SM Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Magister Semester Genap 2025/2026

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka kesempatan untuk melanjutkan studi S2 (Magister) melalui jalur Seleksi Mandiri RPL yang dibuka sepanjang tahun. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan program pengakuan atas capaian pembelajaran yang diperoleh seseorang melalui pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja untuk melanjutkan pendidikan formal dan memperoleh pengakuan/rekognisi satuan kredit semester serta ijazah. Proses seleksi dilakukan melalui asesmen terhadap dokumen persyaratan penunjang RPL yang selanjutnya dilakukan rekognisi terhadap satuan kredit semester oleh tim asesor RPL. Rekognisi yang diberikan maksimal 50% dari total SKS program Magister (42 sks). Dengan mekanisme ini, mahasiswa berpeluang menyelesaikan studi dalam waktu 3 semester.

Persyaratan Umum

  1. Mengikuti seleksi pada jadwal yang telah ditentukan.
  2. Tidak ada gangguan jiwa;
  3. Bebas narkoba;
  4. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Persyaratan Khusus

  1. Lulusan program Sarjana dan/atau pernah mengikuti studi program Magister di perguruan tinggi tetapi tidak selesai atau lulusan Program Profesi; atau
  2. Lulusan Magister dengan bidang keilmuan yang berbeda; atau
  3. Berpengalaman kerja yang relevan dengan CP program studi yang menunjukkan penguasaan CP/Kompetensi secara parsial atau secara keseluruhan program studi yang dituju.

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran

KegiatanWaktu
Pendaftaran Online10 November 2025 s.d. 23 Januari 2026 pukul 16.00 WIB
Perpanjangan Pendaftaran10 November 2025 s.d. 23 Januari 2026 pukul 16.00 WIB
Seleksi24 s.d. 28 Januari 2026
Pengumuman Hasil Seleksi30 Januari 2026
Masa Registrasi Administratifdiumumkan saat pengumuman hasil seleksi
Kuliah Perdana9 Februari 2026

Kelengkapan Berkas Pendaftaran

  1. File pas foto berwarna ukuran 3×4 format jpg/png/JPEG maksimal 500kb;
  2. File Scan KTP berwarna format jpg/png/JPEG maksimal 500kb
  3. File Scan Sertifikat Kompetensi*
  4. Dokumentasi aktivitas/pekerjaan yang pernah dilakukan*
  5. Dokumen lain yang mendukung*
  6. Transkrip Nilai S2 (bagi yang putus kuliah S2)*
  7. Daftar riwayat pekerjaan dengan rincian tugas yang dilakukan*
  8. Piagam penghargaan*
  9. Keanggotaan asosiasi profesi yang relevan*
  10. Surat Keterangan, Surat Tugas atau bukti-bukti lain yang terkait dengan tugas pemerintahan, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat*
  11. Transkrip Akademik S1*
  12. Ijazah S1*
  13. Referensi/surat keterangan/laporan verifikasi pihak ketiga dari pemberi kerja/supervisor*
  14. Sertifikat pengoperasian/lisensi yang dimiliki*
  15. Materai 10.000.
  16. Template dokumen pendukung dapat diunduh: https://unnes.id/dokumenAdmisi

*) Unggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan khusus

Tata Cara dan Biaya Pendaftaran

  1. Membuka laman pendaftaran https://unnes.ac.id/admission;
  2. Membuat akun pendaftaran
  3. Mengisi data diri dan unggah pas foto pada menu Identitas kemudian klik simpan data dan klik verifikasi data;
  4. Memilih jalur seleksi pendaftaran pada menu Gelombang Tersedia;
  5. Mengisikan data diri tambahan dan riwayat pendidikan;
  6. Memilih program studi (maksimal 2 program studi);
  7. Memilih Bank BTN/BNI untuk pembayaran pendaftaran;
  8. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000 untuk program Magister (S2) dan Rp. 750.000 untuk program Doktor (S3) melalui Bank yang telah dipilih menggunakan nomor Virtual Account (VA). Peserta diberi kesempatan untuk mengubah pilihan program studi maksimal sekali sebelum dilakukan pembayaran pendaftaran (pastikan nomor VA yang dibayarkan dengan pilihan prodi yang tertera di aplikasi pendaftaran sesuai). Jika peserta sudah melakukan pembayaran pendaftaran kemudian mengganti pilihan program studi, silakan klik mundur untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran pendaftaran kembali.
  9. Mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran;
  10. Melakukan finalisasi pendaftaran;
  11. Mencetak Kartu Peserta dan Kartu Ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal;
  12. Mengikuti pelaksanaan seleksi sesuai jadwal.

Pilihan Program Studi

No.Program StudiJenjang
Fakultas Bahasa dan Seni
1Pendidikan Bahasa IndonesiaS2
2Pendidikan Bahasa InggrisS2
3Pendidikan SeniS2
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
1
AkuntansiS2
2Ilmu EkonomiS2
3Manajemen
S2
4Pendidikan EkonomiS2
Fakultas Hukum
1Ilmu HukumS2
Fakultas Ilmu Keolahragaan
1
Pendidikan OlahragaS2
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
1
Bimbingan dan KonselingS2
2Pendidikan Anak Usia DiniS2
3Pendidikan Non FormalS2
4Pengembangan KurikulumS2
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
1Kajian SejarahS2
2Pendidikan GeografiS2
3Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosialS2
Fakultas Kedokteran
1Kesehatan Masyarakat
S2
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
1BiologiS2
2FisikaS2
3Pendidikan FisikaS2
4Pendidikan Ilmu Pengetahuan AlamS2
5Pendidikan Kimia
S2
6Pendidikan MatematikaS2
7InformatikaS2
Fakultas Teknik
1Teknik SipilS2
2Teknik KimiaS2
Sekolah Pascasarjana
1Administrasi PendidikanS2
2Pendidikan DasarS2
3Pendidikan KejuruanS2
4Penelitian dan Evaluasi PendidikanS2

Contoh Template Dokumen Dapat Diunduh Disini

Ketentuan Lain

Ketentuan Lain
  1. Seluruh kegiatan pada hari/tanggal yang sudah ditentukan jika tidak disebutkan maka bertepatan pada pukul 15.00 WIB.
  2. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan kesempatan yang sama untuk studi di UNNES bagi semua etnis, agama, status, gender, disabilitas, dan kelompok yang kurang terwakili lainnya.
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberlakukan Zona Integritas, sehingga UNNES berkomitmen penuh terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, kami tidak menerima segala bentuk sumbangan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Peserta Seleksi Mandiri UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi:
    1. diwajibkan melakukan registrasi administrasi (pengumuman registrasi diumumkan saat pengumuman hasil seleksi);
    2. dinyatakan gugur apabila:
      1. tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan dan jadwal;
      2. terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/ memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  6. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission, instagram @alt.unnes, notifikasi di akun pendaftaran peserta, atau notifikasi Whatsapp dari nomor +628994725800 atau +62895800403400.

Layanan Pengaduan dan Pendampingan

  1. Layanan Offline (Prioritas): Gedung H (Rektorat) Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB, Istirahat 12.00 -13.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Istirahat 11.30 -13.00 WIB
  2. Layanan Online: https://unnes.ac.id/helpdesk

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!