Koordinator Program Studi Pendidikan Seni (S3)
Dr. Agus Cahyono, M.Hum.
_____________________________________________________________________________
NO | Sertifikat Akreditasi | No. SK | Masa Berlaku |
---|---|---|---|
1 | BAN-PT No. 1221/SK/BAN-PT/Akred/D/IV/2019 | 30/04/2024 | |
2 | LAMDIK No. 382/SK/LAMDIK/Ak/D/III/2024 | 1 Mei 2024 sampai dengan 30 April 2029 | |
PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI
Nama PT | Universitas Negeri Semarang |
Nama UPPS | Fakultas Bahasa dan Seni |
Tahun Berdiri | 1999 |
Nomor Surat Keputusan (SK) | Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 124 Tahun 1999 |
Jumlah Program Studi | 1 Ps D3, 15 Ps S1, 3 Ps S2, 2 Ps S3 |
Alamat Kantor | Kampus Sekaran, Semarang |
Nomor Telepon | 024-8440516 |
Alamat email | [email protected] |
Website | https://unnes.ac.id/fbs/id/homepage-2/ |
a. Kesesuaian VMTS Universitas Negeri Semarang dengan VMTS FBS UNNES
Visi, misi, tujuan dan dan strategi FBS UNNES berlandaskan pada (1) Statuta UNNES, (2) Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNNES yang telah diatur dalam Permenristekdikti Nomor nomor 49 tahun 2016, (3) Perkembangan IPTEKS, dan (4) paradigma penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas. Statuta UNNES dijadikan landasan atau payung visi-misi FBS UNNES dan Prodi S3 Pendidikan Seni karena di dalamnya berisi penjelasan struktur, tugas pokok dan fungsi yang harus diimplementasikan oleh setiap satuan unit kerja. Visi dan Misi UNNES termuat dalam Renip UNNES 2016-2040 dan Renstra Bisnis UNNES 2020-2024 .
Tabel A.1 Kesesuaian VMTS UNNES dengan VTMS FBS UNNES
Visi UNNES | Visi FBS UNNES |
Menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi Internasional | Menjadi fakultas bereputasi dunia dan pelopor kecemerlangan pendidikan yang berwawasan konservasi |
Tabel A.2 Kesesuaian Misi UNNES dengan Misi FBS UNNES
Misi UNNES | Misi FBS UNNES |
Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dalam program kependidikan dan nonkependidikan yang unggul berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.Mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, peradaban dan olahraga yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan olahraga yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.Membangun dan mengembangkan kerjasama Institusi dalam menunjang penguatan kelembagaan yang bereputasi internasional. | Menyelenggarakan pendidikan yang cemerlang, bereputasi dunia, dan berwawasan budaya yang meliputi bahasa, sastra dan seni;Melaksanakan dan mengembangkan penelitian yang berkualitas unggul dan berwawasan budaya meliputi bahasa, sastra,dan seni;Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran yang berwawasan budaya meliputi bahasa, sastra,dan seni.menerapkan tata kelola yang baik, mampu beradaptasi, dan bersinergi dengan lingkungan secara berkelanjutan yang meliputi bahasa, sastra,dan seni.Melaksanakan kerja sama dalam membangun reputasi dengan berbagai pihak di tingkat lokal regional, nasional, dan internasional dalam bidang bahasa, sastra,dan seni. |
Tabel A.3 Kesesuaian Tujuan UNNES dengan Tujuan FBS UNNES
Tujuan UNNES | Tujuan FBS UNNES |
Mewujudkan kebudayaan unggul dalam pendidikan melalui upaya pelestarian dan pengembangan nilai pengetahuan dan keyakinan berwawasan konservasi.Mewujudkan pranata pendidikan dan tata kelola yang efektif, kreatif, serta produktif yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.Menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, akademisi dan profesional yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga berwawasan konservasi.Menghasilkan dan menyebarluaskan karya-karya ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olahraga yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.Menjalin kerjasama institusi dalam menunjang penguatan kelembagaan yang bereputasi internasional | Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf nasional, internasional berwawasan budaya yang meliputi bidang bahasa, sastra dan seni.Menghasilkan karya penelitian dan publikasi berwawasan budaya yang meliputi Bahasa sastra dan seni.Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan budaya berbasis IPTEK meliputi Bahasa, sastra, dan seniMewujudkan tata kelola yang baik, mampu beradaptasi, dan bersinergi dengan lingkungan secara berkelanjutan yang meliputi bahasa, sastra,dan seni.Mewujudkan kerjasama dalam membangun reputasi dengan berbagai pihak di tingkat lokal regional, nasional, dan internasional dalam bidang bahasa, sastra,dan seni. kelembagaan FBS UNNES yang bereputasi internasional. |
