Mahasiswa Baru FIS UNNES Ditantang Jadi Pengusaha

Universitas Negeri Semarang > Faculty of Social Sciences and Political Science > Berita > Mahasiswa Baru FIS UNNES Ditantang Jadi Pengusaha

Semarang, FIS UNNES. Berusia muda tidak menghalangi seseorang sukses mengembangkan lini bisnis menyesuaikan passion dan kegemarannya di bidang fashion. Irma Susanti atau Kak Irma, pendiri dan pemilik Identix Batik  menceritakan pengalaman bisnisnya dihadapan mahasiswa baru dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Kampus (PKKMB) FIS UNNES.

Kak Irma menjelaskan bahwa segala sesuatu berasal dari visi atau mimpi, sebagai mahasiswa pendidikan Kak Irma masih ingat betul bagaimana proses menyusun skripsi, dan keinginan yang kuat untuk melaksanakan penelitian di darah terpencil, oleh dosen pembimbinya yang sekarang menjadi dekan (Dr. Moh Solehatul Mustofa) diarahkan agar penelitian yang dilakukan memberi dampak atau manfaat. Kak Irma juga masih aktif mengajar untuk bidang-bidang bisnis.

Berkaitan dengan Visi, Kak Irma memberi contoh bahwa visi Identix adalah menjadikan identik sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia yang mendominasi pasar global.

Dari mimpi tadi maka diperlukan langkah-langkah agar tujuan tersebut tercapai. Jika mahasiswa punya mimpi menjadi guru, menteri, konsultan tata ruang wilayah, menjadi DPR, MPR, maka bagaimana mimpi tersebut dituangkan menjadi misi. Jika mahasiswa ingin lulus tepat waktu dengan nilai cuumloude, maka mahasiswa harus merencanakan dari semester 1, dan semester berikutnya dari sekian banyak tugas yang diberikan oleh dosen harus dikumpulkan dan dimanfaatkan agar mendukung cita-cita mahasiswa jika ingin cepat lulus.

Untuk Identix misinya adalah menjadi produsen batik tulis yang unggul dan mencirikan kekayaan bangsa Indonesia yang menembus pasar internasional, kedua berperan sebagai penggerak ekonomi kerakyatanmelalui produk-produk kreatif yang berkualitas ekspor, ketiga merespon generasi milenial di Semarang dan indonesaia sebagai wadah kreativitas melalui karya identik, keempat memberi kebanggan kepada pelanggan pada saat menggunakan batik sebagai identitas budaya Indonesaia.

Mengapa saya berbisnis? Karena dengan membuka lapangan pekerjaan maka itu akan sangat bermanfaat buat banyak orang. Jadi mindset kita adalah boleh kita dari pendidikan itu mengajar, mengabdi tehadap negeri untuk meningkatkan SDM dan itu sesuatu yang sangat mulia, dan tidak lupa menjadi pengusaha, karena dengan menjadi pengusaha akan memberi manfaat bagi sesama. Kita mengubah mindset orang bahwa mamakai batik itu tidak kuno, memberi kebanggan pada customer atau pelanggan kita pada saat memakai batik.

Menurut Kak Irma, bisnis itu bermula dari Ide dan harus diimplementasikan. Karena sehebat apapun ide apabila tidak diimplementasikan akan sia-sia. Maka diperlukan perencanaan strategi kreatif bisnis, inovasi, networking, teamwork, dan harus dimulai dari diri kita sendiri

Paparan Kak Irma sangat memikat mahasiswa baru, banyak yang merespon dengan mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan diantaranya alasan mendasar menjadi pengusaha, padahal berasal dari pendidikan, bagaimana mendapatkan modal, dan bagaimana mengahadapi setiap hambatan yang dihadapi.

Menurut Kak Irma, menjadi pengusaha itu sesuatu yang menantang, dan banyak peluang yang bisa diambil. Pengalaman bekerja pada perusahaan telah memberi kesempatan Kak Irma untuk menyerap ilmu dan manajemen untuk diterapkan pada perusahaan yang dikelolanya. Modal kita adalah ilmu yang sudah diwariskan orang tua, pengalaman, dan ilmu-ilmu kita sendiri. Itulah yang utama, maka kita harus mengubah mindset. Untuk menghadapi semua hambatan, maka kita harus berani keluar dari zona nyaman.

Kendalanya yang dihadapi banyak sekali. Kehujanan dan kepanasan semua pernah dialami karena barang-barang yang ditawarkan kepada konsumen harus diantar sendiri. Banyak juga penolakan, tapi Kak Irma tetap yakin dan percaya diri. Kendala bukan hambatan, tapi tantangan yang harus dihadapi. Jika saat ini banyak penjual batik, maka produk kita harus berbeda dengan produk lainnya. Dibagian ahir Kak Irma sempat menyinggung tentang branding, termasuk menceritakan mengapa menggunakan nama identik, yang ternyata berasal dar Irma desain batik.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.