Pada hari ini, Senin, 10 Agustus 2020, alhamdulillah telah dilaksanakan Ujian Terbuka/Promosi Doktor secara daring dari salah satu dosen Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang Bambang Eko Susiloyang sejak tahun 2017 melaksanakan tugas belajarnya di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, dengan disertasinya yang berjudul: “Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Mahasiswa dalam Problem-based Learning dan Mathematical Problem Posing pada Perkuliahan Kalkulus”.
Bambang Eko Susilo berhasil mempertahankan disertasinya dengan predikat cum laude di depan kelima Tim Penguji; Prof. Dr. H. Darhim, M.Si. (UPI), Prof. Dr. Widowati, M.Si. (UNDIP), Dr. H. Sufyani Prabawanto, M.Ed. (UPI), Dr. H. Endang Cahya Mulyaning Asih, M.Si. (UPI), dan Dr. H. Dadang Juandi, M.Si. (UPI). Disertasi tersebut mengkaji tentang kemampuan berpikir kritis yang merupakan keterampilan utama dalam kerangka keterampilan abad ke-21 dan dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. Di sisi lain juga membahas disposisi matematis yang mendukung pengembangan kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kritis matematis (KBKM) dan disposisi matematis (DM) mahasiswa calon guru matematika perlu ditingkatkan agar mampu mengembangkan KBKM dan DM untuk siswanya kelak. Strategi pembelajaran yang sesuai untuk pengembangan KBKM dan DM di antaranya adalah penerapan Problem-based Learning (PBL) dan Mathematical Problem Posing (MPP). Di samping itu, kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran perlu mendapatkan perhatian. Setiap sarjana pendidikan matematika dituntut memiliki kompetensi lulusan dari unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus, di antaranya adalah KBKM dan DM. Penerapan PBL dan MPP pada perkuliahan Kalkulus untuk calon guru matematika diharapkan dapat mengembangkan KBKM dan DM mahasiswa sekaligus mempersiapkan generasi berkualitas dalam menghadapi masalah kompleks, multinasional maupun multikultural.
Di sisi lain, penelitian yang secara komprehensif mengkaji KBKM dan DM dari mahasiswa calon guru matematika belum banyak dilakukan, beberapa kajian secara parsial telah dilakukan, dan banyak kajiannya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Demikian pula penelitian tentang kesulitan mahasiswa pada perkuliahan Kalkulus telah banyak dilakukan, tetapi belum ada kajian dalam tinjauan KBKM.
Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dan dilaksanakan oleh Bambang Eko Susilo untuk melihat secara komprehensif bagaimana pencapaian, peningkatan, aspek, dan jenjang KBKM dan DM, serta kesulitan mahasiswa pada perkuliahan Kalkulus dalam PBL dan MPP. Materi Kalkulus Integral dipilih dengan pertimbangan memiliki karakteristik yang mendukung pengembangan aspek-aspek KBKM dan DM mahasiswa. Penerapan PBL dan MPP dilakukan dengan pertimbangan paradigma konstruktivis, orientasi student-centered, dan hasil penelitian terdahulu. Dengan mengungkap bagaimana pencapaian, peningkatan, aspek, dan jenjang KBKM dan DM, serta kesulitan mahasiswa pada perkuliahan Kalkulus dalam PBL dan MPP, diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan KBKM dan DM dari mahasiswa calon guru matematika, serta menghasilkan bahan ajar ataupun buku tentang KBKM dan DM, serta jenis-jenis kesulitan mahasiswa pada perkuliahan Kalkulus.
Semoga ilmu yang diperoleh berlimpah barokah dan dengan bertambahnya doktor dalam bidang pendidikan matematika ini semakin memperkuat FMIPA Universitas Negeri Semarang sebagai Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwawasan konservasi yang bereputasi internasional.