Tabel A.4 Kesesuaian Sasaran UNNES dengan Sasaran FBS UNNES
Sasaran UNNES | Sasaran FBS UNNES |
Terwujudnya world class university.Menguatnya wawasan konservasi.Meningkatnya atmosfer akademik.Meningkatnya prestasi, kewirausahaan, dan karakter mahasiswa dan alumni.Terwujudnya revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).Meningkatnya tata kelola dan otonomi kampus.Meningkatnya pengembangan keilmuan.Terwujudnya sumber daya manusia sesuai dengan tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0.menguatnya publikasi dan inovasi produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.Meningkatnya income generating. | Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf nasional, internasional berwawasan budaya yang meliputi bidang bahasa, sastra dan seni.Menghasilkan karya penelitian dan publikasi berwawasan budaya yang meliputi Bahasa sastra dan seni.Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan budaya berbasis IPTEK meliputi Bahasa, sastra, dan seniMewujudkan tata kelola yang baik, mampu beradaptasi, dan bersinergi dengan lingkungan secara berkelanjutan yang meliputi bahasa, sastra,dan seni.Mewujudkan kerjasama dalam membangun reputasi dengan berbagai pihak di tingkat lokal regional, nasional, dan internasional dalam bidang bahasa, sastra,dan seni. |
b. Kejelasan VMTS UPPS
VMTS FBS UNNES sangat jelas. Hal ini didukung dengan bukti sebagai berikut:
c. Kerealistikan VMTS UPPS
VMTS FBS UNNES sangat realistik. Hal ini didukung dengan bukti sebagai berikut:
d. VMTS UPPS yang Visioner
VMTS FBS UNNES memiliki arah yang visioner, karena disusun berdasarkan:
PPS memiliki dosen tetap (DT) dengan rasio dosen: mahasiswa yang sangat proporsional.
FBS UNNES memiliki dosen tetap sebanyak 347 orang yang keseluruhannya bergelar Doktor. Jumlah mahasiswa FBS UNNES sebanyak 3.744 orang, sehingga rasio perbandingan dosen dan mahasiswa FBS UNNES adalah 1:11.
Berdasarkan jabatan fungsional, dosen FBS UNNES terdiri atas Guru Besar 87 orang (25%), Lektor Kepala 184 orang (53%), Lektor 76 orang (22%).
a. UPPS Memiliki Sistem Penjaminan Mutu Internal
Program FBS UNNES memiliki Gugus Penjaminan Mutu berdasarkan SK Gugus Penjaminan Mutu (GPM) yang merupakan sistem penjaminan mutu internal.
Proses SPMI pada seluruh program studi yang ada di FBS UNNES selama ini berjalan sangat lancar, melalui proses pelaporan dan evaluasi berkala yang dilaksanakan sesuai dengan standar penjaminan mutu BPM.
b. Pelaksanaan Penjaminan Mutu Internal
Pelaksanaan penjaminan mutu internal dilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu FBS UNNES. Adapun kegiatan monitoring dan evaluasi yang disebut sebagai Audit Mutu Internal (AMI) dilaksanakan Badan Penjaminan Mutu UNNES secara berkala pada setiap akhir tahun anggaran. Pelaksanaan dilakukan serentak dan dikoordinir secara terpusat oleh Badan Penjamin Mutu UNNES.Mutu bidang akademik dilaksanakan melalui (1) persiapan pembelajaran, (2) proses pembelajaran, (3) pembimbingan akademik, (4) terlaksananya ujian komprehensif, (5) penyusunan disertasi, (6) proses ujian akhir semester, (7) pelaksanaan ujian disertasi, (8) prestasi akademik mahasiswa meliputi IPK lulusan, nilai TOEFL minimal 500, (9) kinerja dosen, (11) evaluasi lulusan (Lampiran Mutu UNNES)
Kurikulum PRODI S3 PENDIDIKAN SENI
Program Studi S3 Pendidikan Seni S3 UNNES merupakan prodi pendidikan seni pertama yang berdiri di Indonesia pada tahun 2012 dengan nomor SK Pendirian 569//E/T/2012. Program studi S3 Pendidikan Seni pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan seni untuk tingkat pendidikan jenjang S3 yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial-budaya. Lulusan Program Studi Pendidikan Seni dibekali keterampilan seni dan kependidikan seni. Kompetensi Program Studi S3 Pendidikan seni UNNES, yaitu: a) menghasilkan doktor pendidikan seni yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, mempunyai kompetensi mengajarkan seni di lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal, dengan didukung kemampuan dalam penelitian seni dan pendidikan seni, penguasaan teknologi informatika, yang menunjang pendidikan yang lebih tinggi., b) mengembangkan berbagai model-model perkuliahan yang inovatif serta relevan dengan kebutuhan stakeholder, dan c) meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian kependidikan seni yang mendukung visi program studi melalui kerja sama dengan berbagai pihak.
