Petualangan Karakter: Gagasan Permainan Interaktif Tim Ekspedisi Pintar UNNES untuk Belajar Membaca Efektif di SDLB Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang > Faculty of Languages and Arts > Kabar Kampus > Petualangan Karakter: Gagasan Permainan Interaktif Tim Ekspedisi Pintar UNNES untuk Belajar Membaca Efektif di SDLB Negeri Semarang

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Ekspedisi Pintar dari UNNES memberikan inovasi belajar membaca efektif melalui permainan interaktif bagi peserta didik. Penggunaan permainan interaktif untuk belajar membaca efektif ditujukan dalam proses pembelajaran di SDLB Negeri Semarang kelas 2.1 selama satu bulan. Pada 8 Mei 2024 permainan interaktif yang digunakan adalah “Petualangan Karakter”.

Menilik ke tujuannya, kegiatan membaca efektif menjadi salah satu cara penting untuk memahami berbagai hal agar dapat lebih mudah mengimplementasikannya. Oleh sebab itu, penting bagi setiap peserta didik untuk memiliki kemampuan membaca efektif. Namun, di SDLB Negeri Semarang rata-rata peserta didik kesulitan dalam belajar membaca karena terbatasnya media pembelajaran sehingga kurangnya motivasi. Dengan demikian, Tim Ekspedisi Pintar memperkenalkan permainan interaktif dengan dipadukan oleh buku Augmented Reality (AR) tingkat 2 kepada peserta didik. Buku AR tingkat 2 memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti permainan dan audiovisual sehingga dapat mengajak pengguna untuk berinteraksi secara aktif.

Permainan interaktif “Petualangan Karakter” diintegrasikan melalui permainan ular tangga dan buku AR. Setiap kubik di ular tangga terdapat gambar hewan yang ada di buku AR. Cara bermainnya adalah setiap peserta didik meletakkan pion hewan di kubik 0, kemudian melemparkan dadu, lalu jika telah keluar angka maka pion dapat dijalankan sesuai angka yang didapatkannya. Jika pion berhenti di salah satu hewan maka peserta didik dapat membaca buku AR sehingga dapat melihat visual hewan secara langsung dan mendengar suara hewan melalui smartphone. Peserta didik tersebut membacakan untuk teman-temannya, kemudian Tim Ekspedisi Pintar akan memberikan pertanyaan pemahaman terkait isi bacaan yang telah dibaca.

Manfaat dari permainan interaktif “Petualangan Karakter” bagi peserta didik adalah peserta didik dapat bermain seraya belajar membaca, peserta didik dapat melihat langsung bentuk dan suara hewan, dan peserta didik juga dapat belajar menghitung karena di dadu dan setiap kubiknya terdapat angka sehingga setiap peserta didik harus menghitung untuk memainkannya. Permainan interaktif “Petualangan Karakter” ini memberikan inovasi bagi guru terkait proses pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti belajar.

Related Posts

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy