POTENSI KUMBANG GELAP SEBAGAI BIODEGRADATOR SAMPAH PLASTIK

Universitas Negeri Semarang/Faculty of Mathematics and Natural Sciences/Ruang Profesor/POTENSI KUMBANG GELAP SEBAGAI BIODEGRADATOR SAMPAH PLASTIK
Prof. Dr. Ir. Priyantini Widiyaningrum, MS.

Prof. Dr. Ir. Priyantini Widiyaningrum, MS. adalah profesor pada bidang Zoologi (Ekofisiologi Hewan), FMIPA-UNNES. Latar Belakang Pendidikan S1 Peternakan (UGM), dilanjutkan S2 Pengelolaan Sumberdaya Alam konsentrasi Lingkungan Ternak (IPB) dan S3 Ilmu Ternak dengan konsentrasi Satwa Harapan Tropis. Mengampu mata kuliah pokok (S1) Ekofisiologi Hewan, Embriologi Hewan dan Anatomi Hewan,  Fokus Penelitian saat ini terkait Ekofisiologi serangga hama peternakan khususnya Alphitobius diaperinus.L

Pengantar

Dewasa ini sampah plastik masih terus menjadi persoalan lingkungan yang belum juga tuntas. Di masa pandemi bahkan penggunaan plastik semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan perlengkapan medis berbahan plastik sekali pakai. Kebiasaan baru belanja online juga memicu peningkatan penggunaan kemasan untuk pengiriman barang, yang biasanya tidak hanya terdiri dari satu jenis plastik. Mulai dari tempat kemasan barang itu sendiri, sterofoam, selotip, bubble wrap, hingga plastik lapisan terluar kemasan.

Polystyrene (PS) atau Styrofoam adalah salah satu dari  jenis-jenis plastik yang menimbulkan persoalan lingkungan karena memiliki tingkat daur ulang yang rendah. Dibanding plastik jenis lain, produk PS hanya digunakan untuk sekali pakai, antara lain berbentuk kemasan makanan dan minuman sekali pakai, isolasi bangunan, bagian dari produk helm dan peralatan listrik (Plastics Europe, 2019). Limbah PS tersusun dari banyak monomer styrene terpolimerisasi yang tahan terhadap biodegradasi. Sampai saat ini belum ada metode ramah lingkungan untuk menanggulangi sampah ini, selain upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bijak mengurangi penggunaan (reduce) atau menerapkan penggunaan berulang (reuse).

Penelitian baru melaporkan bahwa beberapa spesies serangga hama dari familia Tenebrionidae (ordo: Coleoptera) mampu menghancurkan plastik jenis PS karena mulut pengunyah dan aktivitas metabolisme mikroba di saluran pencernaannya. Tenebrionidae berasal dari kata bahasa Latin tenebrio yang artinya menyukai kegelapan, sehingga anggota Tenebrionidae dikenal sebagai golongan kumbang gelap.  Anggota familia Tenebrionidae atau kumbang gelap ini ada sekitar 15.000 spesies yang sudah teridentifikasi, tetapi spesies yang paling banyak dipelajari dalam hal degradasi PS adalah larva dari Tenebrio molitor, Alphitobius diaperinus dan Zophobas atratus. Ketiganya merupakan jenis serangga yang larvanya banyak dijual sebagai pakan burung kicauan, reptil, ikan dan hewan piaraan lainnya. Mengapa serangga anggota familia Tenebrionidae ini berpotensi sebagai biodegradator sampah plastik PS ? Tulisan ini akan memberikan penjelasan ilmiah bersumber dari penelitian-penelitian mutakhir, dan peluang kumbang gelap dari spesies  A. diaperinus  yang saat ini sedang menjadi fokus penelitian penulis.

Bioekologi Kutu Kandang  A. diaperinus.L

A. diaperinus Panzer adalah nama ilmiah salah satu kelompok kumbang gelap yang hidup dan berkembang biak di kandang peternakan ayam. Meskipun masuk golongan kumbang, tetapi peternak menyebutnya sebagai kutu frengki atau kutu kandang. Kutu ini mudah ditemukan berkembang biak di karena mereka mengkonsumsi pakan dan kotoran ayam sebagai sumber nutrisinya. Selain di kandang ayam, beberapa penelitian juga melaporkan bahwa spesies A. diaperinus ditemukan di berbagai fasilitas gudang penyimpanan biji-bijian produk pasca panen dan hidup berdampingan dengan spesies serangga gudang lainnya. A. diaperinus digolongkan kedalam kelompok kumbang gelap (darkling beetle) dengan beberapa karakter kunci (Gambar 1). Bagian belakang kepala (pronotum) sisi lateral membentuk sudut kearah posterior (A), memiliki mata majemuk dengan 3-4 facet (B), sternum abdominal ke-2 – 7 terdapat setae (bulu halus) lateral (C) dan segmen abdominal terakhir membentuk tergum dengan setae memanjang ke apex. seperti terlihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Karakter morfologi A. diaperinus dewasa. (A). Pronotum dengan tepi lateral menuju sudut posterior; (B), mata majemuk berbentuk sarung tangan (emarginated) dengan 3-4 mata facet ; (C), sternum abdomen ke 2-7 dengan 3 atau lebih setae lateral; (D). segmen terakhir bagian dorsal (tergum) terdapat banyak setae berdekatan dengan apex/segmen terakhir berbentuk kerucut (Nguyen et al., 2019).

Walaupun bersifat nokturnal, serangga ini sudah beradaptasi dengan lingkungan peternakan unggas yang umumnya menggunakan cahaya di lingkungan kandang. Serangga dewasa (imago) dapat bertahan hidup pada kelembaban yang ekstrim karena mampu menyeimbangkan kadar air tubuh dengan kadar air lingkungannya. Adapun larvanya mampu mengekstraksi uap air dari udara bila kelembaban relatif melebihi 90% (Lyons et al. 2016; Szczepanik et al. 2018). Lingkungan kandang ayam yang hangat dan kelembaban tinggi sangat mendukung perkembangan populasi serangga ini.  Rata-rata siklus hidup kutu kandang selesai antara 30–80 hari pada kisaran suhu antara 21-35 °C. Dalam populasi yang padat, kanibalisme bisa terjadi di antara individu itu sendiri (Esquivel et al. 2012).  Ketika terusik, sebagian besar anggota familia Tenebrionidae akan melepaskan sekresi dari kelenjar pygidial sebagai mekanisme pertahanan melawan predator. Dalam kasus A. diaperinus, sekresi mengandung senyawa kuinon yang bersifat racun (karsinogenik).

Ditinjau dari perilakunya sebagai hama, perkembangbiakan kutu kandang cukup tinggi dan cepat, terutama jika didukung suhu dan kelembaban lingkungan yang sesuai.  Dari telur hingga imago diselesaikan dalam waktu sekitar 42 hari, sedangkan imago dapat hidup antara 3 – 12 bulan dan mampu bertelur hingga 2000 butir. Selain mengkonsumsi dan merusak kualitas pakan ayam, kutu kandang merupakan vektor patogen yang mampu membawa berbagai macam virus, bakteri, dan parasit patogen spesifik unggas dan zoonosis (Smith et al., 2020). Serangga ini juga merusak struktur bangunan kandang karena larvanya mampu membuat lorong-lorong di tiang kayu dan langit-langit bangunan untuk persembunyian saat pupasi. Kutu dewasa yang termakan dan masuk kedalam saluran pencernaan ayam dapat menurunkan konversi pakan, penurunan berat badan dan bahkan kematian, karena zat khitin tidak dapat dicerna serta menyebabkan iritasi saluran pencernaan (Del Valle et al., 2016; Lyons, 2021).

Di balik sifatnya yang merugikan sebagai hama peternakan, larva kutu kandang diketahui kaya akan protein. Tepung larva kutu kandang dapat dimanfaatkan sebagai pakan  ternak karena kecernaannya yang tinggi dan kandungan protein mencapai 62% dari bahan kering (Jensen et al., 2019). Baru-baru ini, A. diaperinus menarik perhatian karena masuk dalam Commission Regulation Uni Eropa (UE) 2017/893, berada di antara spesies serangga yang aman digunakan untuk bahan pakan hewan air (aquafeed) dan dapat diproduksi dalam bentuk tepung (Gasco et al. 2018). Dengan pengakuan ini, maka peluang mengubah perspektif negatif masyarakat tentang kutu kandang, dari statusnya sebagai hama berbahaya menjadi sumber nutrisi ternak /hewan budidaya akan semakin kuat (Rumbos et al., 2018). Tabel 1 memperlihatkan beberapa jenis serangga yang aman sebagai sumber protein bagi hewan akuatik.

Tabel 1.  Spesies serangga yang diizinkan untuk digunakan dalam produksi protein hewani olahan (PAP) bagi untuk pakan hewan air sesuai dengan Peraturan UE 2017/893

OrderFamilyScientific nameCommon name
ColeopteraTenebrionidaeAlphitobius diaperinusLesser mealworm
ColeopteraTenebrionidaeTenebrio molitorYellow mealworm
DipteraStratiomyidaeHermetia illucensBlack soldier fly
DipteraMuscidaeMusca domesticaCommon housefly
OrthopteraGryllidaeAcheta domesticusHouse cricket
OrthopteraGryllidaeGryllodes sigilatusBanded cricket
OrthopteraGryllidaeGryllus assimilisField cricket

Ekofisiologi Pencernaan  

Saluran pencernaan kumbang gelap berupa tabung yang berhubungan dari arah mulut sampai annus. Kutu kandang dewasa mempunyai tipe mulut menggigit dan mengunyah. Bagian mandibula, maksila, dan labial palpi merupakan bagian mulut yang dapat digerakkan. Juga ada sensila yang bertindak sebagai kemoreseptor pada segmen terminal mulut. Strukturnya menyerupai gigi yang berfungsi untuk menarik, menghancurkan, atau memotong makanan. Dua pasang gigi tambahan menyerupai jari, maksila dan palpi labial, ada di sekitar mulut pada sebagian besar golongan Tenebrionid, digunakan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut. Pada larva, bagian mandibula apikal mampu memotong bahkan menghancurkan partikel bangunan kandang, partikel makanan dari pelet (pakan) unggas (Leschen & Steelman, 1988). Mulut larva kumbang gelap tampaknya sudah beradaptasi untuk memakan bahan yang telah direkat secara organik.

Usus serangga memanjang sepanjang rongga tubuh, dari mulut ke anus dibagi menjadi tiga bagian: usus depan, usus tengah, dan usus belakang. Sebagian besar pencernaan enzimatik dan penyerapan nutrisi terjadi di usus tengah (Chapman 2013). Mulut serangga langsung terhubung ke usus depan. Usus depan (foregut) terdiri dari empat area yang berbeda: faring, kerongkongan, crop , dan proventrikulus. Faring dan kerongkongan keduanya terlibat dalam gerakan peristaltik makanan menuju crop. Makanan tersebut kemudian disimpan sementara di dalam crop, lalu diteruskan ke usus tengah (midgut) untuk pencernaan. Beberapa enzim terlibat pencernaan di dalam crop dimediasi oleh enzim saliva dari usus tengah.

Sebagian besar serangga termasuk familia Tenebrionidae bersimbiosis dengan mikroba di dalam tubuhnya terutama di dalam saluran pencernaan. Mikroba simbion yang hidup di saluran pencernaan serangga terutama bakteri, protozoa dan jamur. Saluran pencernaan serangga adalah habitat untuk perkembangbiakan mikrobiota yang cocok, serta ada ketergantungan antara serangga dengan mikroba saluran pencernaan. Sebagai contoh, serangga bisa menelan selulosa, tetapi serangga tidak memiliki enzim celulase untuk mencerna polisakarida, sehingga proses  pencernaan nya dilakukan oleh bakteri dan protozoa simbion yang hidup pada saluran pencernaan serangga inang (Wati et al., 2021). Pada penelitian lain, komunitas bakteri dan jamur baik di luar tubuh maupun dalam usus larva, diduga melakukan aktivitas metabolisme yang sama sehingga menimbulkan efek sinergis yang menguntungkan (Krueger et al., 2015; Gajendiran et al., 2016). Berbagai macam mikroba simbion inilah yang ditengarai menjadi peran kunci bagi anggota familia Tenebrionidae berkaitan dengan kemampuannya mencerna limbah styrofoam.  Terlepas dari kenyataan bahwa bahan plastik tahan lama dan tahan terhadap kerusakan, telah dilaporkan bahwa makanan kemasan dapat diserang oleh serangga yang biasa gidup di gudang penyimpanan. Kemampuan mengunyah barang-barang plastik adalah hasil dari rahang yang tajam (Hassan et al., 2016). Selain itu, telah dilaporkan bahwa beberapa serangga dapat hidup dengan pola makan plastik karena kemampuan mereka untuk mencerna beberapa plastik yang secara kimiawi mirip dengan polimer alam.

Potensi Kumbang Gelap sebagai Biodegradator Sampah Polystyrene

Banyak bakteri yang hidup bebas maupun yang berasosiasi dengan usus serangga Tenebrionidae telah terbukti mampu memecah produk sintetis (Mohan et al., 2016; Brandon et al., 2018; Urbanek et al., 2020). Yang et al (2018a) dalam laporannya menyebutkan setidaknya peneliti akademisi dari 22 negara sudah mengkonfirmasi bahwa larva Tenebrio molitor L. dapat bertahan hidup dengan memakan polystyrene. Laporan ini diperoleh dari 12 sumber dengan spesies larva uji yang sama, yaitu Amerika Serikat (lima sumber), Cina (enam sumber), dan satu sumber dari Irlandia Utara. Semua larva menunjukkan kemampuannya mencerna busa polystyrene, diindikasikan dari berat massa polystyrene menurun dan terjadi depolimerisasi ditandai dengan munculnya residu dengan berat molekul yang lebih rendah. Juga terdapat indikasi transformasi oksidatif  pada ekstrak kotoran larva. Selanjutnya Yang et al (2018b) menyatakan bakteri Pseudomonadaceae dan Enterobacteriaceae menjadi aktor utama dalam degradasi polystyrene. Tenebrio molitor L. telah menunjukkan kemampuan untuk mendegradasi dan memineralisasi PS menjadi CO2 melalui aktivitas mikroba di dalam usus dengan waktu retensi kurang dari 12-15 jam. Yang et al. (2020) dalam penelitiannya menggunakan serangga uji spesies Zophobas atratus menemukan sekelompok larva yang dipelihara selama 28 hari tetap bertahan hidup hanya dengan memakan styrofoam sebagai makanan tunggal (Gambar 2). Hasil analisisnya menunjukkan styrofoam yang tertelan mengalami depolimerisasi, dan sebanyak 36,5% termineralisasi menjadi CO2. (Gambar 3).

Gambar 2. (a,b) Penyusutan yang terjadi pada styrofoam yang digunakan sebagai pakan tunggal pada spesies Zophobas atratus (Yang et al., 2020)

Gambar 3. Styrofoam yang tertelan mengalami depolimerisasi, dan 36,5% styrofoam termineralisasi menjadi CO2. (Yang et al., 2020)

Penelitian lain dengan pendekatan eksperimental (Przemieniecki et al., 2020) menemukan bahwa terdapat perubahan mikrobiota usus dan profil enzimatik larva Tenebrio molitor L. yang diberi makan lima macam sumber substrat yaitu karton (selulosa), polystyrene (PS), polyetylen oxo-degradable (PE-oxo), polyetylen granulate (PE) dan tepung Oat sebagai kontrol. Setelah dua bulan hasilnya menunjukkan kelimpahan jenis mikrobiota yang berkembang dalam usus larva berbeda-beda tergantung jenis makanannya. Kelimpahan relatif tertinggi dari bakteri yang menjajah usus terdapat pada perlakuan pakan PE-oxodegradable, namun semua diet yang diterapkan lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol (tepung oat). Demikian pula, dari tiga diet plastik tersebut (PS, PE-oxo dan PE granulate) ternyata menghasilkan aktivitas enzim pencerna yang berbeda baik pada saluran pencernaan maupun bakteri. Enzim dengan aktivitas tertinggi antara lain fosfatase, esterase, leusin arylamidase, -galaktosidase, -glucuronidase, -glucosidase, -glucosidase, kitinase, -mannosidase dan -fucosidase. Larva juga diketahui dapat mendegradasi PE dan PS dengan esterase, selulase  melalui proses anaerobik dan diazotrof. Temuan penting dalam penelitian ini menyatakan bahwa bakteri dari genus LactococcusElizabethkingia dan bakteri diazotrofik hadir melimpah pada usus larva yang memakan PE dan PS. Pengamatan tersebut menunjukkan bahwa mikrobiota usus pada larva Tenebrio molitor L mampu mensintesis protein dari nitrogen atmosfer. 

Penutup

Pertanyaan untuk menutup artikel ini adalah bagaimana dengan potensi A. diaperinus dalam mendegradasi sampah plastik?  Akankah dengan kombinasi berbagai sampah organik akan semakin membuka peluang pengembangan biodegradator berbasis serangga sekaligus penyediaan protein hewani bagi hewan ternak? Meskipun belum banyak diteliti, akan tetapi sebagai anggota kumbang gelap (familia Tenebrionidae), besar kemungkinan memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Cucini et al. (2020) meneliti mikroba usus larva A. diaperinus yang diberi makan polystyrene kemudian dikarakterisasi menggunakan pendekatan metagenomik NGS (Next Generation Sequencing), hasilnya menunjukkan mikroba muncul berlimpah sangat nyata pada kelompok perlakuan dibanding kontrol, diantaranya Cronobacter, Kocuria dan Pseudomonas dari golongan bakteri, serta Aspergillus, Hyphodermella, dan Trichoderma dari kelompok jamur. Peneliti ini berpendapat apabila jenis bakteri dan jamur yang berasosiasi dengan senyawa plastik dapat diidentifikasi, maka akan membuka peluang menjadikan larva serangga golongan Kumbang gelap termasuk  A. diaperinus sebagai bioreaktor untuk mendegradasi plastik.  Adapun penelitian  Urbanek et al (2020) yang menemukan fakta bahwa meskipun larva kumbang gelap dapat menggigit dan mengunyah bahan tertentu, mereka tidak dapat mendegradasi dan menggunakannya untuk tujuan konsumsi nutrisi. Hasil penelitiannya menunjukkan terjadinya perubahan massa larva setelah 21 hari percobaan. Larva yang diberi berbagai macam produk PS mengalami kehilangan massa tubuh hingga 20% kecuali perlakuan kontrol. Dengan demikian meskipun mikroba simbion terbukti membantu dalam degradasi PS, namun limbah -limbah golongan plastik ini tidak mendukung siklus perkembangan larva kumbang gelap tanpa adanya nutrisi dari sumber lain. Dari uraian diatas, mikroba usus serangga Tenebrionidae termasuk A. diaperinus berperan penting dalam biodegradasi senyawa plastik. Namun demikian untuk kelangsungan hidup larva tetap diperlukan lingkungan suhu, kelembaban, dan sumber pakan bernutrisi cukup untuk keberlanjutan siklus hidup yang stabil.

Referensi

Brandon, A.M., Gao, S.H., Tian, R., Ning, D., Yang, S.S., Zhou, J., Wu, W.M., Criddle, C. S., 2018. Biodegradation of polyethylene and plastic mixtures in mealworms (Larvae of Tenebrio molitor) and effects on the gut microbiome. Environ. Sci. Technol. 52,6526–6533.

Cucini, C., Leo, C., Vitale, M., Frati, F., Carapelli, A., & Nardi, F. (2020). Bacterial and fungal diversity in the gut of polystyrene-fed Alphitobius diaperinus (Insecta: Coleoptera). Animal Gene, 17, 200109.

Del Valle EE, Frizzo LS, Malmierca M, Zbrun MV, Lax P, Doucet ME (2016).  Biological control of Alphitobius diaperinus with Steinernema rarum CUL and Heterorhabditis bacteriophora SMC and feasibility of application in rice hull. J Pest Sci 89: 161–170.

Esquivel, J. F., Crippen, T. L., & Ward, L. A. (2012). Improved Visualization of Alphitobius diaperinus (Panzer) (Coleoptera : Tenebrionidae) Part I : Morphological Features for Sex Determination of Multiple Stadia. Hindawi Publishing Corporation, 2012. https://doi.org/10.1155/2012/328478

Gajendiran, A., Krishnamoorthy, S., Abraham, J., 2016. Microbial degradation of lowdensity polyethylene (LDPE) by Aspergillus clavatus strain JASK1 isolated from  landfill soil. 3 Biotech 6 (1), 52

Gasco L, Gai F, Maricchiolo G, Genovese L, Ragonese S, Bottari T, Caruso G (2018) Fishmeal alternative protein sources for aquaculture feeds. In: Gasco L, Gai F, Maricchiolo G, Genovese L, Ragonese S, Bottari T, Caruso G (eds) Feeds for the Aquaculture Sector: Current Situation and Alternative Sources, pp. 1–28. Springer International Publishing AG, part of Springer Nature, Cham, Switzerland.

Hassan, M.W., Gulraize Ali, U., Ur Rehman, F., Najeeb, H., Sohail, M., Irsa, B., Muzaffar, Z., Chaudhry, M.S., 2016. Evaluation of standard loose plastic packaging  for the management of Rhyzopertha dominica (F.) (Coleoptera: Bostrichidae) and Tribolium castaneum (Herbst) (Coleoptera: Tenebriondiae). J. Insect Sci. 16 (1).

Jensen, L. D., Miklos, R., Dalsgaard, T. K., Heckmann, L. H., & Nørgaard, J. V. (2019). Nutritional evaluation of common (Tenebrio molitor) and lesser (Alphitobius diaperinus) mealworms in rats and processing effect on the lesser mealworm. Journal of Insects as Food and Feed, 5(4), 257-266.

Krueger, M.C., Harms, H., Schlosser, D., 2015. Prospects for microbiological solutions to environmental pollution with plastics. Appl. Microbiol. Biotechnol. 99, 8857-8874.

Lyons BN, Crippen TL, Zheng L, Teel PD, Swiger SL, Tomberlin JK (2016) Susceptibility of Alphitobius diaperinus in Texas to permethrin- and b-cyfluthrin-treated surfaces. Pest Management Science 73: 562–567.

Leschen R.A.B &  Steelman C.D. 1988. Alphitobius Diaperinus (Coleoptera: Tenebrionidae) larva and adult mouthparts. Journal of Ent. News 99(4): 221- 224

Mohan, A.J., Sekhar, V.C., Bhaskar, T., Nampoothiri, K.M., 2016. Microbial assisted high impact polystyrene (HIPS) degradation. Bioresour. Technol. 213, 204–207.

Nguyen, N., Yang, B. K., Lee, J. S., Yoon, J. U., & Hong, K. J. (2019). Infestation status of the darkling beetle (Alphitobius diaperinus) in Broiler chicken houses of Korea. Korean journal of applied entomology, 58(3), 189-196.

Plastics Europe. (2017). Plastics – The Facts 2017: An Analysis of European Plastics Production, Demand and Waste Data 2017. Brussels: Plastics Europe.

Przemieniecki, S.W., Kosewska, A., Ciesielski, S., Kosewska, O., 2020. Changes in the gut microbiome and enzymatic profile of Tenebrio molitor larvae biodegrading cellulose, polyethylene and polystyrene waste. Environ. Pollut. 256, 113265.

Rumbos, C. I., Karapanagiotidis, I. T., Mente, E., & Athanassiou, C. G. (2019). The lesser mealworm Alphitobius diaperinus: a noxious pest or a promising nutrient source?. Reviews in Aquaculture, 11(4), 1418-1437.

Szczepanik, M., Gliszczyńska, A., Hnatejko, M., & Zawitowska, B. (2016). Effects of halolactones with strong feeding-deterrent activity on the growth and development of larvae of the lesser mealworm, Alphitobius diaperinus (Coleoptera: Tenebrionidae). Applied entomology and zoology, 51(3), 393-401.

Urbanek, A. K., Rybak, J., Wróbel, M., Leluk, K., & Mirończuk, A. M. (2020). A comprehensive assessment of microbiome diversity in Tenebrio molitor fed with polystyrene waste. Environmental Pollution, 262, 114281.

Wati, C., Rahmawati, R., Hartono, R., Haryati, P. W., Riyanto, R., Anggraini, E.,Rizkie L, Melani D, Septiarini D, Arsi & Karenina, T. (2021). Entomologi Pertanian. Yayasan Kita Menulis. 230 halaman

Yang, S. S., Wu, W. M., Brandon, A. M., Fan, H. Q., Receveur, J. P., Li, Y., … & Criddle, C. S. (2018a). Ubiquity of polystyrene digestion and biodegradation within yellow mealworms, larvae of Tenebrio molitor Linnaeus (Coleoptera: Tenebrionidae). Chemosphere, 212, 262-271.

Yang, S. S., Brandon, A. M., Xing, D. F., Yang, J., Pang, J. W., Criddle, C. S., … & Wu, W. M. (2018b), May). Progresses in polystyrene biodegradation and prospects for solutions to plastic waste pollution. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 150, No. 1, p. 012005). IOP Publishing. Yang, Y., Wang, J., & Xia, M. (2020). Biodegradation and mineralization of polystyrene by plastic-eating superworms Zophobas atratus. Science of the total environment, 708, 135233.

Related Posts

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.