UPT TIK Kenalkan Fitur Office 365 ProPlus dan Windows 10 untuk Dosen

Universitas Negeri Semarang/UNNES ICT Center/Berita/UPT TIK Kenalkan Fitur Office 365 ProPlus dan Windows 10 untuk Dosen

UPT TIK telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan literasi digital bagi dosen di lingkungan UNNES. Pelatihan kali ini difokuskan pada aplikasi Office 365 ProPlus dan Windows 10, di mana UNNES telah berlangganan lisensi produk unggulan Microsoft ini sejak 2 tahun yang lalu, dan pelatihan ini adalah salah satu benefit dari paket berlangganan Microsoft. UPT TIK juga mendatangkan Trainer Microsoft, Rima Artha Manurung yang didampingi David Raditya selaku Education Technology Specialist pada divisi education di Microsoft Indonesia. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara hands on selama 2 hari, dan diselingi quiz di setiap sesi pelatihan. Kegiatan yang dilaksanakan tgl 2 – 3 Oktober 2019 ini diikuti oleh 64 dosen di UNNES delegasi dari masing-masing fakultas. Bertempat di Laboratorium Komputer Gedung Prof Satmoko.

Beberapa materi yang direkomendasikan oleh trainer yang tepat diterapkan di sebuah Instansi Pendidikan antara lain :

  1. Pengenalan mengajar dengan teknologi
  2. Asesmen digital tanpa kertas menggunakan teknologi ujian online
  3. Membuat Media Story Telling abad 21
  4. Belajar mandiri dengan Microsoft Educator Community
  5. Menciptakan ruang kelas digital untuk menyatukan dan mengarsipkan semua aktivitas kelas dengan lancar

Dalam sambutan penutupan yang disampaikan Kepala UPT TIK, Mona Subagja, ke depan materi literasi digital ini akan masuk pada salah satu kurikulum mata kuliah mahasiswa. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para dosen UNNES dapat menjadi pionir untuk pengembangan literasi digital dalam kegiatan perkuliahan.