Semarang, FIS Unnes, 2021. Hima Pendidikan IPS FIS UNNES melaksanakan kegiatan PESIAR IPS (Pekan Prestasi Warga IPS) Hima pendidikan IPS pada tanggal 20 April 2021 yang bertemakan “Mengembangkan dan Kreativitas Diri Mahasiswa Pendidikan IPS di Bidang Seni dan Literasi”. Kegiatan PESIAR IPS 20201 tersebut dilaksanakan dengan mengadakan beberapa lomba yakni lomba esai, lomba fotografi,Infografis dan musikalisasi puisi. Kegiatan lomba dilaksanakan secara online dikarenakan mengingat merebaknya virus Covid-19 yang sedang menyebar di Indonesia yang mengakibatkan semua mahasiswa dipulangkan dan melakukan perkuliahan secara daring (menggunakan media online).
Berdasarkan informasi penyelenggaran, kegiatan diawali dengan pendaftaran lomba pada tanggal 9 sampai dengan 11 April 2021 secara online. Selanjutnya kegiatan pengumpulan karya oleh peserta dilakukan pada tanggal 12April sampai dengan 17 April 2021. Kemudian pengumuman lomba dilaksanakan pada tanggal 20 April 2021 secara online.
Lomba pertama adalah lomba esai yang bertemakan “Inovasi anak bangsa menghadapi Indonesia era society 5.0” dan diikuti oleh 7 peserta mahasiswa pendidikan IPS. Lomba ini bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis mahasiswa dan menumbuhkan Critical Thingking sebagai mahasiswa ilmu sosial yang dapat berinovasi dalam menghadapi era society 5.0 saat ini.
Lomba kedua adalah lomba fotografi yang bertemakan “Aktif bersosial dan berkreativitas” dan diikuti oleh 7 peserta. Lomba ini bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam bidang poster dan fotografi.
Lomba ketiga adalah lomba poster yang bertemakan “Aktif bersosial dan berkreativitas” dan diikuti oleh 3 peserta. Lomba ini bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang pembuatan poster. Tak terasa rangkaian kegiatan lomba tersebut berjalan dengan lancar dan semoga dengan adanya kegiatan lomba PESIAR IPS ini bisa meningkatkan literasi dan kreativitas mahasiswa pendidikan IPS serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap prodi pendidikan IPS ini.