Semangat Kerjasama Menjadikan Anak Labschool Genius

Senin, 20 Agustus 2018 | 11:21 WIB


Semangat Kerjasama Menjadikan Anak Labschool Genius

Lima lomba yang menuntut kerjasama tim yang padu hari ini dipertandingkan di SD Labschool Unnes (Kamis 16 Agustus 2018). Lomba tersebut adalah bakiak, balap karung, tarik tambang, memasukkan pensil dalam botol, dan estafet karet.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, sekaligus juga memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada bulan Juli lalu.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Semangat Kerjasama Menjadikan Anak Labschool GENIUS”. Genius sendiri merupakan akronim dari gesit, empati, berani,  unggul,dan  sehat.

Dika Prestama selaku ketua panitia kegiatan menuturkan, bahwa kegiatan ini memang bertujuan untuk memupuk semangat kerjasama para siswa. Dengan bentuk kegiatan yang dikemas dalam permainan yang dilombakan, diharapkan muncul juga rasa keberanian siswa, empati, melatih siswa menjadi gesit dan tangkas.

“Sesuai prinsip pembelajaran k13 (Kurikulum 2013) sekarang eranya adalah kolaborasi bukan lagi kompetisi. Kita terjemahkan dalam konteks permainan kerjasama agar karakter-karakter tersebut muncul. Di situ ada empati juga sportivitas. Jika menang, dia akan tetap menghargai yang kalah, tidak juga merendahkan. Sebaliknya bila kalah, dia tidak akan telalu bersedih dan bisa berlapang dada menerima kekalahan,” jelasnya.

Selain kegiatan lomba-lomba, dalam rangkaian kegiatan tersebut ada juga lomba menghias taman untuk masing-masing kelas, dan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai puncak acara.

Dia berharap, setiap siswa dapat menangkap dan menerapkan makna dan semangat kerjasama di dalam aktivitas sehari-hari.

“Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Di dalam permainan pun, kita perlu kerjasama. Dulu pejuang dan pahlawan kemerdekaan Indonesia juga bersatu dan bekerjasama mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia Merdeka. Kerjasama inilah yang kita pegang erat sebagai semangat kolaborasi,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 164 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X