LAPOR DIRI CALON MAHASISWA PPG DALAM JABATAN PADA KEMENTERIAN AGAMA BATCH IV TAHUN 2025 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG [Update informasi SKCK dan NAPZA]

Grup Telegram Resmi: https://t.me/+XQWY3eYZMu4wNWQ1

Grup WA per prodi: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1L3hqBQFSuyCimuaZL5FeBS-ZJLX1JCrEWAli7o2Vo0M/edit?usp=drive_link

Panduan Lapor Diri: https://unnes.ac.id/ppg/akademik/qa-question-and-answer/

Link lapor diri di UNNES: https://datapokok.unnes.ac.id (User dan Password diberikan di bawah ini)

USERNAME datapokok: klik tautan berikut [username PPG DALJAB BATCH 4 KEMENAG]
Password datapokok: Tanggal lahir dalam 8 digit, DDMMYYYY, misal lahir 17 April 1993, maka passwordnya adalah 17041993

UPDATE INFORMASI:
SKCK dan Surat NAPZA TIDAK WAJIB DIADAKAN. Namun wajib unggah surat keterangan kelakukan baik dan tidak mengkonsumsi NAPZA
(format bebas). Jika akan membuat surat tersebut di masa setelah lapor diri, dipersilahkan. Yang sudah membuat SKCK dan NAPZA silakan unggah surat tersebut pada bagian yang ditentukan.


Penting Silahkan Bapak/Ibu baca sebelum melaksanakan lapor diri!

Kunci Sukses Lapor Diri

1. Pastikan Bapak/Ibu melihat jadwal dan prosedur pelaksanaan lapor diri jangansampai terlambat melaksanakan lapor diriSiapkan berkas jauh-jauh harijangan mepet deadline akhir jadwal Lapor Diri LPTK.

2. Siapkan dokumen yang disyaratakan secara lengkap sebelum jadwal lapor diriLPTK

3. Budaya literasiDibiasakan Bapak/Ibu membaca informasi yang diberikan secara lengkap jangan sepotong-potong.

4. Komunikasi dengan Bapak/Ibu Guru lain pada periode sebelumnya terkaitprosedur atau langkah lapor dirikarena langkap dan tahapannya sama dengan pelaksanaan lapor diri.

5. Bagi Bapak/Ibu yang kesulitan dalam hal teknologi bisa minta bantuan Rekan Bapak/Ibu yang lebih memahami teknologi.

6. Bapak/Ibu jangan mudah panik.  

Berdasarkan Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 15 Tahun 2025 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pada Kementerian Agama Tahun 2025, maka kami informasikan kepada seluruh CalonMahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2025 Pada Kemeterian Agama Batch IV Universitas Negeri Semarang bahwa kegiatan lapor diri di LPTK Kemenag dilaksanakanmulai tanggal 17 November 2025 sampai tanggal 23 November 2025 secara online di tempat masing-masing. Silahkan untuk masing-masing peserta melengkapi terlebih dahuluberkas sesuai yang disyaratkan (lengkap). File/berkas persyaratan yang wajib disipakan untukkemudian diunggah ke dalam sistem datapokok.unnes.ac.id. Informasi unggah berkas akandisampaikan melalui grup telegram (mohon menunggu perkembangan informasi di gruptelegram).

Grup Telegram Calon Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2025 Pada KemeterianAgama Batch IV Universitas Negeri Semarang: https://t.me/+KTd46rJR9BFjYThl

Silahkan sambil menunggu perkembangan informasi di grup telegram, Bapak/Ibu dapatmelengkapi berkas yang wajib disiapkan untuk lapor diri.

