Duta Wisata Wonosobo itu Lulus Tepat Waktu

Kamis, 9 Agustus 2018 | 9:03 WIB


Duta Wisata Wonosobo itu Lulus Tepat Waktu

Desinta Yosopranata mahasiswi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu potret mahasiswa yang berprestasi dan berkarakter. Peraih penghargaan Best Performance Duta Wisata Wonosobo 2018 ini berhasil mempertahankan skripsinya dihadapan penguji dengan penguji utama Dr. Nuriana RDN, M.Pd pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 sehingga dia dapat lulus tepat waktu. 

Desinta menulis skripsi tentang etnomatematika di bawah bimbingan Prof. Dr Zaenuri SE MSi dan Drs Mashuri MSi. 

Tema skripsi yang dikerjakan menginspirasinya di dalam membuat essay bertema kepariwisataan yaitu Ethnomathematics for Students in Wonosobo to Preserve Cultural Tourism. 

Pengetahuan tentang budaya Wonosobo bagi warga adalah penting untuk melestarikan wisata budaya di Wonosobo, karena pada dasarnya everybody is tourism ambassador. Setiap orang yang memiliki pengetahuan tersebut dapat mempromosikan potensi daerah tempat tinggal mereka. Pengetahuan tentang budaya harus diberikan sejak dini.

Pengetahuan tentang budaya Wonosobo dapat diberikan kepada siswa di Wonosobo melalui pembelajaran di sekolah tidak hanya melalui pelajaran seni budaya. Sebagai contoh, guru dapat menggunakan sampur yang biasa digunakan oleh penari Lengger untuk mengajar luas daerah persegi panjang. 

Dengan memasukkan budaya Wonosobo dalam pembelajaran matematika, siswa tidak hanya belajar budaya melalui mata pelajaran tertentu. Mereka dapat memiliki pengetahuan tentang budaya Wonosobo melalui pembelajaran matematika, di mana materi ini dianggap sulit dan membosankan bagi mereka. 

Pengetahuan tentang budaya Wonosobo sejak dini, siswa akan lebih akrab dengan budaya Wonosobo. Mereka yang sebelumnya tidak tahu tentang budaya Wonosobo menjadi tahu. Mereka yang sudah tahu tentang budaya Wonosobo akan lebih apresiatif, dan mereka yang sudah menghargai budaya Wonosobo akan melestarikannya. Pengetahuan tentang budaya siswa Wonosobo diharapkan membuat mereka mencintai dan melestarikan budaya, karena budaya adalah daya tarik dominan wisata budaya di Wonosobo.

Selama kuliah Desinta pernah mengikuti sit in di Universiti Teknologi Malaysia pada tahun 2016 dengan mempelajari relasi matematika dan budaya di Malaysia, lolos dalam 3 besar Duta FMIPA UNNES 2016 dan Putri Kartini FMIPA UNNES 2016.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 385 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X