SM Reguler Magister dan Doktor Gasal 2025/2026

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka kesempatan untuk melanjutkan studi S2 (Magister) dan S3 (Doktor) melalui jalur Seleksi Mandiri Reguler yang dibuka sepanjang tahun. Proses seleksi meliputi tes tulis (TPA dan Bahasa Inggris) serta wawancara secara online. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan  LoA (Letter of Acceptance) dan diterima dalam kelas reguler yang selanjutnya dapat memulai perkuliahan pada semester gasal tahun ajaran 2025/2026 (kuliah perdana: 25 Agustus 2025).

Persyaratan Umum

  1. Mengikuti seleksi pada jadwal yang telah ditentukan.
  2. Tidak ada gangguan jiwa;
  3. Bebas narkoba;
  4. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Persyaratan Khusus Bagi Pelamar Magister

  1. Memiliki Ijazah program Sarjana/Diploma 4 jurusan dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek, yang serumpun dengan jurusan S2 yang akan dimasuki kecuali prodi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidikan Kejuruan, dan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan;
  2. Berindeks Prestasi Sarjana/Diploma 4 minimal 2,75 atau berpengalaman kerja minimal 5 tahun.

Persyaratan Khusus Bagi Pelamar Doktor

  1. Memiliki ijazah program Sarjana/Diploma 4 & Magister dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya yang diakui oleh Kemdikbudristek, yang serumpun dengan jurusan S3 yang akan dimasuki kecuali Manajemen Pendidikan (S3) dan Pendidikan Dasar (S3);
  2. Berindeks Prestasi Magister minimal 3,00 atau berpengalaman kerja yang minimal 5 tahun.
  3. Membuat outline penelitian disertasi yang template dokumennya dapat diunduh di https://unnes.id/dokumenAdmisi.

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran SM Reguler Magister & Doktor Gasal UNNES Tahun 2025/2026
No.KegiatanGelombang 1Gelombang 2
1Pendaftaran Online20 Januari – 23 Mei 2025


26 Mei - 8 Agustus 2025
2Pembayaran Pendaftaran20 Januari – 23 Mei 2025
26 Mei - 8 Agustus 2025


3Pencetakkan Kartu Peserta20 Januari – 23 Mei 2025

26 Mei - 8 Agustus 2025


4Pencetakkan Kartu Ujian23 Mei - 27 Mei 2025

8 - 12 Agustus 2025

5Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Secara Online26 – 27 Mei 2025

11 - 12 Agustus 2025

6Pelaksanaan Tes Wawancara Secara Online26 – 27 Mei 2025

11 - 12 Agustus 2025

7Pengumuman Hasil Seleksi30 Mei 2025

15 Agustus 2025

8Registrasi Administrasidiumumkan saat pengumuman hasil seleksi

diumumkan saat pengumuman hasil seleksi

9Kuliah Perdana

25 Agustus 2025

25 Agustus 2025

Kelengkapan Berkas Pendaftaran

  1. File pas foto berwarna ukuran 3×4 format jpg/png/JPEG maksimal 500kb;
  2. File Scan KTP berwarna format jpg/png/JPEG maksimal 500kb
  3. File Scan Transkrip Akademik S1 bagi pendaftar Magister (S2) dan Transkrip Akademik S2 bagi pendaftar Doktor (S3) berwarna format pdf maksimal 500kb;
  4. File Scan Ijazah S1 bagi pendaftar Magister (S2) dan Ijazah S2 bagi pendaftar Doktor (S3)  berwarna format pdf maksimal 500kb;
  5. File Scan Surat Izin dari Pimpinan Instansi/Lembaga Tempat Bekerja format pdf maksimal 500kb*;
  6. File Scan Surat Keterangan Pembiayaan format pdf maksimal 500kb*;
  7. File Scan Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang Memadai (Bagi IPK < 2,75) format pdf maksimal 500kb*;
  8. File Scan Surat Rekomendasi 2 (dua) Dosen format pdf maksimal 500kb*;
  9. Materai 10.000.
  10. Template dokumen pendukung dapat diunduh di https://unnes.id/dokumenAdmisi.

*) Tidak wajib diunggah

Tata Cara dan Biaya Pendaftaran

  1. Membuka laman pendaftaran https://unnes.ac.id/admission;
  2. Membuat akun pendaftaran
  3. Mengisi data biodata, pendidikan terakhir, prestasi (jika memiliki), dan unggah pas foto & KTP pada menu Pendaftaran;
  4. Memilih jalur seleksi pendaftaran pada menu Jalur Pendaftaran;
  5. Memilih program studi (maksimal 2 program studi);
  6. Memilih Bank BTN/BNI untuk pembayaran pendaftaran;
  7. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000 untuk program Magister (S2) dan Rp. 750.000 untuk program Doktor (S3) melalui Bank yang telah dipilih menggunakan nomor Virtual Account (VA). Peserta diberi kesempatan untuk mengubah pilihan program studi maksimal sekali sebelum dilakukan pembayaran pendaftaran (pastikan nomor VA yang dibayarkan dengan pilihan prodi yang tertera di aplikasi pendaftaran sesuai). Jika peserta sudah melakukan pembayaran pendaftaran kemudian mengganti pilihan program studi, silakan klik mundur untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran pendaftaran kembali.
  8. Mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran;
  9. Melakukan finalisasi pendaftaran;
  10. Mencetak Kartu Peserta dan Kartu Ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal;
  11. Mengikuti pelaksanaan seleksi sesuai jadwal.

Pelaksanaan Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer Secara Online (di lokasi masing- masing peserta)

Ujian Tulis Berbasis Komputer Secara Online (di lokasi masing- masing peserta)
  1. Jadwal Tes dilaksanakan pukul 08.00 s.d. 10.30 WIB
  2. Materi Tes: Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris
  3. Persiapan UTBK Online:
    1. Peserta menyiapkan kartu ujian dan identitas diri (KTP/Kartu Pelajar/SIM);
    2. Pasokan listrik dan koneksi internet selama tes;
    3. Satu komputer/laptop berkamera, terinstal browser google chrome terbaru;
    4. Satu ponsel berkamera, terinstal aplikasi zoom
    5. Menentukan ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta.
  4. Menentukan ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta.

Tes Wawancara Secara Online (di lokasi masing - masing peserta)

  1. Jadwal tes wawancara: dimulai pukul 13.00 WIB s.d. maksimal 15.00 WIB
  2. Persiapan Tes Wawancara Online
    1. Peserta menyiapkan kartu ujian, SKL/Ijazah, dan identitas diri (KTP/Kartu Pelajar/SIM);
    2. Pasokan listrik dan koneksi internet selama tes;
    3. Satu komputer/laptop/ponsel berkamera terinstal aplikasi zoom meeting yang terhubung internet;
    4. Menentukan ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta.
  3. Informasi teknis pelaksanaan seleksi akan diinfokan kemudian melalui pesan WA dari nomor Admisi.

Pilihan Program Studi

No.Program StudiJenjang
Fakultas Bahasa dan Seni
1Pendidikan Bahasa IndonesiaS2
2Pendidikan Bahasa InggrisS2
3Pendidikan SeniS2
4Ilmu Pendidikan BahasaS3
5Pendidikan SeniS3
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
6AkuntansiS2
7Ilmu EkonomiS2
8ManajemenS2
9Pendidikan EkonomiS2
10Pendidikan EkonomiS3
Fakultas Hukum
11Ilmu HukumS2
12Ilmu HukumS3
Fakultas Ilmu Keolahragaan
13Pendidikan OlahragaS2
14Pendidikan OlahragaS3
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
15Bimbingan dan KonselingS2
16Pendidikan Anak Usia DiniS2
17Pendidikan Non FormalS2
18Pengembangan KurikulumS2
19Pendidikan Bimbingan dan KonselingS3
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
20Kajian SejarahS2
21Pendidikan GeografiS2
22Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosialS2
23Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosialS3
Fakultas Kedokteran
24Kesehatan MasyarakatS2
25Kesehatan MasyarakatS3
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
26BiologiS2
27FisikaS2
28Pendidikan FisikaS2
29Pendidikan Ilmu Pengetahuan AlamS2
30Pendidikan KimiaS2
31Pendidikan MatematikaS2
32Pendidikan Ilmu Pengetahuan AlamS3
33Pendidikan MatematikaS3
Fakultas Teknik
34Teknik SipilS2
35Teknik KimiaS2
Sekolah Pascasarjana
36Administrasi PendidikanS2
37Pendidikan DasarS2
38Pendidikan KejuruanS2
39Penelitian dan Evaluasi PendidikanS2
40Manajemen KependidikanS3
41Pendidikan DasarS3

Contoh Template Dokumen Dapat Diunduh Disini

Ketentuan Lain

Ketentuan Lain
  1. Seluruh kegiatan pada hari/tanggal yang sudah ditentukan jika tidak disebutkan maka bertepatan pada pukul 15.00 WIB.
  2. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan kesempatan yang sama untuk studi di UNNES bagi semua etnis, agama, status, gender, disabilitas, dan kelompok yang kurang terwakili lainnya.
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberlakukan Zona Integritas, sehingga UNNES berkomitmen penuh terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, kami tidak menerima segala bentuk sumbangan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Peserta Seleksi Mandiri UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi:
    1. diwajibkan melakukan registrasi administrasi (pengumuman registrasi diumumkan saat pengumuman hasil seleksi);
    2. dinyatakan gugur apabila:
      1. tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan dan jadwal;
      2. terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/ memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  6. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission, instagram @alt.unnes, notifikasi di akun pendaftaran peserta, atau notifikasi Whatsapp dari nomor +628994725800 atau +62895800403400.

Layanan Pengaduan dan Pendampingan

  1. Layanan Offline (Prioritas): Gedung H (Rektorat) Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB, Istirahat 12.00 -13.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Istirahat 11.30 -13.00 WIB
  2. Layanan Online: https://unnes.ac.id/helpdesk

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!