Mahasiswa Ajari Warga Banjarejo Kendal Tanam Hidroponik

Rabu, 24 Desember 2014 | 14:32 WIB


Mahasiswa Ajari Warga Banjarejo Kendal Tanam Hidroponik
HUMAS/DOK

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersama warga Dusun Segunung, Desa Banjarejo, Kendal membuat mini Green House dengan sistem Hidroponik.

Arifah salah satu mahasiswa KKN menyampaikan, menanam dengan sistem hidroponik ini sangat unik dan menarik, karena bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sehingga penanam tidak usah mencangkul.

“Hidroponik ini metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, tapi menggunakan air nutrisi (AB Mix). Sebagai media tanam bisa dari pipa peralon atau talang air, botol plastik bekas air meneral, dan kaleng cat yang diisi Rockwool dan sekam bakar kemudian dituangkan ke dalamnya,” kata Arifah kepada unnes.ac.id baru-baru ini.

Koordinator mahasiswa desa KKN, Syam menuturkan, sayuran yang dibudidayakan antara lain Selada, Pakchoy, Caisin, dan Kangkung. Ke depan akan dikembangkan juga menanam cabe, tomat, dan melon.
Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) ini diberinama ‘Pelangi’ yakni Peduli Lingkungan Asri.

Antusias warga pun luar biasa, sebab baru tahu kalau sayuran atau buah bisa ditanam menggunakan air. Selain itu, juga membuat nugget dan bakso dari lele, jelas Syam.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.635 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

satu komentar pada “Mahasiswa Ajari Warga Banjarejo Kendal Tanam Hidroponik

  1. Wah… bagus bangett..
    apalagi kalau dterpkan di unnes.. di calon2 gedung baru maupun lahan2 mati di unnes. akan menaikkan citra UNNES sebgai Universitas Konservasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X