah naungan jurusan geografi FIS UNNES, yang menghasilkan sarjana sain dengan gelar S. Si, Prodi Geografi berdiri pada 20 September 2001 setelah mendapatkan persetujuan perluasan mandat dari DIKTI dengan surat No. 3075/D/T/97, tanggal 2 Desember 1997
Prodi Geografi memfokuskan pada lulusan yang kompeten di bidang geografi khususnya dalam bidang perencanaan wilayah dan informasi geospasial (Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis) yang berbasis konservasi

Mengapa Memilih
Keunggulan utama prodi geografi adalah peluang kerja yang besar, karena kebutuhan lapangan kerja lebih besar dari pada lulusan geografi yang dihasilkan. Akreditasi dari BAN PT = B (2008).
Prestasi fenomenal dari prodi ini adalah telah berhasil menghantarkan mahasiswanya mewakili UNNES melakukan ekspedisi mendaki Gunung Kilimanjaro (Afrika) dan G.Elbrush (Rusia).
Di Indonesia hanya ada 3 Perguruan Ttinggi Negeri yang membuka prodi Geografi, yaitu UGM. UI dan UNNES, sehingga jumlah lulusan prodi ini masih terbatas sementara kebutuhan kerja meningkat seiring dengan dibutuhkan Informasi geospasial
Melalui MoU dengan Lembaga terkait (seperti LAPAN, BIG, BMKG, LSM kelingkungan), diharapkan bisa menumbuhkan lulusan yang marketable.
Kebijakan Pemerintah pusat, tahun 1989 mengharapkan semua Bappeda propinsi dan kab/kota se Indonsesia harus memiliki ahli di bidang geografi, karena Lulusan geografi bisa berpeluang menjadi ahli lingkungan, hidrologi, manajemen bencana dll.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama (menguasai konsep-konsep geografi ,mengembangkan dan mengaplikasikannya dengan berbasis pengideraan jauh dan sistem informasi geografis secara profesional, bertanggungjawab, berkepribadian dan bermoral Pancasila)
Kompetensi Penunjang (menguasai metode dan teknik survei/penelitian secara spasial melalui citra penginderaan jauh, teknik pemetaan berbasis IT untuk kepentingan pengembangan manajemen dan mitigasi bencana, tata ruang dan wilayah)
Kompetensi Lainnya (memunculkan jiwa kewirausahaan di bidang jasa maupun produksi pemetaan, konsultan bidang konservasi lingkungan, handal sebagai pengajar dan pelatih bidang Geografi, pemetaan dan SIG, tourism guide di bidang pariwisata)

Deskripsi Perkuliahan
Sistem perkuliahan yang dikembangkan di prodi untuk sebagian besar mata kuliah dilakukan dengan tatap muka , kerja laboratorium, praktek lapangan, sedangkan untuk pembelajaran terintegratif selama masa studi diwajibkan mengikuti kuliah kerja lapangan sebanyak tiga kali.
Kegiatan tatap muka dimaksudkan untuk sharing keilmuan antara dosen dan mahasiswa, sehingga konsep-konsep yang dikembangkan lebih berbasis pada kebutuhan mahasiswa dan perkembangan Iptek.
Kegiatan laboratorium dilakukan untuk memantapkan penguasaan keterampilan baik yang bersifat profesi keilmuan dengan memanfaatkan laboratorium sebagai inovator.
Kegiatan praktik lapangan digunakan untuk memahamkan berbagai permasalahan secara riil, dan sekaligus sebagai ajang untuk menerapkan hasil inovasi yang dikembangkan di laboratorium secara berkelanjutan, dengan cara itu diharapkan akan mengahsilkan pada sarjana sain yang profesional di bidang geografi.

Cerita Alumni
EKO WAHYU (Perkebunan Kelapa sawit di Kalimantan)

Kurikulum dan sistem pembelajaran yang dilakukan di Prodi Geografi Unnes membantu para lulusan untuk berkompeten di dalam bidang pemetaan. Banyak tenaga-tenaga survei dan pemetaan alumni prodi geografi Unnes berperan besar di perkebunan kelapa sawit di daerah

BANOR (Tambang batu bara di Kalimantan)

Berdasarkan refrensi dan prestasi kerja yang telah saya bangun di perusahaan tambang batu bara di tempat saya bekerja, pihak direksi memberi peluang dan penghargaan yang besar kepada mahasiswa maupun alumni yang ingin bergabung untuk mengaplikasikan ilmunya di bidang pertambangan, khususnya pertambangan batubara..

Kontak Kami
Alamat : Kampus Sekaran Gedung C1 Lanatai 2 Gunungpati Semarang, 50229
Telepon : 024-8508011
Faksimil : 024-8508011
Email : geografi.unnes@gmail.com
Website Jurusan : http:\geografi.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 52.893 kali
EDITOR : Lintang Hakim

47 komentar pada “Geografi (S1)

  1. Boleh usul,..
    Pertama, tolong ditambahin prestasi mahasiswa dan dosen, agar tahu progresifitas prodi ini. Yang kedua, ditampilkan juga kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa, supaya tahu trnyata prodi ini memiliki wadah untuk mengasah kreatifitas mahasiswa. Trims

  2. mohon ditampilkan peluang kerja yang lebih riil untuk lulusan S1 geografi (nama lembaga pemerintah/swasta). Hal ini banyak dipertanyakan oleh anak2 kami di daerah sebagai bahan pertimbangan pilihan jurusan di PT. kami di daerah mendukung dan siap membantu atas kemajuan jurusan geo unnes. trims

  3. Selamat siang . Saya tertarik untuk mendaftar jurusan ini , namun apakah jurusan ini sesuai dengan kompetensi yang sya miliki selama menempuh pendidikan di sma sebagai murid ips?. Apakah pada saat perkuliahan nanti ilmu” dari IPA contohnya fisika, kimia ,dan biologi menjadi pengantar di dlm jurusan ini ? tks mohon dijawab secepatnya

  4. Banyak lulusan yang sukses, tpi alumni gak pernah share info rekruitment pegawai baru, kalah sama ptn laen, yang selalu rekruit sesam aumni, hahahaha

  5. Saya mau tanya, apakah benar jurusan geografi ini termasuk rumpun ips? karna di ugm dan ui termasuk rumpun ipa? saya tertarik sekali kalau benar ini termasuk rumpun ips karena saya dari ips. terimakasih

  6. apakah prodi georafi di unnes benar sudah akreditasi A ? lalu apakah benar dari ips bisa masuk ke unnes lewat jalur snmptn ?

  7. “Di Indonesia hanya ada 3 Perguruan Ttinggi Negeri yang membuka prodi Geografi, yaitu UGM. UI dan UNNES,” mengutip informasi di atas, apakah UNNES tidak mengakui atau karena kurang informasi mengenai prodi S1 Geografi di PTN lain seperti UM, UNP, UNG sehingga bisa memberikan pernyataan seperti itu?

  8. saya ingin sekali masuk di prodi geografi. dan butuh bgt info lebih lanjut ttg geofrafi di dlmnya.. ada kakak2 di prodi ini yang mau bantu saya?

  9. Saya masih di buat bingung sama guru bk, apakah jurusan ips benar keterima apa tidak?saya bertanya takut nya salah jalan, terimakasih..

  10. Asslamualaikum wr.wb .
    Sya dari Bengklu lbih tpat nya dri pulau sumatra..saya disni mau bertanya .. Apakah di UNNES ini hanya menerima calon mahasiswa baru dri llusan SMA yang d’pulau jawa saja atau tidak ??..,Trus berpa juga daya tampung di jurusan geografi murni untuk thun 2015 ??. mhon d bles s’cpat ny ea ??:-)

  11. Pendaftaran Geografi Murni UNNES kapan di laksanakannya soalnya saya ingin sekali masuk jurusan tersebut dan setelah lulus S1 di bidang tersebut apakah penempatan kerjanya banyak dan bagus ? Kalau iya dimana saja bisa bekerja setelah lulus jurusan geografi murni ?

    Mohon di jawab ya.. Trima kasih

  12. Geografi Unnes bisa untuk IPS,IPA maupun Kejuruan, asal lolos lewat jalur SNMPTN,SBMPTN dan SPMU. Untuk daya tampungya sekitar 20(SNMPTN), 12(SBMPTN), dan sekita <5 (SPMU). Untuk info lebih detail, silahkan hubungi humas terkait.

  13. Aku coba jawab prtanyaan yg muncul trus di atas yha.

    Jurusan Geografi (bukan pend. geografi) di Indonesia hanya ada di UGM, UI, Unnes, dan UMS.
    Geografi itu lanjutan dari IPA atau IPS, trgantung alirannya.
    Ada 4 aliran dlam Geografi:
    Geografi Fisik, bljr ttg Hidrologi, Geomorfologi, Geologi,Tanah, Klimatologi, Ekologi, dll. Ini IPA
    Geografi Teknik, bljr Penginderaan Jauh, SIG, dan Kartografi, dll. Ini bljr byk ttg komputer, sedikit IPA, sedikit IPS.
    Geografi Sosial, bljr kependudukan, ketenagakerjaan, SDM. dll. Ini IPS.
    Geografi Regional,bljr pembangunan wilayah, tata ruang, dll. Ini juga IPS

    Di UI dan UGM, masuk jalur IPA, di UMS IPC, di Unnes masuk FIS, tapi banyak komputerisasinya.

    Maaf kalau ada kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X