Hadirkan Hak Pendidikan yang Sama bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNNES Gelar Pameran Media Pembelajaran Pendidikan Matematika Inklusif

Universitas Negeri Semarang/Faculty of Mathematics and Natural Sciences/Berita/Hadirkan Hak Pendidikan yang Sama bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNNES Gelar Pameran Media Pembelajaran Pendidikan Matematika Inklusif

Pada Selasa, 19 Desember 2023, di Gedung D10 Matematika Universitas Negeri Semarang, diadakan acara yang begitu istimewa, yakni “Gelar Karya Media Pembelajaran Pendidikan Matematika Inklusif”. Acara ini merupakan puncak kolaborasi yang dilakukan oleh 127 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang telah berhasil menghasilkan 25 produk inovasi media pembelajaran untuk membantu belajar matematika anak berkebutuhan khusus.

Pembelajaran matematika yang inklusif menjadi fokus utama para mahasiswa ini, mereka bertekad untuk menciptakan media pembelajaran yang memberikan kesempatan belajar yang sama bagi semua anak, termasuk bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Dosen pendamping pada kegiatan ini adalah Dr. Drs. Sugiman, M.Si. dan Dr. Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd., yang senantiasa memberikan bimbingan dan inspirasi kepada para mahasiswa.

Acara ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Dr. Mulyono, M.Si., Dosen Matematika sekaligus  sebagai Koordinator Rumpun Matematika  FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dalam suasana gembira dan antusiasme, Dr. Mulyono secara simbolis memotong pita yang menandakan dimulainya pameran gelar karya media pembelajaran matematika inklusif.

Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini telah menghasilkan berbagai produk inovatif untuk media pembelajaran matematika, yang dirancang khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Melalui pemanfaatan teknologi dan kreativitas mereka, produk-produk tersebut mencakup beragam bentuk, seperti aplikasi permainan interaktif, video tutorial, dan alat bantu pembelajaran yang dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus dalam memahami dan menguasai konsep matematika dengan lebih baik.

Gelar Karya Media Pembelajaran Pendidikan Matematika Inklusif ini merupakan wujud nyata kolaborasi dan dedikasi para mahasiswa serta dosen pendamping dalam menjalankan amanah pendidikan yang inklusif. Dalam proses pengembangannya, mereka tak henti-hentinya melibatkan pihak terkait, baik guru, orang tua, ahli di bidang pendidikan inklusif, dan juga sekolah luar biasa (SLB). Semua pihak saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pandangan untuk mencapai tujuan bersama, yaitu memberikan hak pendidikan yang sama bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Dalam sambutannya, Dr. Mulyono mengungkapkan rasa bangganya atas semangat dan kerja keras para mahasiswa dan dosen pendamping dalam menciptakan produk-produk inovatif ini. Ia juga menggarisbawahi pentingnya pengembangan pendidikan yang inklusif dalam masyarakat yang semakin inklusif. Menurutnya, setiap anak memiliki potensi dan hak untuk mendapatkan pendidikan yang setara dan bermutu, tanpa terkecuali.

Gelar Karya ini memberikan harapan bagi terbukanya akses pendidikan yang setara bagi semua anak di negara ini. Kolaborasi antara akademisi, mahasiswa, praktisi pendidikan, serta pihak terkait lainnya akan melahirkan temuan-temuan baru dan metode pembelajaran yang inovatif. Harapannya, melalui keberlanjutan dari kegiatan ini, semakin banyak anak berkebutuhan khusus yang dapat belajar dan berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

Dalam rangkaian acara ini, mahasiswa dan dosen pendamping juga memamerkan hasil karya mereka kepada publik luas. Produk-produk inovatif tersebut diuji coba oleh anak-anak berkebutuhan khusus yang bersedia menjadi subjek penelitian. Respons mereka terhadap media pembelajaran yang dihadirkan sangat menggembirakan, mereka melaporkan peningkatan minat dan pemahaman terhadap matematika melalui penggunaan media pembelajaran yang inklusif ini.

Gelar Karya Media Pembelajaran Pendidikan Matematika Inklusif ini bukanlah akhir dari perjalanan kolaboratif ini. Para mahasiswa dan dosen pendamping telah merumuskan rencana untuk pengembangan lebih lanjut dan penyebaran produk-produk tersebut kepada lebih banyak sekolah dan lembaga pendidikan. Mereka berkomitmen untuk terus menciptakan media pembelajaran yang inklusif, serta terus belajar dan beradaptasi agar sesuai dengan perkembangan kebutuhan pendidikan anak berkebutuhan khusus di masa depan.

Dari kegiatan ini, kita diingatkan lagi betapa pentingnya pendidikan yang inklusif dalam menjaga hak-hak pendidikan yang setara bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Semoga langkah-langkah semacam ini menjadi contoh bagi institusi pendidikan dan pihak terkait lainnya dalam membangun masyarakat yang inklusif, di mana setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, berkembang, dan mencapai potensi terbaiknya dalam dunia matematika dan pendidikan secara umum.

Related Posts

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.