Dokumen kurikulum S3 Prodi Pendidikan Seni dapat dicermati pada https://apps.unnes.ac.id/14
UNNES melakukan review kurikulum setiap dua tahun, dan setiap empat tahun merupakan masa implementasi kurikulum baru yang diterapkan di setiap program sarjana dan pascasarjana. Tujuan dilakukannya review kurikulum adalah untuk memastikan bahwa kurikulum yang berlaku tetap relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, persyaratan dan kebutuhan pengguna. Tinjauan kurikulum dapat dilakukan dengan meninjau isi materi pembelajaran RPS dan mengevaluasi program pembelajaran. Untuk kegiatan pembelajaran di UNNES menggunakan kurikulum 2020, dimana sebelumnya telah digunakan kurikulum 2015 dan 2018. Jika merujuk pada Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 maka masa studi program doktor adalah paling lama 7 (tujuh) tahun akademik, dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 42 (empat puluh dua) sks.
Hasil pembelajaran dicapai dengan mengadaptasi pembuatan kurikulum pembelajaran dengan pengembangan kurikulum melalui pendekatan OBE (Outcomes Based Education), dengan kriteria tingkat KKNI yang digunakan sebagai acuan untuk merancang kurikulum. Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Seni UNNES disusun untuk menghasilkan lulusan yang bisa menerapkan ilmunya sesuai dengan capaian standar pendidikan yang telah ditetapkan oleh SN-DIKTI. Pada pelaksanaannya, kurikulum di Program Studi S3 Pendidikan Seni UNNES dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian serta perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Kurikulum yang masih digunakan di Program Studi Pendidikan Seni S3 adalah Kurikulum Berbasis Capaian yang sesuai dengan KKNI serta SN-DIKTI tahun 2020.
Daftar Mata KuliahNo. | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Jenis Mata Kuliah* | Jumlah SKS | Unit Penyelenggara* | Kesesuaian dengan CL* | Ketersediaan RPS* | ||||
Teori | Praktikum | Praktik | PT | UPPS | PS | ||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11) | (12) |
Semester 1 | |||||||||||
1. | 20P00907 | Filsafat Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
2. | 20P00908 | Metodologi Penelitian Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
3. | 20P00909 | Pemikiran dan Ideologi Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
4 | 20P00910 | Tata Kelola Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
Semester 2 | |||||||||||
1. | 20P00911 | Analisis Data Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
2. | 20P00912 | Isu dan Paradigma Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
3. | 20P00913 | Teori-teori Interdisiplin Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
4 | 20P00914 | Penyajian Data Pendidikan Seni | V | 3 | V | V | V | ||||
5 | 20P00916 | Komunikasi Seni* | V | 3 | V | V | V | ||||
6 | 20P00917 | Antropologi Seni* | V | 3 | V | V | V | ||||
7 | 20P00918 | Sosiologi Seni* | V | 3 | V | V | V | ||||
8 | 20P00919 | Psikologi Seni* | V | 3 | V | V | V | ||||
Semester 3 | |||||||||||
1. | 20P00915 | Seminar Proposal Penelitian Disertasi | V | 3 | V | V | V | ||||
Semester 4 | |||||||||||
1 | 15U00025 | Disertasi | V | 12 | V | V | V | ||||
Total SKS |
*Beri tanda √ pada kolom yang sesuai dengan menambahkan persentase ketercapaian