Pendidikan Bahasa Inggris (S2)

Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)

Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.

_______________________________________________________________

NOSertifikat AkreditasiNo. SKKeterangan
1BAN-PT No. 10761/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/202128 – Juli – 2026
   

DASAR HUKUM

  1. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.129/DIKTI/Kep/1997 tanggal 30 Mei 1997 tentang Pembentukan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa pada IKIP Semarang.
  2. Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 057/BAN­PT/Ak-I/S2/XII/2001 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi untuk Program Magister di Perguruan Tinggi (akreditasi Unggul)
  3. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.122/DIKTI/Kep/2007 tanggal 31 Agustus 2007 tentang Penataan dan Penetapan Kembali Ijin Penyelenggaraan Program Studi di Universitas Negeri Semarang.
  4. Surat Keputusan BAN PT No. 388/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2014tanggal 02 Oktober 2014 tentang Status, Peringkat dan Hasil Akreditasi  B pada Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang

VISI

Menjadi program studi yang mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi kependidikan bahasa Inggris yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang S2 Pendidikan Bahasa Inggris;
  2. Menyelenggarakan penelitian, menghasilkan karya ilmiah, menyebarluaskan karya ilmiah melalui publikasi jurnal ilmiah dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan serta menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan paradigma yang relevan;
  3. Menyelenggarakan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk kerjasama, konsultasi yang berkaitan dengan pendidikan bahasa Inggris;
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan badan atau lembaga yang relevan dalam bidang kependidikan bahasa Inggris.

TUJUAN

Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Unnes bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepercayaan akademik, pengetahuan, dan keterampilan yang tinggi untuk menerapkan dan mengembangkan pengetahuan bidang kependidikan dan pembelajaran bahasa Inggris, melakukan berbagai inovasi untuk memecahkan persoalan dan memberikan sumbangan bagi kemajuan pembelajaran bahasa Inggris di semua jenjang pendidikan;
  2. Menghasilkan karya penelitian di bidang pembelajaran bahasa Inggris dan mendiseminasikan hasilnya melalui jurnal lokal, nasional, dan internasional;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan hasil-hasil penelitian untuk memecahkan berbagai masalah pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam konteks Indonesia;
  4. Merealisasikan kerjasama dengan berbagai lembaga baik di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang akademik, kolaborasi penelitian, dan kerjasama implementasi hasil penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

DESKRIPSI SINGKAT

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah Program Magister dalam bidang ilmu pendidikan Bahasa Inggris yang menghasilkan guru, dosen, instruktur, praktisi pendidikan Bahasa Inggris dalam konteks pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan mengenai pendekatan, metode dan teknik serta strategi pembelajaran Bahasa Inggris dengan berbasis pada teori pemerolehan bahasa kedua (Second Language Acqusition theory), teori sociokultural (sociocultural theory), linguistik sistemik fungsional (Sistemic Functional Linguistics) dan technology-enhanced English language teaching and learning sehingga lulusan memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Pengembangan sikap juga menjadi fokus dalam membentuk lulusan yang memiliki karakter kolaboratif, kreatif, komunikatif, dan berpikir kritis. Selain proses pembelajaran berorientasi outcome-based education, kegiatan-kegiataan akademik pada Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris meliputi kegiatan penelitian dan pengabdian yang melibatkan mahasiswa dan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan mitra di dalam dan luar negeri, meliputi: visiting professor, joint lecture, workshop, penelitian dan pengabdian kolaboratif, penulisan artikel penelitian, book chapter, serta pengembangan networking alumi pada tingkat regional, nasional, dan internasional.

BEST PRACTICES DAN PRESTASI

  1. Memperoleh penghargaan KINERJA PROGRAM STUDI S2 BIDANG KERJASAMA TERBAIK 2 (tahun 2021)
  2. Memperoleh penghargaan PERINGKAT UMUM KINERJA TERBAIK 2 (tahun 2020)

MITRA KERJASAMA

  1. University Sabah Malaysia (USM),
  2. Universitas Pendidikan Indonesia,
  3. UIN Sumatra Utara,
  4. UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  5. Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta,
  6. MGMP SMP Kota Semarang,
  7. MGMP SMA Kota Semarang

KURIKULUM

NoMata KuliahSKS
Semester I
1Theories of Language Teaching & Learning3
2Research in English Language Teaching3
3Systemic Functional Linguistics3
4Semantics3
5Sociopragmatics3
15
Semester II
1Discourse Studies3
2ICT-Based TEFL3
3Assessment in English Language Teaching3
4Thesis Proposal Writing2
11
Semester III
1Thesis8
2Mata kuliah pilihan (Pilih satu)2
Critical reading & writing
Translation studies
Second language acquisition & learning
Literary studies
Educational management & supervision
Statistics for EKT Research
10
Semester IV
1Thesis
TOTAL SKS36

DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING

  1. Prof. Dr. Januarius Mujiyanto, M.Hum.
  2. Prof. Dr. Issy Yuliasri, M.Pd.
  3. Prof. Dr. Rudi Hartono, M.Pd.
  4. Prof. Sri Wuli Fitriati, M.Pd., Ph.D.
  5. Puji Astuti, M.Pd., Ph.D.
  6. Widhiyanto, M.Pd., Ph.D.
  7. Henrikus Joko Yulianto, M.Hum., Ph.D.
  8. Dr. Rahayu Puji Haryanti, M.Hum.
  9. Dr. Frimadhona Syafri, M.Hum.
  10. Dr. Hendi Pratama, M.A.
  11. Dr. Sri Wahyuni, M.Pd.
  12. Zulfa Sakhiyya, M.Tesol, Ph.D.
  13. Fahrur Rozi, M.Pd., Ph.D.
  14. Prof. Dr. Dwi Rukmini, M.Pd.
  15. Dr. Djoko Sutopo, M.Si.
  16. Prof. Mursid Saleh, Ph.D.
  17. Yuliati, Ph.D.

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy