Bimbingan dan Konseling S1


Bimbingan dan Konseling S1
  1. Nama Prodi : Bimbingan dan Konseling S1
  2. Ijin Prodi : Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 71/E/O/2011 tanggal 12 April 2011
  3. Akreditasi : Akreditasi A (Amat Baik) berdasarkan SK 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 tanggal 18 Oktober 2012 berlaku sampai 18 Oktober 2017
  4. Gelar Lulusan : Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
  5. Sejarah Singkat :
    Tahun 1965 berdiri jurusan Bimbingan dan Penyuluhan atau Guidance and Counseling (GC). Tahun 1984 berbah menjadi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) FIP IKIP Semarang. Tahun 2000 berubah nama lagi menjadi Bimbingan dan Konseling.  Tahun 2007, Jurusan Bimbingan dan Konseling melahirkan Prodi Pendidikan Profesi Konselor (PPK).
  6. Deskripsi Singkat Prodi :
    Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Unnes meneylenggarakan pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling dengan tujuan menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang mampu memberikan pelayanan di sekolah dan luar sekolah, yang bermuara pada penganugerahan ijazah sarjana (S1) bidang Bimbingan dan Konseling berwawasan multikultural dan konservasi
  7. Visi :
    Menjadi program studi Bimbingan dan Konseling yang menghasilkan calon pendidik pada bidang Bimbingan dan Konseling berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional.
  8. Misi :
    1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum berdasarkan pedoman akademik UNNES dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku, serta diselenggarakan dalam suasana akademik yang berwawasan konservasi.
    2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya yang inspiratif, berwawasan konservasi, dan bereputasi internasional dalam bidang bimbingan dan konseling
    3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu bimbingan dan konseling yang memandirikan.
    4. Menyelenggarakan pendidikan berkelanjutan (continuing education) untuk meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalitas konselor.
    5. Menjalin kerjasama bidang pendidikan pada tingkat nasional dan insternasional serta meningkatkan partisipasi masyarakat (stakeholder) dalam pembangunan pendidikan nasional.
  9. Capaian Pembelajaran
    Mampu memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan kaidah keilmuan dan perundangan yang berlaku (utamanya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional), berwawasan sosial, multikultural, dan konservasi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, untuk membantu individu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dan membantu mengembangkan potensi yang dimilikinya, dengan memanfaatkan ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni pada bidang Bimbingan dan Konseling.
  10. Tenaga Pengajar :
    Jurusan BK memiliki 20 dosen diantaranya:

    • Guru Besar (Profesor ) : 3 orang
    • S3 (Doktor)            : 5 orang
    • S2 (Magister):12 orang

    Kompetensi Konselor (Kons) berjumlah 11 orang (dari 24 dosen)

  11. >Kompetensi Prodi
    1. Menguasai konsep teoritis bidang Bimbingan dan Konseling secara mendalam dengan dukungan ilmu pendidikan, filsafat, psikologi, sosiologi, antropologi, manajemen, ilmu agama, serta teknologi informasi dan komunikasi
    2. Menguasai dasar-dasar perancangan, pengelolaan dan evaluasi Bimbingan dan Konseling yang didasari oleh kemampuan memahami peserta didik, memilih pendekatan, metode dan strategi serta sistem evaluasi pelayanan Bimbingan dan Konseling
    3. Mampu mengaplikasikan ketrampilan umum dalam konteks tuntutan tugas di dunia kerja dalam setting pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan komunitas/rehabilitasi sosial.

  12. Peluang Kerja Lulusan : Konselor Pendidikan baik pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan pada seting komunitas/rehabilitasi sosial.
  13. Unggulan Prodi :
    Prodi S1 Bimbingan dan Konseling mempersiapkan alumninya untuk dapat bersaing menjadi konselor pendidikan bertaraf internasional berwawasan multikultural, konservasi dan mahir mengembangkan ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni. Keseimbangan antara kedalaman penguasaan ilmu pendidikan, psikologi, konseling, dan penguasaan metode pelayanan yang kreatif dan inovatif didukung keterampilan penggunaan teknologi informasi komunikasi (TIK) dan kemampuan bahasa Inggris yang baik menjadi unggulan Prodi S1 Bimbingan dan Konseling UNNES
    Selain itu Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling juga memberikan kompetensi keahlian khusus/peminatan pilihan yaitu Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan Bimbingan dan Konseling di komunitas/rehabilitasi sosial. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah praktik langsung di Sekolah Dasar dan lembaga komunitas/rehabilitasi sosial.
    Selain kompetensi keahlian khusus/peminatan tersebut, prodi Bimbingan dan Konseling mempunyai keunggulan lain pada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang menunjang pengembangan bakat dan minat mahasiswa yang diwadahi melalui lembaga kemahasiswaan yang terdiri dari:

    1. Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HIMA BK)
    2. Dewan Perwakilan Mahasiswa Juruasan (DPMJ BK)

    Serta komunitas-komunitas mahasiswa jurusan yakni:

    1. Counseling Education Club (CEC) komunitas yang bergerak dibidang pengembangan pendidikan dan kajian ilmiah mahasiswa.
    2. Bimbingan dan Konseling Akustik (B’coustic), komunitas yang bergerak dibidang seni musik dan tarik suara.
    3. Counseling Cinema of Uniqure Self (CONCIOUS), komunitas mahasiswa yang bergerak dalam bidang sinematografi/perfileman/video.
    4. Bimbingan dan Konseling Pecinta Alam (BIKONSPALA), komunitas pecinta alam bagi mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling yang merupakan salah satu wadah dalam pelaksanaan konservasi sebagai wujud peduli terhadap lingkungan.
    5. Lentera Sastera, komunitas pecinta dan penggitat sastra mahasiswa bimbingan dan konseling.
    6. Guidance and Counseling Sport (GC Sport), komunitas mahasiswa dengan hobi dan minat berolahraga baik volley ball, basket, futsal, sepakbola, dan olahraga lainnya.
  14. Testimoni Alumni
    Siti Aminah, S.Pd., M.Pd.(Dosen CPNS Prodi BK FIP UNY)
    “ Menempuh pendidikan di BK Unnes memberikan banyak pengalaman belajar yang membekali saya ketika menjadi guru BK dan Dosen saat ini “

    Agus Supriyanto, S.Pd., M.Pd. (Dosen BK UAD Yogyakarta)
    “ Selama berkuliah di BK FIP Unnes saya mendapatkan pembelajaran yang berkualitas dalam rangka menumbuhkan kompetensi konselor bermartabat “

    Faskhau Maulvi Alim, S.Pd. (Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kesatrian 1 Semarang )
    “ Memang tidak diragukan lagi, BK FIP Unnes telah banyak mencetak tenaga profesional yang mantap dan siap berkiprah di dunia kerja. Counseling, Yes We Can !! “

  15. Alamat Kantor
    Alamat: Gedung A2 Lantai 1 Kampus Sekaran Gunungpati Sekaran Semarang
    Website: http://bk.unnes.ac.id/
    Alamat email: bk.unnes@ymail.com atau zakki.nurul.amin@mail.unnes.ac.id
    nomor telepon: 085727614946
    Nomor fax: 024-8508019
    Kode pos: 50229
  16. Nama Ketua/Koordinator Prodi : Drs. Eko Nusantoro, M.Pd., Kons.
  17. Kurikulum
    Program studi Bimbingan dan Konseling S1 FIP UNNES memfokuskan diri pada bidang ilmu Bimbingan dan Konseling, yang diaplikasikan dalam (1) berbagai setting kehidupan manusia (seperti: keluarga, sekolah, masyarakat, dan tempat kerja), (2) perkembangan anak sejak usia anak, remaja, dan dewasa, (3) penanganan secara individual, kelompok, klasikal dan kolaboratif, (4)pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling berlandaskan filsafat pendidikan, psikologi, multikultural dan konservasi. Dengan jumlah total SKS 146 SKS.

DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 47.017 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

43 komentar pada “Bimbingan dan Konseling S1

  1. saya lulusan s1 pertanian, tapi pekerjaan saya sekarang jadi guru bk…saya ingin kompeten sesuai pekerjaan saya, bagaimana caranya ?

  2. untuk masuk ke BK (bimbingan konseling) persyaratannya apa saja? perbedaanya dengan psikologi apa ? terimakasih . mohon dibalas :D

  3. Baik dari SMA maupun SMK bisa mendaftar di jurusan BK Unnes. Untuk biaya perkuliahan itu akan update setiap tahunnya (unnes.ac.id). Di jurusan BK Unnes S1 tidak ada kelas pagi/sore karena untuk jadwal kuliah diatur oleh masing-masing mahasiswa sesuai dengan ketentuan dari jurusan.

  4. perbedaan BK dengan psikologi ap?? prospek ke depannya luas ga? trus di jurusan ini kita mempelajari apa aja si?? mksh jwabannya..saya tunggu secepatnya ;)

  5. Lulusan Psikologi yang bekerja sebagai psikolog di
    Lembaga Psikolog pemerintah maupun swasta atau
    mendirikan lmbaga sendiri. Dalam praktek kerjanya
    menggunakan alat ukur sendiri yang telah
    dipersiapkan dengan mempertimbangkan tujuan dari
    pasien yang ditangani. Dia lebih mengambil
    kesimpulan tentang obyek mengenai potensinya,
    misal dia cocok bekerj di bidang apa, dsb.
    Sedangkan Bimbingan Koseling lebih menekankan
    pada pemberian jasa konsultasi untuk pembentukan
    atau mengarah pada perbaikan untuk menuju
    kebaikan obyek.
    Lapangan pekerjaan sesuai bidang, psikologi lebih
    bersifat pada pemberian jasa identifikasi obyek
    Sedangkan bimbingan konseling menangani obyek
    yang sifatnya pendidikan.

  6. Dalam keseluruhan kegiatan pendidikan khususnya pada tatanan persekolahan, layanan bimbingan dan konseling mempunyai posisi dan peran yang cukup penting dan strategis. Bimbingan dan konseling berperan untuk memberikan layanan kepada siswa agar dapat berkembang secara optimal melalui proses pembelajaran secara efektif. Untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pribadi agar dapat membantu keseluruhan proses belajarnya.
    nahhh…. Bagaiman atau adakah tips supaya kita bisa menjadi pribadi yang mudah disukai peserta didik tanpa adanya pertentangan dengan karakter asli kita …? ( emosi Yang tinggi )

  7. ka saya mau tanya, kalo kita sama sekali gatau dasar-dasarnya tentang ilmu BK itu apa bisa masuk? terus test nya itu cuma bersangkutan dengan materi tentang BK atau ada materi pelajaran lain??

  8. Saya sedang membutuhkan segera job di Biro Psikologi or di Lembaga Psikologi Terapan, Jika teman-teman ada referensi mohon saya di formasikan… Terimakasih
    Silahkan PM: 7D76F1AA

  9. mas, saya ingin bertanya..apakah di UNNES ada PPK tidak ?
    kalau ada saya pengen daftar.. mohon banguannya, terimakasih.

  10. mas, saya ingin bertanya..apakah di UNNES ada PPK tidak ?
    kalau ada saya pengen daftar.. mohon bantuannya, terimakasih.

  11. As. pak ni saya mau nanya, didesa tempat saya kkn itu anak banyak yang putus sekolah dikarnakan tempat sekolah dengan desa itu jauh sekali. jadi apaka judul yang tepat untuk mengajukan proposal karya ilmia saya itu? tolong pak bantu saya! saya dari jurusan bimbingan konsling

  12. min mau tanya, saya mahasiswa BK di salah satu Universitas Negeri di Samarinda, tapi keluarga saya dijawa tengah semua, jadi saya disuruh pindah ke UNNES, itu bisakah? tp akreditasi nya B.

  13. As Wr.Wb Mohon informasi tentang pendaftaran Program Profesi Konselor (PPK) di UNNES 2014/2015 terima kasih, Wslm

  14. Ass. Mau tanya saya lulusan BK STKIP Catur sakti Jogjakarta tahun 2006 ( program alih jenjang/jurusan dari S1 PAI ). apa bisa melajutkan S2 BK di Unnes ?

  15. assalamualaikum,
    saya ingin daftarkan anak ke prodi ini.
    adakah mahasiswa / i yang bersedia korespondensi untuk cerita pengalaman nyata. dalam soal biaya dan perkuliahan ?

  16. Untuk mujiburrohman : Sepaham saya bisa
    Untuk moh andi ka : Silahkan bisa langsung komunikasi dengan jurusan bk fip unnes insyaAllah akan dilayani setiap hari dan jam kerja. Atau bapak bisa juga komunikasi dengan alumni/lulusan yang ada di lapangan. Kalau perlu komunikasi dengan mahasiswa yang masih studi bisa juga dilakukan. Teman-teman himpunan mahasiswa (HIMA) BK FIP UNNES memiliki blog di himabkunnes.blogspot.com lalu juga bisa lewat media sosial facebook dengan nama akun Hima Bk Unnes. Ada juga akun twitter @himabkunnes
    Saya sendiri juga alumni bk fip unnes s1 dan s2. Bisa share di sigithariyadi16@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X