Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali menggelar kegiatan Refleksi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Gelombang 2 Tahun 2024 pada hari 9 april 2025, bertempat di Sekolah Mitra PPL UNNES. Kegiatan ini menjadi momen penting dalam rangka merefleksikan pengalaman calon guru selama menjalani PPL di sekolah mitra.
Kegiatan refleksi ini diikuti oleh seluruh peserta PPG Gelombang 2 tahun 2024 dari berbagai bidang studi, didampingi oleh dosen pembimbing, guru pamong, serta tim pelaksana PPG UNNES. Acara diawali dengan sambutan dari [nama dan jabatan, misalnya Koordinator PPG UNNES], yang menekankan pentingnya refleksi sebagai bagian dari proses pembentukan profesionalisme guru.
“Refleksi merupakan sarana untuk memahami kekuatan dan kelemahan selama proses PPL, serta merancang perbaikan berkelanjutan dalam praktik mengajar. Ini bagian dari transformasi diri menjadi guru yang adaptif dan inspiratif,” ujar [nama narasumber].
Selama sesi refleksi, para peserta berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi di kelas nyata, mulai dari perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, hingga pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Tak sedikit yang menyoroti pentingnya fleksibilitas dan empati dalam membangun hubungan yang positif dengan siswa.
Beberapa peserta juga menampilkan dokumentasi video pembelajaran dan portofolio hasil PPL, yang kemudian mendapatkan masukan dari dosen pembimbing dan guru pamong. Hal ini menjadi sarana evaluasi sekaligus apresiasi atas upaya nyata yang telah dilakukan di lapangan.
Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat simbolis kepada peserta terbaik serta penyampaian harapan dari para dosen agar peserta PPG mampu membawa semangat inovatif ke dunia pendidikan setelah lulus nanti.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, UNNES kembali menegaskan komitmennya sebagai LPTK unggul dalam mencetak guru profesional yang siap menghadapi tantangan pendidikan abad 21.

