Prodi Pendidikan Seni Musik dan Seni Tari FBS UNNES Kuatkan Kerja Sama Internasional dengan Suan Sunandha Rajabhat University Thailand

Universitas Negeri Semarang > Faculty of Languages and Arts > Kabar Kampus > Prodi Pendidikan Seni Musik dan Seni Tari FBS UNNES Kuatkan Kerja Sama Internasional dengan Suan Sunandha Rajabhat University Thailand

Program Studi Pendidikan Seni Musik dan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar kegiatan guest lecture di Suan Sunandha Rajabhat University (SSRU), Thailand. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 11 dan 12 September 2024, bertempat di Faculty of Fine and Applied Arts SSRU, merupakan langkah implementasi kebijakan universitas terkait dengan kerja sama internasional dan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 mahasiswa dari Thai Dramatic Department dan 30 mahasiswa dari Music Department. Kehadiran para dosen tamu dari UNNES disambut hangat oleh Mr. Whutthichai Khathawi, Kepala Thai Dramatic Department, dan Mr. Pramot Teangtrong, Kepala Music Department. Acara dipandu langsung oleh Asst. Prof. Dr. Phakamas Jirajarupat, mempertegas eratnya hubungan akademik antara kedua institusi.

Para dosen Pendidikan Seni Musik yang hadir antara lain Abdul Rachman, M.Pd, Irfanda Rizki HS, M.A, Ibnu Amar Muchsin, M.A, dan Usman Wafa, M.Pd. Mereka mengenalkan musik tradisional Calung Banyumasan serta lagu Ricik-Ricik Banyumasan kepada para mahasiswa SSRU. Materi yang disampaikan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa, yang terlihat sangat bersemangat mengikuti perkuliahan tersebut.

Di sisi lain, Dosen Pendidikan Seni Tari yang turut hadir seperti Dr. Eny Kusumastuti, M.Pd, Lesa Paranti, M.A, Rimasari Pramesti Putri, M.Pd, dan Sestri Indah Pebrianti, M.A, memperkenalkan tari Lengger Banyumasan. Beberapa motif gerak tari Banyumasan ternyata memiliki kemiripan dengan gerak dasar tari tradisional Thailand, yang memungkinkan mahasiswa SSRU untuk dengan cepat menyerap materi yang diajarkan. Hal ini disebabkan oleh latar belakang budaya yang sama-sama berada dalam rumpun budaya Asia.

Setelah mendapatkan materi pada hari pertama, para mahasiswa menampilkan mini performance pada hari kedua. Mereka berkolaborasi menampilkan pertunjukan musik dan tari Lengger Banyumasan di hadapan para dosen dan mahasiswa. Pertunjukan ini tidak hanya memperlihatkan hasil belajar yang singkat namun bermakna, namun juga menunjukkan potensi besar kolaborasi lintas budaya antara UNNES dan SSRU.

Di akhir acara, pihak SSRU memberikan sertifikat Guest Lecture kepada para dosen UNNES. Kegiatan ini diapresiasi dengan sangat baik oleh pihak SSRU. “Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan mahasiswa kami tentang seni musik dan tari dari luar Thailand, tetapi juga mempererat hubungan kerja sama internasional antara universitas,” ujar Asst. Prof. Dr. Phakamas Jirajarupat.

Kerja sama antara UNNES dan SSRU diproyeksikan akan terus berkembang ke berbagai bidang lainnya, seperti kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa, dan kegiatan akademik lainnya yang memperkuat jaringan internasional antar perguruan tinggi.(*)

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy