Mochamad Ainul Yaqin Jadi Doktor Pertama Pendidikan IPS FISIP UNNES

Universitas Negeri Semarang > Faculty of Social Sciences and Political Science > News > Mochamad Ainul Yaqin Jadi Doktor Pertama Pendidikan IPS FISIP UNNES

 

Ancaman bencana angin puting beliung mengintai warga di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Jawa Timur. Warga dapat mengurangi dampak kerusakan dari hembusan kencang angin puting beliung dengan melestarikan gumuk yang tersebar di desa mereka.

Banyak gumuk di Kecamatan dengan mempertahankan Untuk mengurangi dampak kerusakan dari hembusan kencang angin puting beliung warga dapat Warga di Kaliwates dapat mengurangi kerusakan akibat bencana itu dengan mempertahankan gumuk yang dapat menjadi benteng dari serangan angin puting beliung.

 

Gumuk merupakan sebuah gundukan serupa gunungkecil dan bukit yang tingginya mencapai sekitar satu sampai dua meter, dengan diameter 20-200 meter. Namun tidak sama antara gumuk dan bukit, perbedaannya dari kandungan yang ada di dalamnya. Gumuk memiliki kandungan batu piring, pasir,batu pondasi, sementara bukit sebagian besar kandungannya adalah tanah biasa.

Gumuk-gumuk di Kecamatan yang tahun 2021 ditempati 108 ribu lebih jiwa ini banyak yang dieksploitasi. Karena kandungannya itu, banyak pemilik gumuk yang menambang gumuk miliknya untuk kepentingan ekonomi, sehingga gumuk-gumuk di Kecamatan yang memiliki luas 24,94 kilometer persegi ini tersisa 24 gumuk.

 

Permasalah eksploitasi gumuk itu yang diangkat dalam penelitian disertasi Mochamad Ainul Yaqin di Program Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FISIP UNNES. Ainul Yaqin membuat disertasi berjudul Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pelestarian Gumuk Di Kecamatan Kaliwates Kab. Jember. 

Disertasi yang telah dikerjakan selama dua tahun lebih ini disampaikan dalam sidang terbuka promosi doktor Selasa enam Agustus 2024, di Lantai 3 Gedung C7 FISIP UNNES. 

Dalam disertasinya dia mengulas konsep pendidikan berbasis kearifan lokal untuk pelestarian gumuk di Kecamatan Kaliwates,” kearifan lokal yang disampaikan kepada pemilik gumuk berbentuk folklor lisan dan gotong royong,” jelas Ainul Yaqin.

Dengan menggunakan konsep pendidikan berbasis kearifan lokal yang ada diharapkan para pemilik gumuk dan masyarakat mengerti akan pentingnya keberadaan gumuk dan melestarikan gumuk tersebut.” Tugas manusia adalah menjaga dan merawat setiap barang yang dititipkan kepadanya. Menghormati kearifan-kearifan lokal dan lebih bijak dalam memanfaatkan lingkungan,” terang Ainul Yaqin di depan para penguji.

Pendidikan berbasis kearifan lokal dilakukan melalui kegiatan kelembagaan meliputi kegiatan gotong royong, kelembagaan desa, jaringan sosial,dan paguyuban gumuk dapat membantu untuk melestarikan gumuk. Terkait penanaman nilai-nilai sosial dan budaya pada masyarakat baik secara formal, nonformal maupun informal.

Penanaman nilai secara formal bisa dilakukan dalam pembelajaran di sekolah melalui pendekatan mata pelajaran IPS. Secara nonformal lewat paguyuban yang ada di dalam masyarakat baik berupa sosialisasi atau kegiatan kelembagaan lainnya.

Prof. Suyahmo sekaligus sebagai penguji VI menambahkan perlunya dibangun keharmonisan hubungan antara masyarakat dengan lingkungan. “Interaksi masyarakat dengan lingkungan dalamhal ini gumuk itu,harus dibangun keharmonisan, kelestarian yang seimbang supaya lingkungan dan manusia tidak mengganggu, kehidupan yang harmonis sepanjang masa,”urai Guru Besar Program Studi IPS ini.

Setelah melalui ujian disertasi tahap dua yang berlangsung hampir dua jam itu, Dekan FISIP UNNES Arif Purnomo mengumumkan Mochamad Ainul Yaqin lulus sebagai Doktor Pertama FISIP UNNES. Mochamad Ainul Yaqin dinyatakan lulus dengan IPK 3,87 sehingga mendapatkan predikat sangat memuaskan.

Prof. Suyahmo sekaligus sebagai penguji VI menambahkan perlunya dibangun keharmonisan hubungan antara masyarakat dengan lingkungan. “Interkasi masyarakat dengan lingkungan dalam hal ini gumuk itu, harus dibangun keharmonisan, kelestarian yang seimbang supaya lingkungan dan manusia tidak mengganggu, kehidupan yang harmonis sepanjang masa,” urai Guru Besar Program Studi IPS ini.

Setelah melalui ujian disertasi tahap dua yang berlangsung hampir dua jam itu, Dekan FISIP UNNES Arif Purnomo mengumumkan Mochamad Ainul Yaqin lulus sebagai Doktor Pertama FISIP UNNES. Mochamad Ainul Yaqin dinyatakan lulus dengan IPK 3,87 sehingga mendapatkan predikat sangat memuaskan.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.