Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis/daring dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. Pendaftaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan.

Jalur Seleksi Mandiri

SM Reguler

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Reguler adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma 3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.

SM UTBK

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang Berdasar Nilai UTBK-SNBT (SM-UTBK UNNES) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan secara mandiri dengan menggunakan nilai UTBK-SNBT SMA/SMK/MA atau yang sederajat sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang tahun 2023

SM Rapor

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Rapor adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1) dan Diploma Tiga (D3) yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. SM-UNNES Jalur Rapor tahun akademik 2023/2024 bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki nilai prestasi akademik yang tercatat di dalam rapor.

SM Prestasi

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma 3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. SM-UNNES Jalur Prestasi tahun akademik 2023/2024 bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

SM - Internasional Class

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Kelas Internasional bagi Calon Mahasiswa dari Indonesia adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang. SM-UNNES Jalur Kelas Internasional tahun akademik 2023/2024 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang.