Unnes Mantap menjadi Green Campus dengan sediakan fasilitas kolaborasi online dari Google

Universitas Negeri Semarang/UNNES ICT Center/Berita/Unnes Mantap menjadi Green Campus dengan sediakan fasilitas kolaborasi online dari Google

Kerjasama antara Universitas Negeri Semarang(Unnes) dan Google telah berbuah hadirnya paket perangkat lunak kolaborasi online yang disebut UnnesMail  untuk 32 ribu mahasiswa Unnes. Layanan UnnesMail resmi diluncurkan pada Kamis, 4 April 2013 bertempat di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial Unnes. Acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Prof Dr Fathur Rokhman dihadiri oleh dekan dan pejabat dilingkungan Unnes dan tidak kurang dari 250 mahasiswa dari berbagai program studi. Pada acara ini juga sekaligus memperkenalkan layanan baru untuk mahasiswa Unnes yaitu MyUnnes dan Forum Santai.

Prof Fathur Rokhman menyampaikan bahwa inovasi berawal dari “kegilaan” yang positif. “Inovasi merupakan harga yang mahal yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang gila akan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

“Diharapkan dengan adanya student.unnes.ac.id dan my.unnes.ac.id dapat menumbuhkan kecerian dalam teknologi informasi di bidang pendidikan,” kata Sugiyanto

Acara yang dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan Pepita Gunawan dari Google Asia Tenggara dan Pepen S Diatna dari Primagain yaitu local partner Google Indonesia.

Layanan ini ditunjang oleh teknologi Google Apps yang menyediakan aplikasi Gmail dengan kapasitas 25GB, Drive sebesar 5GB untuk bekerja dengan  file, Calendar untuk mengatur jadwal, Hangout untuk konferensi video, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Inisiatif UnnesMail timbul setelah mengamati harapan mahasiswa terhadap layanan teknologi informasi yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini.“Hampir semua mahasiswa memiliki perangkat teknologi informasi seperti laptop,tablet, dan smartphone . Mereka mengharapkan fasilitas untuk berkomunikasi  dan bekerjasama yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja” kata Alfath selaku koordinator divisi layanan TIK.

Menurut Pepita Gunawan, perwakilan dari Google: “didalam Google Apps tersedia aplikasi untuk membuat naskah dokumen, kertas kerja, dan presentasi secara online. Mahasiswa atau dosen juga dapat mengedit bersama-sama dengan banyak orang sekaligus secara online. File tersebut bahkan bisa diolah dimana saja menggunakan perangkat mobile yang tersedia di pasaran.”

Selain membantu civitas menjadi lebih produktif, UnnesMail juga menjadi bukti komitmen Unnes sebagai Universitas Konservasi untuk memantapkan diri sebagai kampus yang sangat peduli dengan lingkungan (Green Campus). “Fasilitas komunikasi dan bekerjasama secara online di UnnesMail dapat berkontribusi pada usaha pelestarian lingkungan. Contohnya: penggunaan kertas dan aktivitas perjalanan dengan kendaraan untuk rapat menjadi berkurang digantikan dengan aktivitas online. Ini baru permulaan, dan saya yakin akan semakin baik ke depannya.” imbuh  Sugiyanto, MSi selaku ketua BPTIK Unnes menutup pembicaraan.