5 Alternatif Postman API Test yang Open Source

Universitas Negeri Semarang/UNNES ICT Center/Programming/5 Alternatif Postman API Test yang Open Source

Postman adalah alat yang luar biasa ketika mencoba membedah RESTful API yang dibuat oleh orang lain atau menguji yang Anda buat sendiri. Ini menawarkan antarmuka pengguna yang sederhana untuk membuat permintaan HTML, tanpa melalui banyak kerumitan menulis banyak code hanya untuk menguji fungsionalitas API.

METHOD/METODE

Postman menyediakan banyak endpoint method. Di bawah ini adalah beberapa yang paling umum digunakan, termasuk fitur-fitur tersebut.

  • GET: Mendapatkan informasi
  • POST: Menambahkan informasi
  • PUT: Mengganti informasi
  • PATCH: Memperbarui informasi spesifik
  • DELETE: Menghapus informasi

COLLECTION/KOLEKSI

Postman menawarkan kemungkinan untuk mengelompokkan permintaan yang berbeda. Fitur ini disebut “collection” dan membantu Anda mengatur pengujian Anda.

Koleksi ini adalah folder yang menyimpan permintaan dan dapat dikonfigurasi sesuai keinginan tim Anda. Dimungkinkan juga untuk mengekspornya.

ENVIRONMENT/LINGKUNGAN

Postman juga dapat membuat lingkungan yang berbeda melalui pembuatan/penggunaan variabel. Variabel URL yang menargetkan lingkungan pengujian yang berbeda (dev-QA). Ini memungkinkan Anda menjalankan pengujian di lingkungan yang berbeda menggunakan permintaan yang ada.

HARGA Postman

Dan ini dia 5 Alternatif Open Source Postman

Insomnia REST Client

Bangun API yang berfungsi
Berikan API berkualitas tinggi melalui standar dan kolaborasi dengan platform desain API Insomnia.

Klien API Sumber Terbuka
Ada alasan mengapa pengembang menyukai Insomnia. Dengan klien API kami yang efisien, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengirim permintaan REST, SOAP, GraphQL, dan GRPC langsung dalam Insomnia.

Desain API menggunakan OpenAPI
Percepat tim Anda melalui pengembangan API yang mengutamakan desain berdasarkan spesifikasi. Atasi masalah lebih awal, sentralisasi standar, dan adopsi alur kerja API yang berfungsi dengan alat Anda yang sudah ada.

Sentralisasi dan Otomatisasi Tes
Otomatiskan pengujian API manual dan integrasikan dengan proses CI/CD Anda untuk membangun jalur pengujian API menggunakan Insomnia Unit Tests dan Inso, Insomnia CLI.

Bangun Jalur API dengan Inso
Terhubung langsung ke penyedia Git untuk selalu sinkron dengan perubahan desain dan mengaktifkan pipeline GitOps dengan Inso, alat CLI Insomnia.

HTTPie

ALIRAN MELALUI API
HTTPie membuat API menjadi sederhana dan intuitif bagi mereka yang membangun alat di zaman kita.

API adalah buatan manusia yang mudah
Semuanya dimulai dengan masalah: pengujian API memperlambat kami, dan solusi yang tersedia sangat tidak efisien. Kami memutuskan untuk menggaruk gatal kami sendiri dan membangun solusi yang lebih baik—salah satu yang membantu kami tetap mengalir. Alat sederhana itu, yang kami open source, dengan cepat merebut hati para pengembang dan dengan cepat menjadi salah satu proyek teratas di GitHub.

Kami sekarang sedang membangun di atas kesuksesan itu. Kekuatan dan potensi API yang hampir tak terbatas memikat kami. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk melepaskan mereka sepenuhnya. Kami sedang dalam misi untuk membuat API sederhana dan intuitif bagi semua orang yang membangun alat, aplikasi, dan teknologi di zaman kita. Kami benar-benar percaya bahwa API memiliki kapasitas untuk membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih baik.
Menerapkan prinsip yang sama yang membuat alat asli kami sangat disukai, kami sedang membangun platform untuk pengembangan API. Visinya adalah ekosistem alat dan layanan yang sangat sederhana dan berpusat pada manusia namun kuat yang membantu pengembang dan perusahaan di seluruh siklus hidup API, terutama di tempat-tempat di mana manusia dan API bersinggungan.

SoapUI

Mempercepat Kualitas API Melalui Pengujian
Baik open source atau komersial, alat pengujian SmartBear memudahkan untuk membuat, mengelola, dan menjalankan pengujian ujung ke ujung pada REST, SOAP, & GraphQL API, JMS, JDBC, dan layanan web lainnya sehingga Anda dapat memberikan perangkat lunak lebih cepat dari sebelumnya .

Hoppscotch

❤️ Ringan: Dibuat dengan desain UI minimalis.
Cepat: Kirim permintaan dan dapatkan/salin respons secara real-time.

Metode HTTP

  • GET – Permintaan mengambil informasi sumber daya
  • POST – Server membuat entri baru dalam database
  • PUT – Memperbarui sumber daya yang ada
  • PATCH – Sangat mirip dengan PUT tetapi membuat pembaruan sebagian pada sumber daya
  • DELETE – Menghapus sumber daya atau komponen terkait
  • HEAD – Ambil header respons yang identik dengan yang ada pada permintaan GET, tetapi tanpa isi respons.
  • CONNECT – Membuat terowongan ke server yang diidentifikasi oleh sumber daya target
  • OPSI – Jelaskan opsi komunikasi untuk sumber daya target
  • TRACE – Melakukan tes loop-back pesan di sepanjang jalur ke sumber daya target
  • <custom> – Beberapa API menggunakan metode permintaan khusus seperti LIST. Ketik metode kustom Anda.

Jadikan milik Anda: Kombinasi yang dapat disesuaikan untuk latar belakang, latar depan, dan warna aksen dan seterusnya…

cURL

cURL digunakan dalam baris perintah atau skrip untuk mentransfer data. curl juga digunakan di mobil, pesawat televisi, router, printer, peralatan audio, ponsel, tablet, kotak dekoder, pemutar media dan merupakan mesin transfer Internet untuk ribuan aplikasi perangkat lunak di lebih dari sepuluh miliar instalasi.

cURL digunakan setiap hari oleh hampir setiap manusia yang menggunakan Internet di dunia.

Nah itulah 5 Alternatif Postman Open Source yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba

Thanks to Abdul Aziz Ahwan