Pembatasan Akses Bebarapa Situs Internet

Universitas Negeri Semarang/UNNES ICT Center/Berita/Pembatasan Akses Bebarapa Situs Internet

Dalam rangka meningkatkan efktifitas penggunaan bandwidth, mulai tahun 2013 ini BPTIK selaku penanggung jawab pengelolaan jaringan internet di Unnes memberlakukan kebijakan pembatasan akses terhadap beberapa situs yang menggunakan resource bandwidth yang tinggi, salah satunya situs berbagi video Youtube. Kebijakan ini berlaku selama jam kerja, yakni pukul 07.00 – 16.00. Harapan dari diberlakukannya kebijakan ini adalah agar penggunaan internet digunakan untuk mengakses sumber referensi yang bermanfaat dalam mendukung pengembangan keilmuan seperti jurnal atau referensi lainnya yang bermanfaat, seperti disampaikan Koordinator Divisi Infratruktur, Suminar S.Pd saat ditemui di ruang kerjanya.
Selain Youtube, beberapa situs yang mengandung unsur pornografi dan perjudian telah terblokir dalam sistem firewall di jaringan internet Unnes. Selain tidak bermanfaat, situs semacam ini juga melanggar hukum, tambah Suminar.
Disamping dalam mengefektifkan penggunaan bandwidth, kebijakan ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Unnes. Namun jika beberapa situs yang dirasa bermanfaat ikut terblokir, Anda dapat melaporkannya melalui email : [email protected] atau [email protected].