Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.
_______________________________________________________________
DASAR HUKUM
VISI
Menjadi program studi yang mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi kependidikan bahasa Inggris yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional
MISI
TUJUAN
Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Unnes bertujuan:
DESKRIPSI SINGKAT
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah Program Magister dalam bidang ilmu pendidikan Bahasa Inggris yang menghasilkan guru, dosen, instruktur, praktisi pendidikan Bahasa Inggris dalam konteks pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan mengenai pendekatan, metode dan teknik serta strategi pembelajaran Bahasa Inggris dengan berbasis pada teori pemerolehan bahasa kedua (Second Language Acqusition theory), teori sociokultural (sociocultural theory), linguistik sistemik fungsional (Sistemic Functional Linguistics) dan technology-enhanced English language teaching and learning sehingga lulusan memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Pengembangan sikap juga menjadi fokus dalam membentuk lulusan yang memiliki karakter kolaboratif, kreatif, komunikatif, dan berpikir kritis. Selain proses pembelajaran berorientasi outcome-based education, kegiatan-kegiataan akademik pada Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris meliputi kegiatan penelitian dan pengabdian yang melibatkan mahasiswa dan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan mitra di dalam dan luar negeri, meliputi: visiting professor, joint lecture, workshop, penelitian dan pengabdian kolaboratif, penulisan artikel penelitian, book chapter, serta pengembangan networking alumi pada tingkat regional, nasional, dan internasional.
BEST PRACTICES DAN PRESTASI
MITRA KERJASAMA
KURIKULUM
No | Mata Kuliah | SKS |
Semester I | ||
1 | Theories of Language Teaching & Learning | 3 |
2 | Research in English Language Teaching | 3 |
3 | Systemic Functional Linguistics | 3 |
4 | Semantics | 3 |
5 | Sociopragmatics | 3 |
15 | ||
Semester II | ||
1 | Discourse Studies | 3 |
2 | ICT-Based TEFL | 3 |
3 | Assessment in English Language Teaching | 3 |
4 | Thesis Proposal Writing | 2 |
11 | ||
Semester III | ||
1 | Thesis | 8 |
2 | Mata kuliah pilihan (Pilih satu) | 2 |
Critical reading & writing | ||
Translation studies | ||
Second language acquisition & learning | ||
Literary studies | ||
Educational management & supervision | ||
Statistics for EKT Research | ||
10 | ||
Semester IV | ||
1 | Thesis | |
TOTAL SKS | 36 |
DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING