Ibarat sekali dayung dua pulau terlampaui, tiga mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA yang mendapatkan juara dalam dua perlombaan sekaligus (7/3/21). Ketiga mahasiswa tersebut tergabung dalam satu tim yang diketuai oleh Nur Rizal (IC Pendidikan Matematika 2018), bersama dua rekan satu timnya yaitu Rembulan Permata Octalia (IC Pendidikan Matematika 2018), dan Herlina Siswandari (Pendidikan Matematika 2018). Mereka bertiga meraih Juara 1 Lomba MAPTION Vol. 3 dan Juara 2 Lomba INOBEL UMF.
Mathematics Papers Competition (MAPTION) Vol.3 merupakan lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) matematika se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) Indonesia Wilayah V. Lomba tersebut mengangkat tema “Peran Matematika dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Sedangkan Lomba INOBEL UMF (UPY Mathematics Festival) merupakan Lomba Inovasi Media Pembelajaran se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta yang mengangkat tema “Creativity and Innovation Mathematics in New Normal Condition”. Kedua lomba tersebut diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting untuk tahap presentasinya.
Dalam ajang perlombaan INOBEL UMF, tim Rizal membuat media pembelajaran bernama ComThink yang merupakan singkatan dari Computational Thinking. Media pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan computational thinking. Sedangkan dalam lomba Maption, media pembelajaran ComThink diujikan ke beberapa siswa. Kemudian, pengujian tersebut dibuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) yaitu ComThink: Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Bebras Task Guna Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa Menuju Indonesia Emas 2045. “Jadi… kami membuat media pembelajaran untuk meningkatkan computational thinking. Nah, setelah itu medianya diujikan ke beberapa siswa. Pengujiannya itu dibuat KTI dan diikutkan ke kompetisi yang Maption. Sedangkan hasil dari medianya itu sendiri diikutkan ke kompetisi yang Inobel” ujar Rizal.
Selanjutnya, Rembulan mengungkapkan alasan tim mereka membuat media pembelajaran ComThink. Media pembelajaran tersebut dibuat karena berawal dari keresahan mereka mengenai kemampuan computational thinking siswa Indonesia, terlebih ketika melihat hasil Bebras, PISA, dan TIMSS yang diperoleh Indonesia masih tergolong rendah. Lalu, terlintas bagaimana cara mengemas kegiatan meningkatkan kemampuan computational thinking secara menarik. Akhirnya, mereka memilih menggunakan games dalam media pembelajaran ComThink untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan tersebut. Selamat kepada Tim Rizal atas prestasi yang diraih. Semoga apa yang diperoleh dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa FMIPA UNNES seluruhnya untuk meraih prestasi.
Sumber: https://matematika.unnes.ac.id/raih-2-kejuaraan-sekaligus/