Ekonomi Pembangunan (S1)


Ekonomi Pembangunan (S1)

Akreditasi

Akreditas A berdasar SK No.1011/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015

Gelar Lulusan

Sarjana Ekonomi (S.E.)

Deskripsi

Prodi Ekonomi Pembangunan merupakan program studi yang semula dibawah Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu sosial. Seiring dengan berkembangnya Jurusan Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi, maka prodi Ekonomi Pembangunan bernaung di bawah Jurusan Ekonomi Pembangunan. Prodi ini bertujuan untuk mencetak sarjana ekonomi yang mampu untuk bekerja di bidang perencanaan pembangunan daerah maupaun nasional, ekonomi pertanian, ekonomi kelautan, perbankan dan pemerintah daerah.

Jumlah mahasiswa 423 dengan sebagian besar berasal dari pesisir utara provinsi jawa tengah. Jumlah Dosen 22 dengan 3 orang bergelar doktor,  14 berijazah S2 dan sisanya sedang menempuh pendidikan S2. selain itu terdapat 3 dosen yang sedang menempuh program S3.

Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstra adalah himpunan mahasiswa dan kegiatan English Club. Prestasinya adalah menjadi juara 3 economics debate competition yang diselenggarakan UII, Juara 3 young economist icon yang diselenggarakan IPB dan lain sebagainya.

Alumni

Alumni dari prodi ini bekerja di berbagai bidang diantaranya Pemprov, Pemkot, Perbankan, perusahaan swasta.

Kata Alumni

“Prodi EP walaupun baru, tetapi perkembanganya sangat cepat.” — LINGGA BAYU, S.E., staf bagian ekonomi Setda Jateng

Alamat

Alamat: Gedung C-6, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang

Telp/Fax: (024) 8508015

http://ep.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 90.240 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

18 komentar pada “Ekonomi Pembangunan (S1)

  1. Kak mau tanya, Prodi ekonomi pembangunan yang di pelajari apa saja ya? apakah ada seperti akuntansi ,manajemen dan lain-lain. mohon balasannya. =

  2. Halo, nama saya Andryan, dosen jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Semarang. saya coba jawab pertanyaan di atas ya.
    Jurusan Ekonomi Pembangunan mempunyai nama yang berbeda di universitas lain. Misalnya di UGM dikenal dengan nama Jurusan Ilmu Ekonomi dan di Unsoed dikenal dengan nama Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP). Di Jurusan Ekonomi Pembangunan anda akan belajar tiga hal: (1) Ekonomika Mikro, di mana anda akan belajar bagaimana mengambil keputusan pada level mikro, yaitu individu/rumah tangga dan perusahaan; (2) Ekonomika makro, di mana anda akan belajar mengenai masalah-masalah yang terkait dengan perekonomian secara luas (di tingkat negara maupun internasional); serta (3) Alat Kuantitatif (matematika, statistika, dan ekonometrika) untuk mendukung kemampuan anda dalam memahami ekonomika mikro maupun makro.
    Selain ketiga inti ilmu ekonomi di atas, ada cabang-cabang ilmu ekonomi yang spesifik tentang isu tertentu, seperti ekonomika moneter, ekonomika publik, ekonomika internasional, ekonomika industri dan lain-lain.
    Kuliah di prodi Ekonomi Pembangunan akan berbeda dengan Akuntansi maupun Manajemen, karena kedua prodi itu tidak membahas mengenai isu-isu perekonomian suatu negara.
    Lulusan ekonomi pembangunan dapat bekerja di banyak sektor, misalnya di Bank Indonesia, Bappenas, Kementerian Perdagangan, kementerian keuangan dan pemerintah daerah,. Selain itu di sektor swasta, lulusan Ekonomi Pembangunan dapat bekerja di sektor perbankan, lembaga internasional dan lembaga-lembaga penelitian.
    Jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan mengenai Prodi Ekonomi Pembangunan Unnes, bisa langsung ditanyakan ke saya di A.Setyadharma@massey.ac.nz.

  3. assalamu’alaikum .. saya mau bertanya apabila lulusan akuntansi D3 mau melanjutkan ke UNES fakultas ekonomi jurusan akuntansi S1 syaratnya bagaimana ya , mohon infonya , terimakasih.

  4. assalammualaikum, saya mengajukan pertanyaan. jika terjadi kesalahan pada pengisian kolom keterangan kepemilikan rumah sedangkan pada kolom pilihan sudah benar, pada saat pengisian data pokok akan tetapi sudah fnalisasi, apakah hal tersebut akan bermasalah???? dan jika bermasalah, apakah dapat diklarifikasi??? mohon bantuan dan jawabannya, terimakasih. wassalammualaikum wr.wb

  5. ekbang itu mempelajari mengenai secara luas seperti makro dan mikro,,,pasti ada sangkut pautnya dengan instansi pemerintah dan swasta (firm)….ekbang itu harus bisa menganalisis permasalahan di daerah yang di tuju,misalkan tingkat PDRB ,inflasi maupun pengangguran ….itu semua di pelajari di jurusan ekonomi pembangunan….lulusan ekbang bagus untuk menganalisis suatu aspek masalah yang timbul di suatu kota/kabupaten…..

  6. assalamualaikum . kak ,apakah ada persyaratan yang perlu ditonjolkan kalok saya mau masuk ke ekonomi pembangunan ? saya sangat ingin masuk sana kak. mohon bantuannya terimakasih. wassalamualaikum :-)

  7. kak,saya kuliah dijurusan Ekonomi Pembangunan.misalkan mau pindah ke uness persyaratan nya apa saja ya?mohon informasinya.terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *