Dosen dan Tenaga Kependidikan 2.1 Dosen Pengelola Program Studi: 6 orang [DOKTOR] sesuai Homebase PDDIKTI [lihat data dosen homebase] 2.2 Dosen Pengelola Bidang Studi: ada 43 bidang studi yang mendapatkan ijin penyelenggaraan [lihat bidang studi]. Dari 43 bidang studi. Setiap Bidang studi ada sekurangnya 2 dosen bidang studi. Total pengelola bidang studi adalah: 86 orang. Namun, pengelola baru akan di tugaskan ketika bidang studi mendapatkan plotting peserta dari GTK. Saat ini, Dosen bidang studi yang aktif sebanyak: 26 Dosen untuk PPG Guru tertentu dan 13 dosen untuk PPG Calon Guru [lihat dosen pengelola] [lihat SK Dosen Bidang Studi].
2.3 Dosen Pengajar Bidang Studi 2.3.1 Jumlah Dosen Pengajar Bidang Studi (DTPS): 215 Dosen [Data DTPS] 2.3.2 Kualifikasi akademik: DOKTOR 71,6% | Magister 28,4% [Lihat Data DTPS] 2.3.3 Latar belakang bidang keilmuan Dosen pada bidang studi: 100% Sesuai 2.3.4 Jabatan Fungsional DTPS: Profesor 13,1% | Lektor Kepala 40,8% | Lektor 45,3% 2.3.5 Kepemilikan Sertifikat Pendidik: 100% memiliki 2.3.6 Kepemilikan Sertifikat Keahlian: 92,5% memiliki 2.3.7 Masa Kerja: Minimal 5 tahun | Rata-rata 25,3 tahun
2.4 Instruktur 2.4.1 Bagi Guru 2.4.1.1 Kualifikasi Akademik 2.4.1.2 Kompetensi sesuai bidang keilmuan 2.4.1.3 Kepemilikan Sertifikat Pendidik; 2.4.2 Bagi Praktisi 2.4.2.1 Kualifikasi Akademik 2.4.2.2 Kompetensi sesuai bidang keilmuan
2.5 Guru Pamong 2.5.1 Jumlah Guru Pamong: 294 Orang [lihat data gumong] 2.5.2 Kualifikasi Akademik: Doktor 1,9% | Magister 47,2% | Sarjana 50,9% 2.5.3 Asal sekolah: 164 Sekolah 2.5.4 Kepemilikan Sertifikat Pendidik: 98% memiliki 2.5.5 Pengalaman Mengajar. Minimal 5 tahun, rata-rata 21,9 tahun masa kerja 2.5.6 Penguasaan TIK. 49% Sangat Mahir | 50% Mahir | 1% Cukup Mahir 2.5.7 Keikutsertaan Pembekalan. 56,5% Sering | 40,7% Pernah | 2,8% Belum Pernah
2.6 Tenaga Kependidikan 2.6.1 Tenaga Administrasi [klik pranala berikut] 2.6.1.1 Kualifikasi Akademik 2.6.1.2 Keikutsertaan Pembekalan 2.6.2 Administrator teknologi dan informasi digital (Admin IT) 2.6.2.1 Kualifikasi Akademik (Meldy Septiawan, S. Pd., S.Pd. dan Andhi Prasetyo, S.Kom) 2.6.2.2 Kepemilikan Sertifikat Keahlian 2.6.2.3 Keikutsertaan Pembekalan 2.6.3 Tenaga Laboratorium 2.6.3.1 Kualifikasi Akademik 2.6.3.2 Kepemilikan sertifikat peningkatan kompetensi 2.6.3.3 Keikutsertaan Pembekalan 2.6.3 Tenaga Perpustakaan 2.6.4.1 Kualifikasi Akademik 2.6.4.2 Kepemilikan sertifikat peningkatan kompetensi 2.6.4.3 Keikutsertaan Pembekalan
Kurikulum PPG UNNES melaksanakan kurikulum nasional sesuai laman PPG Kemdikbud pada Pranala berikut [PPG Calon Guru Kemdikbud]. 3.1 Mata Kuliah Inti dan mata kuliah selektif [lihat] 3.2 Rencana Pembelajaran Semester (RPS) [lihat] 3.3 Rencana Tugas Mahasiswa per Mata Kuliah 3.4 Bahan Ajar dan Belajar [lihat] 3.5 Instrumen Penilaian
Sarana dan Prasarana [lihat foto-foto sarpras] Total Ruang yang tersedia di SPS UNNES: 48 Ruang Kelas. Fasilitas Proyektor, AC, kursi sebanyak 24-30 buah. Jumlah Ruang Kelas pada Masing-masing Bidang Studi: bervariasi, sesuai plot GTK Jumlah Rombel pada Masing-masing Bidang Studi: bervariasi, sesuai plot GTK Contoh Jadwal Ruang: 2023 G1 S1 | S2 | 2023 G2 S1 | S2 4.1 Rasio Peserta PPG dan Ruang Kelas Program Studi PPG Prajab 2023 G1: 25 : 1. Keterangan: 48 ruang untuk 1200 mahasiswa Prajab 2023 G2: 14,4 : 1. Keterangan: 48 ruang untuk 693 mahasiswa Prajab 2024 G1: 14,3 : 1. Keterangan: 48 ruang untuk 643 mahasiswa Calon Guru 2024 G2: 9 : 1. Keterangan: 48 ruang untuk 479 mahasiswa 4.2 Laboratorium Pembelajaran Mikro. 5 Ruang lab Mikro di LPPP, 1 Ruang Lab Micro di D10 lantai 1. 4.3 Toilet yang Tersedia. 10 buah. Ada 5 gedung 2 lantai yang digunakan. Setiap Lantai ada sekurangnya 1 Toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. 4.4 Ketersediaan Tempat Ibadah. 1 mushola SPS. 4.5 Ruang dan Sarana Perpustakaan. Rumah Ilmu 4.6 Jumlah Komputer yang Tersedia. di TUK Gedung Arsip 300 buah, TUK FT 100 buah, TUK FEB 100 buah, TUK FMIPA 40 buah. 4.8 Kecepatan Internet: 5 MBPs
Publikasi Ilmiah Hasil Penelitian [lihat data] 5.1 Jumlah Publikasi Ilmiah hasil penelitian dilakukan oleh mahasiswa: 1.122 artikel [lihat data] | Publikasi Proceeding UNNES, klik [proceeding Webinar SPS UNNES] [Proceeding SNPPTK IPA] 5.2 Mahasiswa yang Terlibat pada penelitian Dosen: 1122 mahasiswa.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat [lihat data] 6.1 Kegiatan Pengabdian Masyarakat 6.2 Publikasi Ilmiah Terkait Pengabdian kepada Masyarakat 6.3 Jumlah Mahasiswa yang Terlibat di Kegiatan Pengabdian pada masyarakat
Kemitraan dengan Institusi lain 7.1 Kemitraan dengan Institusi Lain. – Sekolah Mitra: 164 sekolah – Perguruan tinggi Mitra: 3 Institusi 7.2 List Nama Instansi – Universitas Palangkaraya – Universitas PGRI Yogyakarta – Universitas Ahmad Dahlan – Daftar Sekolah mitra pada data gumong
Rencana Strategis Mewujudkan Guru yang Mampu Mengelola Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik 9.1 Komponen Rencana Strategis 9.2 Tersedia Tahapan yang Sistematis 9.3 Tersedia kerangka waktu Terdapat parameter yang jelas Tersedia dokumen pendukung
Untuk mewujudkan guru yang mampu mengelola pembelajaran berpusat pada peserta didik, kegiatan praktisnya dapat berupa: Pelatihan dan Workshop Metode Pembelajaran Aktif: Guru diberikan pelatihan dalam menerapkan metode-metode pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), dan pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning). Penyusunan Rencana Pembelajaran Berbasis Siswa: Guru belajar menyusun RPP yang memfokuskan pada keterlibatan siswa secara aktif, seperti memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya, mengeksplorasi, dan berpikir kritis. Observasi Kelas dan Pendampingan: Melakukan observasi kelas dan refleksi bersama untuk mengevaluasi sejauh mana pembelajaran berpusat pada siswa telah diterapkan. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan siswa, misalnya dengan alat-alat interaktif atau platform pembelajaran online yang memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif. Penerapan Teknik Penilaian Autentik: Melatih guru untuk melakukan penilaian yang melibatkan proses dan hasil, seperti portofolio, proyek, presentasi, dan penilaian diri. Mentoring dan Kolaborasi Guru: Mengadakan program mentoring dan kolaborasi antar guru untuk saling berbagi pengalaman dan strategi dalam mengelola pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pengembangan Lingkungan Belajar yang Mendukung: Guru menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif, dan kondusif agar siswa merasa nyaman untuk aktif berpartisipasi. Kegiatan-kegiatan ini akan membantu guru mengasah keterampilan mengelola pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam proses belajar.
Evaluasi Dampak PPG 10.1 Keterlaksanaan Evaluasi Dampak PPG Kajian dampak PPG akan dilaksanakan pada 25-28 November serta 5 Desember 2024 untuk bertemu dengan kepala sekolah dan guru Pamong PPL.
Tracer study terhadap lulusan PPG bagi calon guru 11.1 Tracer Study terhadap Lulusan PPG: Telah dilakukan untuk alumni PPG Prajabatan tahun 2022 – Laman tracer study – Hasil tracer study