Pendidikan Seni Rupa (S1)

Koordinator Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1)

Ratih Ayu Pratiwinindya, S.Pd., M.Pd.

_____________________________________________________________

NOSertifikat AkreditasiNo. SKKeterangan
1BAN-PT No. 2509/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/202129 April 2021 – 29 April 2026
   

Izin, Akreditasi, Gelar

Izin                  :  6429/D/T/K-N/2011

Akreditasi      :  A (Amat Baik) (2021-04-28) s.d (2026-04-29)

Gelar              :  Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES diresmikan sejak tanggal 27 Desember 1960 melalui SK Sekretaris Jendral Departemen Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan nomor 108487/S. melalui visi dan misi dikembangkan program untuk menghasilkan lulusan sarjana berkompetensi utama sebagai Guru Pendidikan Seni Rupa di berbagai jenjang pendidikan dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang pengembangan seni rupa, menawarkan sejumlah mata kuliah pokok dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

Visi, Misi, Tujuan

VISI

Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes sebagai program studi berwawasan  konservasi dan bereputasi internasional untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang berkompetensi di bidang seni rupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

MISI

Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik tenaga kependidikan kesenirupaan dalam rangka melestarikan,  mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kesenirupaan melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN

Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang:
    1. memiliki kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai religius budaya bangsa,
    2. memiliki pengetahuan tentang estetika seni rupa yang meliputi sejarah dan teori-teori seni rupa
    3. memiliki   kemampuan berapresiasi dan berkreasi berbagai cabang seni rupa,
    4. memiliki kemampuan dan keterampilan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan seni rupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang seni dan pendidikan seni rupa yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan
  3. Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni dan pendidikan seni rupa yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memperkuat jejaring kerja sama pada skala nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan pendidikan seni rupa.

Capaian Pembelajaran Lulusan  Program Studi Pendidikan Seni Rupa S1

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dan teori pendidikan secara umum serta konsep dan teori pendidikan seni rupa untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  2. Menguasai konsep, gagasan, dan pemikiran  tentang berbagai model atau bentuk perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  3. Menguasai konsep, gagasan, dan pemikiran tentang pemanfaatan sumber dan media pembelajaran untuk kepentingan pembelajaran seni rupa pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  4. Menguasai konsep dan prinsip pemecahan masalah pendidikan seni rupa berbasis penelitian dan mengkomunikasikannya untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  5. Menguasai konsep, prinsip,  kesejarahan serta apresiasi dan kritik dalam bidang seni rupa sebagai modal pengembangan profesi sebagai guru maupun praktisi di bidang seni rupa

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Aspek  Keterampilan Khusus

  1. Mampu menyelenggarakan pembelajaran seni rupa mencakupi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang mendidik pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara
  2. Mampu mengembangkan bahan ajar apresiasi maupun kreasi seni rupa pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  3. Mampu berkreasi seni rupa yang mencakupi bidang seni gambar, lukis, patung, grafis, kriya dan desain sebagai modal pengembangan profesi sebagai guru maupun praktisi di bidang seni rupa
  4. Mampu menulis secara kritis dalam bidang seni rupa maupun pendidikan seni rupa berdasarkan penelitian atau sumber lainnya.

PELUANG KERJA

  1. Guru SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA
  2. Tenaga Kependidikan Seni Budaya
  3. Profesi sebagai pelukis, pematu

Accessibility Toolbar

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.