Berkas persyaratan Lapor Diri dalam bentuk hardcopy maupun softcopy:

• Pindai Ijazah Asli atau fotokopi ijazah S-1/D-IV yang telah dilegalisasi oleh perguruantinggi yang mengeluarkan ijazah/ kopertis/ kopertais sesuai dengan kewenangannya.Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Ijazah_AndiSantoso_PGPAUD

• Pindai SK pembagian tugas mengajar dari kepada madrasah/ sekolah 3 (tiga) tahunterakhir dilegalisir oleh kepala madrasah/ sekolah. Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: SK Pembagian Tugas Mengajar_AndiSantoso_PGPAUD

• Pindai persetujuan dari kepala madrasah/ sekolah untuk mengikuti PPG. Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Persetujuan KepalaMadrasah/Kepala Sekolah_Andi Santoso_PGPAUD

• Pakta Integritas dari calon peserta bahwa dokumen yang diserahkan dapatdipertanggungjawabkan keabsahannya dan kesanggupan untuk mengikutipelaksanaan PPG dari awal sampai akhir. Pakta Integritas sesuai dengan format di SIMPATIKA/EMISGTK. Tanggal Pakta Integritas diantara tanggal 17 s.d 20 November 2025 (pilih diantara tanggal tersebut). Pakta Integritas diketikmenggunakan Microsoft word. Format file PDF (maksimal 1 MB)

• Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Pakta Integritas_Andi Santoso_PGPAUD

• Surat penyetaraan dari Kemenristekdikti atau Direktorat Jenderal bagi peserta yang memiliki ijazah S-1 dari luar negeri. Format penulisan file: Nama File_NamaLengkap_Prodi PPG, Contoh: Surat Penyetaraan_Andi Santoso_PGPAUD

• Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah. Tambahan keterangan keperluan: Bebasyang penting ada PPGnya, di luar keperluan untuk PPG tidak diperbolehkanFormat penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Surat Keterangan Sehat_Andi Santoso_PGPAUD

• Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar berlatarbelakang warna merah 4 (untuk KTM online) dan Pas Foto Berwarna dimensi 4 x 6(Untuk Serdik jika sudah lulus). Format penulisan file: Nama File_NamaLengkap_Prodi PPG, Contoh: Pas Foto_Andi Santoso_PGPAUD

• Pindai bukti terdaftar di PDDIKTI (dokumen tambahan khusus mahasiswa PPG habismasa studi. Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Bukti PDDIKTI_Andi Santoso_PGPAUD

• Pindai bukti telah menyelesaikan 100% (seratus persen) pembelajaran PPG sebelumnya (dokumen tambahan khusus mahasiswa PPG habis masa studi). Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Bukti MenyelesaikanPembelajaran_Andi Santoso_PGPAUD. 

• Scan Kartu Identitas KTP/SIM Scan Kartu Identitas KTP/SIM Tidak diperbolehkanidentitas lain selain KTP/SIM Format file PDF atau JPG (maksimal 1 MB) Disarankan disiapkan 2 file baik format PDF maupun JPG Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: KTP/SIM_Andi Santoso_PGPAUD

• Scan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian (SKCK). Bisa dari Polsek, Polres maupun Polda, selain dari 3 lembaga yang berwenang tersebut tidak diperbolehkan Keterangan keperluan: yang penting ada PPGnya. Redaksional keperluan tidak harus sama persis yang penting kegunaan untuk PPG. SilahkanBapak/Ibu pahami dan tidak perlu ditanyakan kembali. Tanggal SKCK bebas yang penting surat tersebut masih dinyatakan berlaku oleh pihak yang berwenangmengeluarkan. Termasuk calon mahasiswa PPG yang gagal lapor diri pada periodesebelumnya diperbolehkan surat yang sudah dibuat dulu dipergunakan kembali yang penting masa berlaku surat tersebut belum habis. Format file PDF atau JPG (maksimal1 MB). Disarankan disiapkan 2 file baik format PDF maupun JPG. Format penulisanfile: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: SKCK_Andi Santoso_PGPAUD

• Scan Surat Bebas Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya/NAPZA. Dari Puskesmas Setempat, RSUD setempat, RS Swasta, Polsek, Polres, Polda, BNN, atau lembaga lain yang berwenang mengeluarkan.  Paramater bebas yang penting Surat Bebas Napza Keterangan: yang penting ada PPGnya. Redaksional keperluan tidakharus sama persis yang penting kegunaan untuk PPG. Silahkan Bapak/Ibu pahamidan tidak perlu ditanyakan kembali. Tanggal Surat Napza bebas yang penting surattersebut masih dinyatakan berlaku oleh pihak yang berwenang mengeluarkan. Termasuk calon mahasiswa PPG yang gagal lapor diri pada periode sebelumnyadiperbolehkan surat yang sudah dibuat dulu dipergunakan kembali yang penting masa berlaku surat tersebut belum habis. Format file PDF atau JPG (maksimal 1 MB). Disarankan disiapkan 2 file baik format PDF maupun JPG. Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: Surat Bebas Napza_AndiSantoso_PGPAUD.

• Scan NPWP milik sendiri (bagi yang memiliki). Bagi yang mimiliki Bagi yang Tidak memiliki silahkan buat surat pernyataan kesanggupan membuat NPWP saatpelaksanaan PPG format bebas. Tanda tangan Surat Pernyataan Kesanggupanmembuat NPWP tanpa materai Format file PDF atau JPG (maksimal 1 MB). Disarankan disiapkan 2 file baik format PDF maupun JPG. Format penulisan file: Nama File_Nama Lengkap_Prodi PPG, Contoh: NPWP_Andi Santoso_PGPAUD

Ketentuan Foto:

a. Foto berwarna dengan latar belakang merah.

b. Bagi mahasiswa pria memakai jas hitam, hem putih dan dasi hitam (bukan dasikupu-kupu), hem putih, tidak memakai kacamata, tidak memakaikopyah/peci/topi

c. Bagi mahasiswa wanita memakai jas hitam, hem/blus putih, tidak memakaikacamata, kerudung hitam polos bagi yang berkerudung (berdasi bukan dasikupu-kupu)

d. Posisi badan menghadap depan, posisi seimbang kiri-kanan, bagian atas kepalatidak berada tepat di bawah batas foto (ada sisa), dan proporsional untuk ukuranpasfoto

e. Format foto JPG max 1000kb/ 1 MB

f. Mengingat ini adalah untuk dokumen formal dan untuk serdik mohon membuatnyadi studio foto tidak disarankan menggunakan kamera handphone. Janganmelakukan repro dengan scanner atau mengambil ulang gambarnya (memfoto) dari pasfoto cetak. 

• Silahkan follow Instagram PPG UNNES untuk mengikuti perkembangan informasi(Kegiatan PPG akan dipublish melalui IG PPG dan Website Sekolah PascasarjanaUNNES). Link IG: https://www.instagram.com/ppg.unnes?igsh=bmtyMzh5a3c4ZnFn

• Informasi terkait pelaksanaan Calon Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Batch IV Tahun 2025 Pada Kemeterian Agama Universitas Negeri Semarang akandisampaikan secara bertahap melalui grup telegram jadi mohon Bapak/Ibu bersabarmenunggu perkembangan informasi. (Informasi disampaikan melalui grup tidakmelalui japri). 

• Pastikan dokoumen dipindai/scan dengan jelas, terbaca, dan sesuai format yang ditentukan.

• Penyampaian link dan lain-lain akan disampaikan melalui grup telegram setelah kami mendapatkan data final calon peserta PPG Dalam Jabatan Batch IV Tahun 2025 Pada Kemeterian Agama Universitas Negeri Semarang.

Informasi juga disampaikan melalui Website PPG UNNES termasuk panduan Lapor Diri (Q & A) (PPG UNNES – Pendidikan Profesi Guru UNNES)

Panduan Lapor Diri PPG UNNES juga bisa dilihat melalui channel Youtube

https://youtu.be/AHD5KEmqzCQ?si=Xtntzh1HpzlF8IPf

Panduan Lapor Diri PPG UNNES juga bisa dilihat melalui channel Youtube 

FOTO BENAR DAN SALAH

About the author

PPG UNNES

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: