Guru Harus menulis Untuk Berbagi Pengalaman

Semarang, FIS Unnes 2022. “Banyak praktik baik yang dilakukan guru selama proses mengajar di sekolah. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama mengajar mendorong guru melakukan percobaan-percobaan untuk menjawab setiap permasalahan tersebut dan melahirkan praktik baik. Penelitian Tindakan kelas merupakan contoh praktik baik yang secara langsung menjawab permasalahan tersebut. Hanya saja praktik baik tersebut belum semua dibagi agar praktik baik tersebut dapat di tiru dan dikembangkan guru lain”.

Demikian disampaikan oleh Ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial UNNES kepada guru-guru di lingkungan SMA Negeri 2 Blora, Selasa 5 Juli 2022.

Pada kesempatan tersebut, tim Pengabdian menyampaikan pentingnya guru menulis artikel hasil penelitian dan sumber lain dan selanjutnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah maupun media lain sehingga gagasan dan pengalaman baik tersebut lebih bermakna. Perasaan bahwa tulisannya kurang bagus harus dibuang jauh-jauh karena setiap tulisan yang telah dibuat pasti mempunyai daya tarik tersendiri, dan jika ada tulisan yang perlu diperbaiki, maka biasanya di setiap jurnal ada tim yang akan memperbaiki tulisan yang akan diterbitkan tanpa mengubah substansi isi tulisan yang ada.

Di hadapan guru-guru, Muh. Sholeh menyampaikan bahwa guru bukan hanya jabatan fungsional, tapi juga jabatan profesional, sehingga guru perlu mengembangkan profesinya melalui karya inovatif, pengembangan diri, dan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah perlu didorong  bukan hanya untuk kepentingan angka kredit, tapi juga untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Sejatinya, tulisan guru sangat besar manfaatnya, dan beberapa perguruan tinggi termasuk UNNES telah mempunyai jurnal untuk menerima dan mempublikasikan tulisan tersebut dari beragam disiplin ilmu pengetahuan, termasuk yang berbasis kependidikan.

Guru-guru bisa mendapatkan informasi tentang jurnal yang ada di UNNES dengan cara menulis http://web.journal.unnes.ac.id/. Pada laman tersebut guru-guru bisa mendapatkan beragam jurnal yang ada di UNNES. Bagi guru-guru yang berlatar belakang sosial bisa mencoba mengetahui jurnal yang ada di linkungan Fakultas Ilmu Sosial UNNES dengan mencari pada laman http://fis.unnes.ac.id/index.php/jurnal/. Adapun jurnal yang menerima dari tulisan guru-guru yang berasal dari lintas disiplin ilmu bisa di temukan pada laman https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk. Guru-guru akan menemukan Jurnal Profesi Keguruan (JPK) yang dikelola oleh LP3 UNNES dan biasanya menerima artikel hasil penelitian guru-guru.

Muh Sholeh juga menyampaikan bahwa ada tahapan yang harus ditempuh oleh guru sebelum artikelnya dipublikasikan, yaitu mengunjungi laman jurnal, kemudian melakukan registrasi sebagai penulis. Proses ini diakui membutuhkan waktu dan kadang juga mengalami beberapa kegagalan. Tapi ketika guru-guru mencoba registrasi ke jurnal JPK ternyata mereka tidak mengalami kesulitan, termasuk beberapa guru yang mencoba registrasi pada jurnal di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial.

Setelah proses registrasi, maka langkah selanjutnya adalah proses submit atau mengirimkan manuskrip atau artikel pada jurnal yang diinginkan. Pengiriman artikel juga membutuhkan waktu. Khusus untuk jurnal JPK, selain artikel, bahan lain yang harus disertakan adalah file suplemen baik berupa instrumen atau laporan hasil penelitian untuk memastikan bahwa artikel yang dikirimkan merupakan hasil penelitian. Setelah proses submit berhasil dilakukan, maka penulis akan mendapat informasi dari pengelola jurnal yang dikirim ke email.

Kegiatan Pelatihan Penguatan Pengembangan Profesi Keberlanjutan Guru Melalui Penyusunan dan Penerbitan Artikel merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh beberapa dosen dan tenaga kependidikan FIS, yaitu Muh. Sholeh, Edi Kurniawan, Wahid Akhsin, Pradika Adi Wijayanto, Andy Suryadi, Sriyanto, dan Wisnu Permana.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.