Visual Art

PENGELOLA JURUSAN SENI RUPA

No.JabatanNama
1Ketua Jurusan Seni Rupa / Kaprodi Pendidikan Seni RupaDr. Syakir, M.Sn
2Sekretaris Jurusan Seni RupaMujiyono, S.Pd., M.Sn.
3Kaprodi DKV D3Dr. Eko Haryanto, S.Pd., M.Ds.
4Kaprodi Seni RupaSupatmo, S.Pd., M.Hum.

S1 Pendidikan Seni Rupa

Izin, Akreditasi, Gelar

Izin                  :  6429/D/T/K-N/2011

Akreditasi      :  A (Amat Baik) (2021-04-28) s.d (2026-04-29)

Gelar              :  Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa FBS UNNES diresmikan sejak tanggal 27 Desember 1960 melalui SK Sekretaris Jendral Departemen Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan nomor 108487/S. melalui visi dan misi dikembangkan program untuk menghasilkan lulusan sarjana berkompetensi utama sebagai Guru Pendidikan Seni Rupa di berbagai jenjang pendidikan dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang pengembangan seni rupa, menawarkan sejumlah mata kuliah pokok dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

Visi, Misi, Tujuan

VISI

Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes sebagai program studi berwawasan  konservasi dan bereputasi internasional untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang berkompetensi di bidang seni rupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah

MISI

Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik tenaga kependidikan kesenirupaan dalam rangka melestarikan,  mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kesenirupaan melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN

Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang:
    1. memiliki kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai religius budaya bangsa,
    2. memiliki pengetahuan tentang estetika seni rupa yang meliputi sejarah dan teori-teori seni rupa
    3. memiliki   kemampuan berapresiasi dan berkreasi berbagai cabang seni rupa,
    4. memiliki kemampuan dan keterampilan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan seni rupa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang seni dan pendidikan seni rupa yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan
  3. Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni dan pendidikan seni rupa yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memperkuat jejaring kerja sama pada skala nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan pendidikan seni rupa.

Capaian Pembelajaran Lulusan  Program Studi Pendidikan Seni Rupa S1

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dan teori pendidikan secara umum serta konsep dan teori pendidikan seni rupa untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  2. Menguasai konsep, gagasan, dan pemikiran  tentang berbagai model atau bentuk perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  3. Menguasai konsep, gagasan, dan pemikiran tentang pemanfaatan sumber dan media pembelajaran untuk kepentingan pembelajaran seni rupa pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  4. Menguasai konsep dan prinsip pemecahan masalah pendidikan seni rupa berbasis penelitian dan mengkomunikasikannya untuk kepentingan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  5. Menguasai konsep, prinsip,  kesejarahan serta apresiasi dan kritik dalam bidang seni rupa sebagai modal pengembangan profesi sebagai guru maupun praktisi di bidang seni rupa

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Aspek  Keterampilan Khusus

  1. Mampu menyelenggarakan pembelajaran seni rupa mencakupi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang mendidik pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara
  2. Mampu mengembangkan bahan ajar apresiasi maupun kreasi seni rupa pada satuan pendidikan dasar dan menengah atau yang setara.
  3. Mampu berkreasi seni rupa yang mencakupi bidang seni gambar, lukis, patung, grafis, kriya dan desain sebagai modal pengembangan profesi sebagai guru maupun praktisi di bidang seni rupa
  4. Mampu menulis secara kritis dalam bidang seni rupa maupun pendidikan seni rupa berdasarkan penelitian atau sumber lainnya.

PELUANG KERJA

  1. Guru SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA
  2. Tenaga Kependidikan Seni Budaya
  3. Profesi sebagai pelukis, pematung, ilustrator, desainer, fotografer, penulis, kurator, wirausaha.

S1 Seni Rupa

Izin, Akreditasi, Gelar

Izin             : 2482/D/T/K-N/2010

Akreditasi      : B – Baik (2020-12-15) s.d (2025-12-13)

Gelar          : Sarjana Seni (S.Sn.)

Deskripsi

Program Studi Seni Rupa S1 FBS UNNES diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen Dikti dengan nomor 2112/D/T/2004 mengembangkan program untuk menghasilkan lulusan S1 di bidang seni rupa, dengan konsentrasi seni gambar, seni lukis, seni patung, seni grafis, kria keramik, kria ukir, dan desain komunikasi visual; menawarkan mata kuliah pokok dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

Visi, Misi, Tujuan

Visi

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes sebagai program studi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional  untuk menghasilkan tenaga  yang berkompetensi dan   kreatiif di bidang kesenirupaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Misi

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes menyelenggarakan pendidikan akademik dalam rangka melestarikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan keilmuan, keterampilan dan kreativitas kesenirupaan sesuai kebutuhan masyarakat  melalui kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Program Studi Seni Rupa FBS Unnes:

1) Menghasilkan lulusan yang:

  1. memiliki kepribadian yang bersumber pada nilai-nilai religius budaya bangsa;
  2. memiliki pengetahuan tentang estetika seni rupa yang meliputi sejarah dan teori-teori seni rupa;
  3. memiliki kemampuan berapresiasi dan berkreasi seni rupa;   
  4. memiliki keterampilan dan sikap kreatif sebagai praktisi sesuai                                              peminatan di bidang seni rupa.
    1. Menghasilkan penelitian dalam bidang seni rupa dan desain, yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan
    2. Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.
    3. Memperkuat jejaring kerjasama pada skala nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan seni rupa dan desain

Capaian Pembelajaran (CP) Lulusan

CP Sikap:

1.    bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.    menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.    berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.    berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.    menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.    bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.    taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.    menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.  menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11.  menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

CP Pengetahuan:

1.    Menguasai konsep teoritis kesenirupaan dan desain komunikasi visual secara mendalam, serta mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah kesenirupaan dan desain komunikasi visual.

2.    Menguasai konsep teoritis, sejarah, dan metodologi penciptaan seni rupa dan desain komunikasi visual, secara cerdas sebagai landasan dalam proses berkarya seni rupa dan desain komunikasi visual.

3.    Mampu  memilah dan memilih media yang sesuai untuk pengembangan  profesionalisme dalam berkarya seni rupa dan desain  komunikasi .

4.    Menguasai metodologi penelitian seni rupa.

5.    Menguasai media dan prosedur berkarya seni rupa dan desain komunikasi visual sebagai bekal dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat .

6.    Menguasai konsep teoritis, prinsip, dan kiat-kiat berwirausaha seni rupa.

CP Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

1.    mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.    mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.    mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4.    menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.    mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.    mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.    mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasiterhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8.    Memiliki ketrampilan berkarya seni rupa dan desai komunikasi visual yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat

CP Keterampilan Khusus

1.    Mampu berkreasi seni rupa dasar yang mencakup seni  gambar, lukis,  patung, grafis,  kriya , dan desain komunikasi visual.

2.    Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni  Gambar.

3.    Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni  Lukis.

4.    Mampu berkreasi seni rupa secara profesional dengan konsentrasi seni  Desain Komunikasi   Visual .

5.    Mampu menulis kritik seni rupa sesuai dengan permintaan bidang seni rupa yang dibutuhkan publik seni rupa.

6.    Mampu Menghasilkan penelitian dalam bidang seni rupa dan desain, yang bermanfaat bagi pelestarian dan pengembangan keilmuan.

7.    Mampu  Menghasilkan produk atau model pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.

8.    Mampu mengelola aktivitas kesenirupaan (seminar, workshop, pameran, dll.).

9.    Mampu membangun  jejaring kerjasama pada skala nasional maupun internasional   dalam rangka pengembangan seni rupa dan desain.

10.  Memiliki ketrampilan dalam berwirausaha seni rupa

Peluang Kerja

  1. Tenaga profesional dalam seni rupa: seniman, animator, ilustrator, visualizer.
  2. Penata artistik.
  3. Desainer: grafis, media pembelajaran.
  4. Peneliti, penulis, kritikus, kurator dalam seni rupa.
  5. Tenaga pendidik seni rupa

D3 Desain Komunikasi Visual

Izin, Akreditasi, dan Gelar

Izin               : 11324/D/T/K-N/2011

Akreditasi      : A – (Amat Baik) (2017-12-27) s.d (2022-12-27)

                      4968/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017

Gelar            : Ahli Madia (A. Md.)

Deskripsi

Program Studi Desain Komunikasi Visual D3 telah mendapat izin penyelenggaraan Prodi dari Dikti sejak tahun 2004 dengan nomor 3006/D/T/2004. Cikal bakal prodi ini telah ada sejak 2001. Sejalan dengan visi misi maka prodi ini mengembangkan program untuk menghasilkan lulusan diploma/ahli madia di bidang desain komunikasi visual (DKV). Kompetensi utama sebagai tenaga/praktisi di bidang desain grafis dan multimedia. Prodi ini menawarkan mata kuliah pokok/wajib dan pilihan, minimal 110SKS dan maksimal 120SKS.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Program studi D3 Desain Komunikasi Visual sebagai program studi  yang unggul, berwawasan konservasi budaya, bermakna, antisipatif dalam bidang desain komunikasi visual.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan berkualitas di bidang desain komunikasi visual.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dasar dan terapan di bidang desain komunikasi visual yang berbasis kepedulian terhadap kearifan budaya lokal, bersifat antisipatif dan beretika serta menunjang proses pembelajaran.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang desain komunikasi visual dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap kearifan budaya lokal.

Tujuan

Program Studi Desain Komunikasi Visual (D3) FBS UNNES Semarang bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki:

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya yang terampil dan profesional di bidang desain komunikasi visual, mampu bersaing secara global, dan berakhlak mulia yang peduli terhadap pelestarian kearifan budaya lokal.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang desain komunikasi visual yang menunjang proses pembelajaran dengan mengedepankan kejujuran ilmiah.
  3. Menyediakan layanan masyarakat di bidang desain komunikasi visual yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai nilai manfaat, serta dapat menciptakan peningkatan ekonomi kreatif.
  4. Memperkuat jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional dan internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan pengajar dan mahasiswa di bidang desain komunikasi visual.

Kompetensi Luslusan

Lulusan memiliki pengetahuan kemampuan berkreasi dan berapresiasi dalam bidang Desain Komunikasi Visual.

Standar Kompetensi

Prodi Desain Komunikasi Visual menyiapkan tenaga profesional dalam bidang desain grafis dan multimedia yang beriman dan berakhlak mulia, yang memiliki:

  1. Sikap berwawasan konservasi, profesional, tenggang rasa, kemampuan berkomunikasi dan mengapresiasi karya desain komunikasi visual dan multimedia.
  2. Kemampuan dan ketrampilan merancang karya desain komunikasi visual dan multimedia.
  3. Wawasan kebudayaan lokal maupun global yang terkait dengan desain komunikasi visual.
  4. Kemampuan dan ketrampilan risert-metodologis tentang desain komunikasi visual.
  5. Kemampuan dan ketrampilan mengorganisir pameran dan presentasi desain komunikasi visual.
  6. Kemampuan dan ketrampilan berwirausaha, berkolaborasi, dan bersaing dalam dunia kerja.

Peluang Kerja

  1. Desainer grafis (desainer logo, poster, brosur, baliho, spanduk, pamplet (pampflet), cover majalah, cover buku).
  2. Copy writer
  3. Lay outer media masa
  4. Perancang iklan tayang
  5. Perancang media pembelajaran multimedia
  6. Perancang company profile
  7. Perancang CD interaktif
  8. Desainer website
  9. Animator film (layar lebar, sinetron, film laga)
  10. Animator film kartun
  11. Editor video clip, film, video pembelajaran
  12. Ilustrator
  13. Visualizer.
We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy